Cara Penanggulangan Kebakaran di Rumah

Cara Penanggulangan Kebakaran di Rumah

Kebakaran merupakan salah satu bencana mengerikan yang dapat diakibatkan oleh alam atau kelalaian manusia. Kebakaran selalu menjadi momok bagi orang-orang di sekitar. Tak jarang korban jiwa pun jatuh akan olah dari bencana ini.

Api yang berwarna merah menyala dengan dibumbui asap tebal yang menggumpal lebat menambah suasana mencekam bagi siapa saja yang melihatnya. Si jago merah dengan gagahnya menyulut benda apa pun yang ada di hadapannya tanpa pilah pilih. Oleh karena itu, Anda harus selalu waspada akan bencana ini.

Kebakaran tak pernah memandang tempat karena bisa terjadi dimana saja, baik di hutan, pemukiman, sabana, bahkan kapal yang ada di atas air sekalipun tak luput dari kemungkinan terbakar.

Akibat yang ditimbulkan dari kebakaran ini sangat luar biasa tak hanya harta saja bahkan jiwa seseorang pun dapat terenggut akan akibat dari bencana ini.

Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Rumah

Kebakaran pada rumah sering terjadi karena adanya korsleting dan kelalaian terhadap sesuatu. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran yaitu, pastikan Anda tidak menyalakan alat yang menggunakan api secara over time seperti kompor, setrika, dan lain sebagainya.

Lakukan pengecekan berkala pada peralatan anda, Jika ada kabel yang terlihat retak apalagi hingga terkelupas segera lakukan perbaikan. Karena tak menutup kemungkinan kabel tersebut menjadi pemicu korsleting. Jangan ragu membeli peralatan yang sedikit lebih mahal namun berstandar SNI.

Memperhatikan penggunaan bahan yang memerlukan api seperti obat nyamuk, lilin, dan lain sebagainya. Pastikan anda telah mematikan apinya dengan benar sebelum meninggalkannya selain itu selalu hindarkan dari peralatan lain yang mudah terbakar. Dengan begitu kemungkinan terjadi kebakaran di rumah dapat diminimalisasikan.

Beberapa prinsip dalam penanggulangan kebakaran adalah cepat, tepat dan prioritas. Oleh karena itu penting bagi kita pemilik rumah menyediakan kran air dan bak pasir di beberapa tempat untuk mempermudah jika semisal memerlukan proses pemadaman.

Selanjutnya, bagaimana cara menyelamatkan diri apabila Anda terperangkap dalam sebuah bangunan yang terbakar? Hal ini mungkin sesuatu yang sangat mencekam dan menegangkan. Tetapi Anda harus tetap tenang dan rileks. Sebagaimana yang dijelaskan diatas, Salah satu prinsip dalam penanggulangan adalah prioritas.

Hal pertama yang harus anda pikirkan untuk menjadi prioritas tentu saja adalah keselamatan anda dan orang sekitar. Anda harus menutup mulut dan hidung menggunakan kain yang telah dibasahi. Selanjutnya berusaha untuk berjalan ataupun jika tak bisa merangkaklah menuju keluar. Anda harus mencari suatu cahaya karena asap sudah tebal, maka Anda harus mencari cahaya yang tersorot dari luar sebagai jalan keluar.

Selain itu tak ada salahnya untuk menyediakan alat pemadam kebakaran ringan di rumah atau bangunan anda, sehingga ketika terjadi hal yang diinginkan anda sudah memiliki sedikit persiapan. Dan jangan lupa lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah. Asuransi kebakaran rumah dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di tempat padat penduduk, dimana api bisa menyambar bangunan dengan lebih cepat di bangunan yang rapat. Untuk Anda yang memiliki rumah untuk disewakan Asuransi Garda Home juga menjamin rumah yang dipergunakan untuk disewakan.

Premi yang ditawarkan Garda Home pun cukup terjangkau, premi mulai 98 ribu per tahun. Cukup terjangkau dibandingkan asuransi kebakaran rumah lainnya bukan? Anda bisa mendaftarnya melalui . Dapatkan Diskon 10% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan untuk rumah Anda dengan Garda Home. Agar financial Anda tidak terganggu saat terjadi musibah yang tidak diinginkan #PeaceofMind