Cara Mengatasi Rumah Bocor di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, masyarakat mulai diresahkan dengan berbagai hal seperti kebocoran di dalam hunian pribadinya. Jika air berhasil masuk ke dalam rumah, otomatis hunian menjadi lembab dan harus segera dibersihkan agar tidak muncul jamur.

Bagaimana cara mengatasi rumah bocor di musim hujan dengan tepat? Silahkan simak ulasan berikut.

1. Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Apabila menemukan beberapa titik kebocoran di dalam rumah, segeralah memeriksa kondisi pipa saluran air terlebih dahulu. Sebab pipa saluran air yang mengalami kerusakan atau bocor bisa menjadi faktor utama penyebab kebocoran.

Jika saluran air mulai terkikis, segeralah melakukan reparasi sebelum kebocoran terjadi semakin parah.

2. Melindungi Furniture

Tetesan air hujan yang masuk ke dalam rumah tidak hanya membuat lantai licin dan becek semata, namun juga merusak furniture di dalam rumah. Oleh karenanya, Anda harus bisa mencegah tetesan air hujan terkena furniture kesayangan.

Apabila terlanjur terguyur air hujan, otomatis Anda harus segera menjemurnya sebelum muncul jamur penyebab kerusakan.

Segeralah pindahkan furniture yang berada di sekitar area yang bocor ke daerah yang lebih aman. Sedangkan untuk furniture berukuran besar yang sulit untuk dipindahkan, dapat diberikan pelindung berupa plastik berukuran besar.

Cara mengatasi rumah bocor di musim hujan ini sangat membantu dalam menekan kerugian akibat kebocoran di dalam rumah.

Baca juga: Ini Dia Fitur yang Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan

3. Pastikan Atap Selalu Bersih

Adanya genangan di atas atap adalah salah satu penyebab kebocoran. Oleh sebab itu, penghuni rumah diwajibkan untuk membersihkan saluran air sekaligus talang secara rutin agar tidak menyumbat saluran air.

Perawatan ini semakin diperlukan terutama bagi hunian yang memiliki pohon rindang, dimana dedaunan yang gugur dapat menjadi penyebab air tersumbat.

4. Pastikan Ventilasi Udara Bekerja dengan Baik

Memastikan ventilasi udara bekerja dengan baik adalah salah satu cara jitu mengatasi rumah bocor di musim hujan. Pasalnya ventilasi udara memiliki fungsi penting agar udara di dalam ruangan terus berganti dengan udara yang baru.

Selain itu, rumah yang dilengkapi dengan sejumlah ventilasi udara dapat membantu atap tetap kering dan jauh dari penyebab kebocoran.

Membuat ventilasi udara adalah sebuah kewajiban. Namun pastikan ukuran ventilasi udara tidak terlalu besar, karena hal ini justru memudahkan air hujan masuk ke dalam rumah.

Cukup dengan membuat ventilasi udara berukuran sedang, maka sirkulasi udara di dalam ruangan tetap lancar sekaligus menghadang air hujan yang akan masuk.

5. Menggunakan Jasa Perbaikan Atap

Ketika menyadari adanya kebocoran, umumnya Anda ingin segera memperbaikinya agar seluruh penghuni rumah dapat berlindung dengan aman dan nyaman.

Meski perbaikan atap bocor bisa dilakukan sendirian, namun lebih disarankan untuk menggunakan jasa perbaikan yang sudah ahli di bidang tersebut. Sebab pekerjaan ini terbilang cukup rumit dan berbahaya.

Pekerjaan ini dikatakan cukup rumit, karena dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk bisa menemukan sumber kebocoran. Anda juga harus memahami perlengkapan yang dibutuhkan untuk memperbaiki atap yang menjadi penyebab kebocoran.

Oleh sebab itu, menggunakan jasa perbaikan atap rumah adalah cara terbaik mengatasi rumah bocor di musim hujan.

Baca Juga: Empat Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi kebocoran di musim penghujan. Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan seluruh penghuni rumah dapat bersantai dengan nyaman dan aman tanpa perlu takut kebocoran kembali terulang. Untuk memastikan tidak ada kebocoran, silahkan lakukan pengecekan secara rutin sebelum terlambat. Jangan lupa lindungi juga rumah kesayangan Anda dengan Asuransi Kebakaran Garda Home. Garda Home memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). Dapatkan diskon 15% untuk Asuransi Garda Home. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind