Semua yang Perlu Anda Tahu terkait Mobil Listrik BYD

Pasar kendaraan listrik di Indonesia memang menyimpan potensi untung yang besar di mata para produsen mobil listrik dunia, inilah alasan mengapa merek mobil BYD asal China dikabarkan melirik Indonesia sebagai salah satu pasarnya. 

Nama merek mobil listrik BYD di Indonesia, tentu belum sepopuler produsen mobil listrik China lainnya seperti Wuling, DFSK, Neta, Tank, dan Ora yang sudah mengaspal terlebih dahulu di tanah air. 

Walaupun merek mobil listrik BYD masih tergolong baru di kalangan masyarakat Indonesia, di negara asalnya yaitu China, BYD adalah salah satu merek mobil listrik paling laris di China yang memiliki pangsa pasar terbesar dan bersaing ketat dengan Tesla.

Sebelum masuk ke pembahasan seputar mobil listrik BYD, di Indonesia sudah beredar banyak merek mobil listrik, termasuk dari merek Toyota. Berikut ini daftar mobil listrik atau hybrid dari Toyota:

  • Innova EV

Inova EV, sebuah kendaraan listrik prototipe buatan Toyota, menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat Indonesia ketika pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Meskipun masih berada dalam tahap konseptual, banyak yang meyakini bahwa model ini akan menjadi langkah selanjutnya Toyota dalam menghadirkan mobil listrik.

Mobil ini tampil dengan dominasi warna putih yang dipadukan dengan elemen grafis berwarna biru, lengkap dengan logo Toyota yang diberi lapisan krom berwarna biru. Berdasarkan informasi yang beredar luas, diketahui bahwa Kijang Innova listrik ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 120 km/jam.

  • Toyota bZ4X

bZ4X, merupakan mobil listrik sepenuhnya (bukan hybrid) pertama yang diproduksi oleh Toyota dan kini telah dijual secara komersial. SUV ini secara resmi memasuki pasar Indonesia melalui pameran otomotif GIIAS yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022.

Mobil listrik bZ4X ini memiliki kategori SUV mid-size dengan desain modern dan fitur canggih. Di bagian interior, terdapat dua opsi model kemudi, yaitu setir berbentuk konvensional dan setir berbentuk sayap dengan sistem steer-by-wire.

Toyota bZ4X dibekali dengan baterai Lithium-ion sebesar 355 volt yang memiliki kapasitas total 71,4 kWh. Untuk versi FWD, mobil ini mampu menempuh jarak sekitar 500 kilometer, sementara versi AWD memiliki jarak tempuh sekitar 460 kilometer.

Saat ini, Toyota bZ4X sudah tersedia untuk pembelian di Indonesia dengan harga Rp1,190 miliar on the road Jakarta.

  • Lexus UX 300e

Lexus UX 300e telah diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia pada akhir tahun 2020. Mobil listrik ini mempesona dengan desain elegan, yang juga mencerminkan unsur sporty dan dinamis. 

Toyota Lexus UX 300e menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh, memungkinkan mobil ini menempuh jarak hingga 400 km dalam satu pengisian daya. Performa mesinnya mencapai tenaga sebesar 201 hp dan torsi puncak sebesar 300 Nm.

Menariknya, Lexus UX 300e telah menjadi salah satu model mobil listrik yang digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali, Indonesia. Mobil listrik ini dihargai sekitar Rp1,464 miliar.

Profil Mobil BYD (<H2>)

Sebelum bertransformasi menjadi produsen mobil listrik raksasa di dunia, BYD yang berdiri pada tahun 1995 di Shenzen adalah perusahaan yang memproduksi baterai isi ulang HP. Pada 2002, BYD resmi melantai di bursa saham dan seiring berjalannya waktu mulai dikenal publik sebagai salah satu perusahaan kaya raya di China dengan mengakuisisi pabrikan mobil Tsinchuan Automobile.

Sejak aksi akuisisi perusahaan tersebut, lahirlah BYD Auto yang memproduksi mobil listrik BYD hingga mendunia saat ini. BYD diketahui memiliki banyak bisnis yang bergerak di berbagai industri seperti bus, baterai isi ulang, forklift, sepeda, truk, dan panel surya.

Pertumbuhan bisnis yang pesat membuat BYD dilirik oleh salah satu orang terkaya di dunia, yaitu Warren Buffet. Pada 2008, BYD mendapatkan dana investasi sebesar Rp3,44 triliun dari MidAmerican Energy Holdings, yang notabene adalah anak perusahaan dari Berkshire Hathaway dan membuat Warren Buffet adalah pemilik BYD hingga saat ini.

Tipe-tipe Mobil Listrik BYD 

Sebagai produsen mobil listrik terkemuka di dunia, BYD mengembangkan mobil listrik dengan menggunakan blade battery dan hybrid.

  • Blade Battery

Blade battery adalah teknologi baterai listrik yang resmi diperkenalkan BYD pada tahun 2020 lalu. Baterai listrik ini bisa menampung daya hingga 500kWh dan mampu menempuh perjalanan sejauh 600 km. Selain itu, jenis baterai ini juga bisa meningkatkan kepadatan energi per unit hingga 50% dan aman saat digunakan di mobil listrik karena telah lolos berbagai tes.

Sementara untuk usia pemakaian, jenis baterai blade bisa mencapai usia 8 tahun atau lebih dari 38.000 km. Contoh tipe mobil BYD yang menggunakan baterai blade adalah All-New e6 dan YangWang U8.

  • Hybrid

Selain memproduksi tipe mobil dengan baterai blade, BYD juga memproduksi tipe mobil hybrid. Mobil hybrid adalah jenis mobil yang digerakkan dengan menggunakan dua sistem yaitu BBM dan motor listrik.

Dengan mesin listrik yang canggih dan lebih irit, serta dikombinasikan dengan mesin konvensional, mobil BYD hybrid diklaim menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit seperti yang ditawarkan tipe Sedan Hybrid BYD.

Kapan Mobil Listrik BYD Masuk ke Indonesia? 

Kabar mobil BYD akan resmi masuk ke Indonesia hingga saat ini belum ada kepastian. Namun, hal ini kemungkinan akan segera diumumkan dalam waktu dekat karena jajaran pimpinan BYD dikabarkan telah bertemu Presiden Jokowi secara langsung di Istana Merdeka.

Jika nantinya BYD resmi berinvestasi dan membuka pabrik mobil listriknya di Indonesia, pemerintah Indonesia dikabarkan akan menghapus pajak impor mobil listrik, bea masuk, dan PPN.

Saat ini, BYD dikabarkan sedang menunggu finalisasi aturan insentif pajak mobil listrik di tanah air sebelum meresmikan kerja sama investasi dengan Indonesia.

Harga Mobil Listrik BYD di Indonesia 

Bagi Anda yang ingin membeli mobil listrik BYD. Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidaklah kecil karena untuk membawa mobil BYD ke Indonesia, Anda akan dikenakan pajak impor, bea masuk, dan PPN. Hal ini mengingat mobil listrik BYD belum resmi masuk ke Indonesia. Dengan begitu, Anda hanya bisa membeli mobil listrik BYD dari luar negeri seperti di Thailand, Malaysia, dan Australia.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli mobil BYD Dolphin untuk tipe Dynamic Standard Range di Malaysia. Harga mobil tersebut dibanderol senilai Rp329 juta, namun biaya ini belum termasuk pajak impor mobil listrik, bea masuk, dan PPN untuk masuk ke Indonesia. Tentu harga mobil tersebut akan jauh lebih mahal jika Anda membawanya masuk ke Indonesia. 

Keunggulan Mobil Listrik BYD Dibandingkan Kompetitornya 

  • Harga Lebih Murah Daripada Mobil Listrik Eropa

Mobil BYD menawarkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan kompetitornya seperti Tesla dan mobil listrik Eropa lainnya. Menurut Reuters, harga mobil listrik China bisa lebih murah karena dipengaruhi kebijakan insentif dan subsidi promosi industri mobil listrik di China.

  • Jarak Tempuh Kendaraan

Untuk sekali pengisian daya baterai, mobil listrik BYD mampu menempuh jarak hingga 600 km dengan menggunakan jenis baterai blade.

  • Waktu Pengisian Daya Cepat

Keunggulan mobil listrik China BYD lainnya adalah pengisian baterai yang cepat. Mobil listrik BYD hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk melakukan pengisian baterai dari 30-80%.

  • Fitur Keselamatan

Selain memiliki interior yang nyaman, mobil listrik merek BYD juga menawarkan fitur keselamatan yang lengkap dengan melengkapi mobil listriknya dengan airbag, ABS, dan traksi. 

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto 

Apa pun jenis mobil yang Anda kendarai saat ini, tidak ada satu pun jenis mobil yang kebal akan risiko kehilangan dan kecelakaan. Inilah alasan mengapa setiap pemilik mobil di luar sana membutuhkan perlindungan asuransi kendaraan bermotor untuk melindungi mobil Anda dari kerusakan minor hingga parah, bahkan kehilangan akibat pencurian.

Terdapat pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang bisa Anda pilih yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan manfaat dan fitur yang lebih lengkap.