Cara Pasang Audio Mobil beserta Komponennya

Ketika Anda memutuskan ingin memasang audio mobil beserta komponennya sendiri, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana skema cara pasang audio mobil sendiri dengan baik dan benar agar tidak korsleting.

Selain mengetahui skema pemasangan audio mobil itu seperti apa, Anda juga perlu tahu komponen-komponen  apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sistem audio mobil jadi lebih berkualitas.

Pentingnya Memiliki Sistem Audio Mobil yang Baik 

Audio mobil yang baik memang dapat meningkatkan kenyamanan selama Anda berkendara. Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua jenis mobil mudah untuk dimodifikasi sistem audionya. 

Inilah mengapa mobil Jepang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka yang suka dunia modifikasi. Hal ini dikarenakan mobil Jepang lebih fleksibel saat dikendarai dan banyak bagian mobil Jepang yang bisa dimodifikasi, salah satunya adalah sistem audionya.

Jenis-jenis Audio Mobil

Jika Anda ingin memasang audio mobil sendiri, Anda bisa mempertimbangkan jenis audio mobil yang ingin dipasang sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah beragam jenis audio mobil yang bisa Anda pilih beserta fungsinya.

  • SQ

SQ adalah singkatan dari Sound Quality, di mana jenis audio mobil ini lebih mengedepankan kualitas suara. Sehingga suara yang dihasilkan sangat baik dari tingkat kejernihan suara, kedalaman suara, dan bayangan suara yang dihasilkan. Bisa dikatakan suara yang dihasilkan  dari jenis audio SQ hampir mirip dengan suara asli.

  • SPL

Jenis audio mobil yang bisa Anda pertimbangkan berikutnya adalah SPL. SPL atau Sound Pressure Level adalah jenis audio yang lebih mengutamakan kekerasan suara yang dihasilkan. Genre musik yang cocok dengan jenis audio SPL adalah musik-musik rock dengan suara keras.

  • SQL

Jika pemilik mobil ingin mendapatkan kualitas audio SPL dan SQ. Anda bisa memasang jenis audio SQL di mobil. Selain memiliki suara yang keras, audio SQL juga menawarkan kejernihan suara yang baik. Audio SQL atau Sound Quality Load cocok bagi Anda yang lebih memilih mengedepankan keseimbangan suara saat mendengarkan musik di mobil.

  • Audio Car Theater

Jika Anda benar-benar ingin membuat mobil Anda seperti studio musik. Jenis audio car theater adalah pilihan yang tepat karena didukung sistem multimedia dan perangkat yang lengkap.  Namun, Anda memerlukan bujet yang tidak kecil untuk memodifikasi sistem audio mobil Anda menjadi audio car theater.

Komponen Audio Mobil 

Berbicara soal sistem audio mobil, kita bukan hanya membicarakan mengenai komponen speaker saja. Melainkan, masih banyak komponen-komponen lain yang dibutuhkan untuk membuat sistem audio mobil Anda menjadi lebih berkualitas.

  • Speaker

Komponen speaker pada sistem audio mobil berfungsi untuk membantu mengeraskan suara. Anda bisa memilih berbagai jenis speaker yang tersedia saat ini, seperti full range, subwoofer, mid range, dan tweeter sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda suka musik rock, rekomendasi jenis speaker yang cocok adalah subwoofer.

  1. Head Unit 

Head unit adalah perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan sistem audio mobil Anda. Anda bisa memasang head unit berdasarkan ukuran yang diinginkan, misalnya ukuran single 180x50mm dan double 180x100mm yang bisa disambungkan dengan perangkat HP Anda.

  • Crossover

Komponen audio mobil yang Anda butuhkan selanjutnya adalah crossover. Pada sistem audio mobil, crossover memiliki fungsi untuk menentukan kualitas suara.

  • Power Amplifier

Power amplifier digunakan untuk memaksimalkan kualitas suara dari audio mobil Anda, karena suara yang masuk akan diubah menjadi arus listrik berfluktuasi dan menghasilkan suara yang jelas.

  • Aki

Pemilik mobil tidak perlu mengganti komponen aki jika modifikasi sistem audio di mobil Anda tidak ekstrem. Namun, jika modifikasi sistem audio mobil Anda sangat ekstrem. Anda bisa mengganti aki mobil dengan aki baru yang punya daya yang lebih besar.

  • Fuse Box  

Fungsi fuse box adalah tempat mengalirnya arus listrik dan sebagai tempat pengaman bagi sistem kelistrikan kendaraan. Pada sistem audio mobil, fuse box sangat penting untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

  • Kapasitor Bank 

Kapasitor bank adalah tempat menyimpan arus listrik yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas daya dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik di sistem audio mobil.

Cara Memasang Audio Mobil Sendiri

Ketika Anda sudah menyiapkan berbagai komponen audio mobil yang dibutuhkan. Anda bisa mulai untuk memasang audio mobil sendiri dengan mengikuti skema cara pasang audio mobil dengan tepat berikut ini.

  • Pastikan Kabel yang Digunakan Sudah Sesuai Ukuran dan SNI

Langkah pertama untuk memasang audio mobil sendiri adalah Anda bisa menyambungkan kabel audio dengan komponen audio mobil dan juga menyambungkannya dengan sumber kelistrikan lain.

  • Alirkan Listrik dari Ak

Jika Anda sudah pastikan bahwa seluruh kabel sudah tersambung dengan baik dan benar. Anda bisa mengalirkan listrik dari kepala aki negatif dan positif.

  • Pertimbangkan Gunakan Power Amplifier

Pemilik mobil bisa mempertimbangkan menggunakan power amplifier. Karena saat sistem audio mobil dinyalakan, daya listrik yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga, aki Anda mudah soak dan sebaiknya disarankan untuk memasang komponen power amplifier pada sistem audio mobil.

  • Hubungkan Power Amplifier ke Speaker dan Subwoofer

Skema cara pasang audio mobil sendiri yang terakhir adalah menyambungkan power amplifier ke speaker dan subwoofer agar menghasilkan kualitas suara yang berkualitas.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto 

Memiliki sistem audio mobil yang baik adalah salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara. 

Selain mengupgrade sistem audio mobil untuk mendapatkan pengalaman berkendara lebih baik. Setiap pemilik mobil juga tidak boleh melupakan pentingnya memiliki asuransi kendaraan bermotor yang bisa menjamin kerusakan/kerugian dan kehilangan akibat pencurian.

Terdapat pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.