Cara Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic

Hampir semua orang tahu bahwa mobil matic lebih mudah digunakan, sehingga banyak membuat orang menyukai konsep transmisi otomatis yang dihadirkan untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Namun, salah satu yang menjadi kendala adalah harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tipe mobil transmisi manual. Tidak hanya itu, biaya perawatan untuk komponen yang rusak pun tidak bisa dibilang sedikit. Oleh karena itu, agar mobil matic tidak mudah rusak Anda perlu merawatnya dengan baik dan tepat. Bagaimana cara merawat mobil matic yang benar? Berikut ini ulasannya:

 1. Jadwalkan Service Mobil Secara Rutin & Menyeluruh

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh saat melakukan service mobil. Selain untuk mengetahui kinerja mesin mobil, service mobil dilakukan untuk menjaga kondisi mobil matic Anda agar tetap prima.
Tidak hanya itu, melalui pengecekan dan perbaikan secara menyeluruh mulai dari sistem kelistrikan hingga performa mesin mobil, Anda dapat mengetahui apakah mobil Anda memiliki masalah serius atau tidak.

2. Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Salah satu bagian penting dari mobil matic adalah oli transmisi. Oli berfungsi sebagai pelumas agar gesekan dapat diminimalisir. Selain itu oli juga digunakan sebagai pembersih kotoran dan pencegah karat.
Mengingat betapa pentingnya fungsi oli bagi kendaraan, Anda wajib mempertahankan kualitas oli mobil Anda dengan menggunakan oli mobil yang telah direkomendasikan atau sesuai standar pabrikan.
Mengganti oli mobil secara berkala adalah cara menjaga kualitas oli agar selalu baik. Penggantian oli bisa dilakukan saat mobil mencapai 25.000 hingga 50.000 km. Dengan melakukan penggantian oli secara rutin, mesin mobil Anda akan lebih lebih awet & terjaga performanya.

3. Rutin Memanaskan Mobil

Hal yang sangat penting namun seringkali dilupakan adalah memanaskan mobil. Meski terlihat sepele, memanaskan mobil akan memberikan dampak yang besar.
Anda tidak butuh waktu lama untuk memanaskan mobil, cukup luangkan 30 detik hingga 1 menit setiap pagi. Ketika memanaskan mobil, pastikan tuas transmisi berada di posisi netral dan AC mobil dalam keadaan mati.

4. Pahami dan Gunakan Persneling dengan Benar

Untuk menjaga agar mobil matic tetap awet, Anda harus memahami dalam menggunakan persneling dengan benar dan tepat. Jangan pernah memposisikan tuas pada simbol P saat mobil tidak benar-benar dalam keadaan berhenti. Ini akan membuat transmisi cepat rusak. Sebaliknya Anda juga tidak boleh memposisikan tuas pada simbol D ketika berniat parkir. Dan saat berada di jalanan macet posisikan tuas di simbol N.
Sama seperti mobil manual, mobil matic pun perlu perawatan yang tepat. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat mobil matic Anda tetap awet. Lakukan perawatan yang benar dan mobil matic Anda akan selalu dalam keadaan prima. Jika khawatir akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara, sebaiknya Anda menggunakan asuransi untuk kendaraan Anda sebagai salah satu tindakan protektif. Garda Oto menawarkan layanan asuransi kendaraan dengan kenikmatan kemudahan klaim, klaim yang cepat, dan berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan.