Kelemahan Mobil Bekas Banjir yang Harus Diketahui

Penjualan mobil dengan harga miring memang menjadi incaran. Namun, anda sebaiknya curiga dengan kondisi mobil ketika dibandrol dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran.

Kondisi mobil yang kurang berkualitas seperti bekas banjir bahkan bisa membuat anda mengeluarkan dana lebih, karena memiliki banyak masalah. Untuk itu, kenali kelemahan mobil bekas banjir sebagai berikut.

1. Memiliki Bau Apek

Kondisi banjir yang telah merendam mobil selama berhari-hari menyebabkan kendaraan ini banyak menyerap air. Beberapa bagian mobil dengan daya serap air tinggi bahkan sering menimbulkan bau apek dan sulit hilang. Fitur tersebut meliputi bagian jok, penutup atap bagian dalam hingga karpet.

Kondisi air yang terserap pada bagian tersebut dan tak kunjung dibersihkan juga membawa bakteri dan jamur. Bahkan, pencucian dan pengeringan yang sudah dilakukan berulang kali tak kunjung menghilangkan bau tak sedap dari kendaraan ini.

Penggunaan parfum atau wewangian juga hanya akan tercampur dan menciptakan kondisi dalam mobil yang tidak nyaman.

2. Timbul Noda Putih Pada Bagian Badan Mobil

Kelemahan mobil bekas banjir dapat diketahui dari kondisi noda putih yang terdapat pada bagian badan mobil. Pasalnya, noda tersebut adalah kerak yang dapat timbul akibat bekas air dan lumpur.

Namun, pemolesan badan mobil secara menyeluruh bisa menghilangkan noda ini secara tuntas. Meski demikian, anda bisa mengetahui bekas noda ini dengan melihat karet pintu, sela-sela mesin dan jendela.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Waspadai Water Hammer Pada Kendaraan

3. Terdapat Sisa Embun Yang Sulit Hilang

Meskipun mobil telah dicuci bersih oleh penjual, anda dapat melihat sisa embun dari kendaraan bekas banjir. Sisa embun tersebut biasanya akan timbul dan tersimpan pada setiap cerukan lampu pada kendaraan.

Kondisi sisa embun ini pun bisa menyebabkan lampu menjadi buram dan kurang terang ketika dinyalakan.

4. Beberapa Bagian Mobil Berkarat

Mobil merupakan kendaraan yang terbuat dari perpaduan komponen baja, besi dan aluminium. Tak ayal jika kondisi air yang terlalu lama menggenangi kendaraan tersebut mampu mengikis bahan penyusunnya.

Anda bahkan bisa melihat kelemahan mobil bekas banjir dengan melihat beberapa komponen mobil yang berkarat.

Sayangnya, kondisi mobil berkarat ini jarang terlihat dari luar. Untuk mengantisipasi hal ini, anda perlu menjamah beberapa bagian kendaraan yang sulit terjangkau dan terlihat.

Lazimnya, komponen yang sangat mudah berkarat dapat terjadi pada bagian kabin, mesin maupun kolong mobil. Hal ini tentu mengharuskan anda untuk melakukan pemeriksaan secara teliti sebelum membelinya.

Baca Juga: 4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Saat Musim Hujan

5. Kerusakan Sistem Elektronik

Begitu pula, kondisi sistem elektronik yang sangat rentan terhadap air sangat mudah terjadi kerusakan. Kerusakan dan anomali ini bahkan sering terjadi pada fitur khusus yang menjadi kelebihan mobil.

Kerusakan tersebut dapat terjadi pada bagian lampu, AC, audio dan video, wiper hingga starter mobil. Parahnya, perbaikan pada komponen tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

6. Disfungsi Mesin Mobil

Kekuatan air untuk merasuki komponen bagian dalam dapat merusak sistem mesin. Kondisi ini adalah bagian dari kelemahan mobil bekas banjir karena air banjir yang tercampur dengan oli dapat menjadi terkontaminasi dan mengubah warna oli menjadi putih.

Hal ini bahkan bisa menyebabkan mesin tidak berfungsi dan membutuhkan perbaikan yang serius.

Mobil dengan harga miring memang menggiurkan. Namun, kondisi mobil yang kurang berkualitas karena bekas banjir sebaiknya dipertimbangkan. Kerusakan yang parah bahkan sering menguras kocek anda hingga melebihi biaya pembelian kendaraan ini. Tentunya, beberapa ulasan di atas wajib diperhatikan. Jika Anda berencana membeli mobil jangan lupa untuk menambahkan program asuransi kendaraan juga bisa meminimalisir risiko kerugian karena berbagai hal. Garda Oto sebagai asuransi mobil dapat membantu setiap pelanggan dalam memberikan perlindungan terhadap mobilnya dan penggantian klaim sesuai dengan polis. Terdapat dua tipe perlindungan, yaitu asuransi Total Lost Only dan asuransi Comprehensive. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi laman www.gardaoto.com. Anda bisa mendapatkan informasi rinci mengenai fitur-fitur tambahan asuransi/perluasan tanggungan yang bisa ditambahkan untuk memperluas jaminan terhadap lebih banyak risiko kerugian. #PeaceofMind