Tips Agar Mobil Hemat BBM

Tips Agar Mobil Hemat BBM

Apakah Anda pengguna mobil pribadi dan merasa bahwa kendaraan Anda terlalu boros bahan bakar? Umumnya, untuk memastikan bahwa boros atau tidak, ada beberapa cara. Cara yang paling mudah adalah dengan memeriksa buku panduan mengenai estimasi bahan bakar yang digunakan oleh tipe kendaraan Anda. Bila melebihi batas atau rekomendasi yang ada, maka Anda perlu mencari tahu akar permasalahan mengapa hal ini bisa terjadi. Umumnya, ada beberapa komponen yang berpengaruh untuk konsumsi BBM, yaitu jenis bahan bakar yang digunakan, pembakaran pada sistem mesin mobil, dan kebersihan filter udara. Berikut tips untuk membuat bahan bakar mobil agar lebih menjadi hemat BBM :

1. Bersihkan Busi Secara Rutin (Tidak berlaku untuk mesin Diesel)

Perlu Anda pahami tugas kompoen busi ini adalah untuk memicu percikan api yang ada di dalam ruang bakar mesin mobil. Di dalam ruang bakar, bensin dan udara sudah dikompresi. Nah, mengganti dan selalu membersihkan busi dapat menjadi salah satu cara yang paling tepat agar busi dapat bekerja dengan baik. Jika busi dapat bekerja dengan optimal, maka mobil Anda juga dapat melaju dengan baik dan menjadi lebih hemat BBM.
Mesin mobil yang “mengelitik” dapat menjadi tanda permasalahan bahwa terjadinya pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar mesin mobil. Hal ini merupakan efek ketika busi mobil Anda sedang bermasalah. Faktor yang mendasari konidisi ini adalah terganggunya busi dalam menciptakan percikan api. Kondisi ini disebakan karena memendeknya elektroda pada busi. Tertutupnya elektroda pada busi biasanya disebabkan oleh tumpukan karbon yang disebabkan oleh proses pembakaran. Proses pembersihan busi ini dapat dilakukan sendiri (namun pastikan Anda mengerti apa yang sedang dilakukan), atau dapat meminta pertolongan dari mekanik bengkel

2. Cek Filter Udara

Komponen kedua adalah filter udara. Bagi Anda yang belum tahu akan mobil, filter udara mobil ini harus Anda bersihkan secara rutin setiap 5.000 sampai 10.000 km.
Apabila filter udara pada mobil Anda kotor, maka dapat menghambat suplai udara ke dalam ruang pembakaran. Lebih berbahaya lagi ketika udara yang masuk pada ruang pembakaran adalah udara kotor. Apabila kondisi ini dibiarkan, itu dapat menghasilkan kerak di ruang pembakaran. Akibatnya kinerja mesin Anda berkurang dan kebutuhan bahan bakar dapat bertambah.
Proses ini juga dapat dilakukan sendiri (namun pastikan Anda mengerti apa yang sedang dilakukan), atau dapat meminta pertolongan dari mekanik bengkel.

3. Menggunakan Bahan Bakar yang Direkomendasikan

Apabila Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan petunjuk dari pabrik mobil, maka hal ini dapat membantu mengoptimalkan sistem kerja mesin.
Jika ini diikuti dengan benar, bahan bakar yang dibutuhkan tidak terbuang terlalu banyak, karena sistem dapat bekerja dengan optimal. Anda dapat menggunakan cairan octane booster sehingga dapat menambah oktan pada bahan bakar diesel atau bensin. Namun, hal ini tidak disarankan untuk bahan bakar yang sudah mengandung oktan diatas 95, karena jumlah oktan sudah optimal.

4. Melakukan Pemeriksaan Tekanan Udara Dalam Roda Secara Berkala

Tekanan udara dalam roda juga berpengaruh signifikan terhadap efisiensi berkendara. Mobil yang memiliki tekanan udara dibawah saran dari petunjuk pabrik dapat mengurangi efisiensi, sebab mesin mobil harus menghasilkan energi yang lebih besar untuk melakukan kerja yang sepadan dengan tekanan udara yang optimal.
Namun, penting untuk dimengerti bahwa tekanan udara yang terlalu banyak dalam roda juga tidak baik, karena itu berbahaya. Roda seharusnya berada dalam posisi rata dengan aspal atau bahan jalan, tetapi jika dimasuki udara yang terlalu banyak, maka roda akan mengembung dan mengurangi contact surface antara roda dengan jalan, sehingga mengurangi traction saat berkendara.
Demikianlah beberapa komponen penting yang perlu Anda perhatikan agar mobil Anda dapat lebih hemat bahan bakar. Silahkan melakukan pengecekan pada komponen mobil secara berkala agar performa mobil Anda tidak menurun dan menjadi boros bahan bakar.
Agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan tenang, tanpa perlu khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Ibarat pepatah: Sedia payung sebelum hujan, demikiannya dengan asuransi mobil. Ada baiknya sebelum risiko menimpa kendaraan kesayangan Anda. Anda perlu mendaftarkan kendaraan Anda ke pihak asuransi. Garda Oto produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan proteksi mobil Anda. Melalui berbagai layanan fisik seperti Garda Center, Garda Akses, Garda Siaga, hingga Garda Mobile Otocare, pelanggan akan dipermudah dalam melakukan pembelian polis, pembayaran, hingga pengajuan klaim.