Sistem bahan bakar injeksi bukan hanya beda dari sistem kerjanya saja, tetapi juga dari segi perawatan, Apa saja yang harus dilakukan?

Sistem bahan bakar injeksi bukan hanya beda dari sistem kerjanya saja, tetapi juga dari segi perawatan, Apa saja yang harus dilakukan?

Sebagai pemilik mobil maka tentunya sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan yang dimiliki. Sebagus apapun kendaraan tanpa adanya perawatan yang rutin dan juga tepat maka pastinya akan menurunkan kualitas kendaraan. Namun perlu diketahui bahwa setiap mobil memiliki jenis perawatan yang beda-beda dan tidak bisa disamakan begitu saja.

Hal tersebut tidak lepas dari sistem pembakaran mobil yang ada saat ini. Sistem pembakaran mobil sendiri ada dua yaitu sistem pembakaran karburator dengan sistem pembakaran injeksi. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan sistem bahan bakar injeksi tentu tidak bisa melakukan perawatan layaknya pada mobil karburator. Berikut beberapa cara perawatan sistem bahan bakar injeksi pada mobil.

  1. Membersihkan Throttle Body

Cara perawatan sistem bahan bakar injeksi yang pertama adalah dengan membersihkan throttle body terlebih dulu. Bagi Anda yang belum tahu, throttle body ini sendiri berfungsi guna mengatur udara yang masuk maupun udara yang keluar pada mesin mobil. Komponen ini sendiri memiliki peran yang terbilang sangat vital untuk membuat sebuah mesin mobil bisa berfungsi secara maksimal. Mengingat bahwa komponen ini sebagai pintu masuk udaranya maka penting sekali bagi Anda untuk rutin dalam membersihkannya. Soalnya apabila tidak rutin dibersihkan maka bisa mengganggu kinerjanya dan membuat putaran pada kendaraan bisa menjadi pincang sekaligus tidak sempurna.

  1. Bersihkan Bagian Sensor

Cara perawatan berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan membersihkan bagian sensor yang dimiliki oleh sistem bahan bakar injeksi ini. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pada sistem bahan bakar injeksi maka terdapat kurang lebih 10 sensor.

Diantara sensor tersebut ada beberapa yang membutuhkan perawatan ekstra. Sebut saja seperti Nosel Injektor yang berguna sebagai penyuplai bahan bakar, memiliki lubang-lubang yang berukuran kecil dan rawan tersumbat. Saat nosel mulai tersumbat, semprotan bahan bakar ke dalam mesin menjadi berkurang dan tidak teratur. Efeknya mesin pun menjadi tidak stabil. Selain itu, ada juga sensor pengapian, idle serta sensor lainnya. Supaya setiap sensor ini bisa berfungsi secara maksimal maka penting sekali bagi Anda untuk rutin membersihkannya.

  1. Bersihkan Filter Bensin dan Udara

Bensin sebagai bahan bakar sebuah mobil pastinya menjadi bagian yang tidak terpisahkan mempengaruhi kinerja mobil. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk rutin membersihkan filter bensin dan udara. Soalnya apabila filter bensin dan udara jarang dibersihkan maka bisa mengakibatkan suplai pada bensin menjadi terhambat ataupun tersumbat oleh kotoran. Hal ini jelas akan langsung mempengaruhi kinerja mesin. Jadi rutinlah dalam membersihkan filter bensin dan udara ini.

  1. Perhatikan Kondisi Aki

Sedangkan cara terakhir untuk merawat injeksi mobil adalah dengan memperhatikan kondisi aki. Sebagai penyuplai listrik, aki juga memiliki pengaruh besar terhadap kinerja mesin. Biasanya mobil akan kesulitan di starter ketika aki mobil mengalami masalah.

Dengan melakukan perawatan rutin sebagaimana yang dijelaskan diatas, kendaraan anda akan menjadi lebih terjaga dan awet.  Selain merawat kendaraan Anda, sangat penting untuk tetap mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi selama Anda berkendara menggunakan Asuransi mobil. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. #PeaceofMind