Cara Mengatasi Diare dengan Tepat yang Perlu Anda KetahuiCara Mengatasi Diare dengan Tepat yang Perlu Anda Ketahui

Anda sedang mengalami BAB (Buang Air Besar) lebih dari tiga kali dalam sehari dan feses yang encer? Nah Anda perlu hati-hati sebab itu termasuk dalam gejala diare.

Penyakit pencernaan atau diare ini memang dapat diatasi dengan perawatan yang sederhana, namun jika semakin parah dan berkelanjutan, Anda perlu memeriksanya ke dokter. Namun, ini yang Anda harus ketahui untuk mengatasi diare.

Cara untuk Atasi Diare dengan Benar

Semua orang di dunia ini pasti akan berpotensi dan pernah mengalami diare, setidaknya mereka akan merasakannya sekali dalam seumur hidup. Penyakit ini memang tidak memandang umur, status atau jenis kelamin.

*Baca Juga: 10 Jenis Penyakit yang Bisa Diobati Dengan Rawat Jalan

Gejala yang bisa ketahui jika kita mengalami diare adalah sering bolak-balik kamar mandi dan bentuk feses yang cair. Jika ini terjadi, pasti sangat mengganggu aktivitas atau rutinitas harian kita. Tetapi tenang saja, ada cara mengatasi diare yang bisa membuat kondisi tubuh Anda lebih baik.

Inilah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi diare:

1. Perbanyak minum atau cairan

Masih banyak orang yang menyepelekan untuk minum saat terjadi diare. Padahal tujuan untuk memperbanyak minum adalah untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, memperbanyak konsumsi yang mengandung cairan merupakan cara yang baik untuk atasi gejala diare.

Cairan yang terbaik jika Anda sedang diare adalah air putih. Namun, larutan oralit dianggap efektif untuk mengobati diare. Hal tersebut dikarenakan oralit mengandung elektrolit dan mineral yang lengkap.

Cairan elektrolit mampu membantu aktivitas otak saraf, kontraksi otot, bahkan pembuatan jaringan baru di dalam tubuh. Larutan juga bisa lebih membantu usus lebih efisien dalam menyerap kelebihan cairan sehingga feses bisa lebih padat.

2. Konsumsi makanan sehat yang rendah serat

Pastikan Anda juga mengontrol makanan yang sehat dengan ketentuan memiliki tinggi karbohidrat tetapi rendah serat. Makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang mudah diserap oleh perut, sehingga kerja usus tidak terlalu keras.

Pemilihan makanan yang tawar atau hambar dan tidak terlalu berbumbu juga bisa menjadi salah satu pilihan, sebab bisa menekan gejala mual atau muntah. Jika Anda mengalami diare, Anda juga bisa mengubah pola makan menjadi diet BRAT, yaitu :

  • Banana atau konsumsi pisang
  • Rice atau nasi, baik beras merah atau putih
  • Apple sauce atau konsumsi saus apel
  • Toast atau roti tawar yang dipanggang namun tapa alasan
  • Dengan diet BRAT ini bisa membantu menghasilkan feses yang lebih padat.

3. Konsumsi makanan atau minuman kaya probiotik

Makanan atau minuman yang kaya dengan probiotik juga dianggap sebagai cara mengatasi diare dan mampu mengobati penyakit diare, makanan atau minuman tersebut misalnya yoghurt, tempe atau lainnya.

Probiotik adalah bakteri yang mempunyai manfaat untuk system pencernaan. Adanya tambahan bakteri baik probiotik ini mampu membantu system imun bisa bekerja lebih efektif untuk melawan infeksi akibat diare.

4. Makan dalam porsi yang kecil

Selain mengawasi makanan yang bergizi, Anda juga perlu fokus dengan porsi yang Anda santap. Ketika Anda sedang diserang diare, lebih baik Anda tidak memakan makanan dalam porsi yang banyak. Makanlah dengan porsi yang cukup atau sedikit untuk mengatasi diare yang aman.

Hal tersebut perlu dilakukan karena kondisi usus Anda sedang dipaksa kerja keras. Jika Anda memasukkan makanan dengan porsi banyak, maka akan menjadi beban kerja usus dan diare akan semakin lama untuk sembuh.

5. Jangan lupa untuk konsumsi obat diare

Jika diare Anda tidak kunjung membaik, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi obat diare. Banyak pilihan obat diare yang bisa Anda temukan di apotek. Obat diare bisa menjadi solusi terbaik dalam cara mengatasi diare.

Jika Anda tidak mengalami perkembangan yang baik dan tidak kunjung sembuh, maka segeralah untuk berkunjung atau periksa ke dokter. Ceritakan keluh kesah penyakit diare yang Anda alami.

*Baca Juga: Bagaimana Cara Konsultasi dengan Dokter Spesialis Secara Online?

Jika tidak kunjung diobati, penyakit diare bisa saja berujung pada kondisi yang lebih parah. Anda bisa saja membutuhkan rawat inap di rumah sakit agar bisa sembuh. Tentunya, jika ini terjadi pasti Anda membutuhkan biaya banyak untuk rawat inap demi kesehatan Anda kembali.

Oleh sebab  itu, tidak ada salahnya Anda melindungi diri dengan asuransi kesehatan dari Garda Healthtech. Anda bisa mendapatkan layanan terbaik dengan Garda Healthtech, seperti layanan konsultasi online yang dapat dilanjutkan dengan konsultasi tatap muka.

Bersama asuransi Garda Healthtech Anda tidak perlau khawatir akan masalah kesehatan yang terjadi pada diri Anda. Untuk informasi lengkap Anda dapat menghubungi 1 500 112.