Cara Perawatan Mobil Mesin Diesel

Cara Perawatan Mobil Mesin Diesel

Akhir-akhir ini mesin mobil diesel kembali mencuat ke permukaan. Jika sebelumnya mesin diesel banyak digunakan oleh mobil-mobil besar seperti truk, bus, dan sebagainya, kini beberapa mobil pribadi mulai menggunakan mesin ini. Ditambah lagi setelah munculnya teknologi modern seperti teknologi common rail direct injection yang membuat sistem pembakaran pada mesin diesel jauh lebih efisien. Munculnya teknologi modern ini tidak hanya berdampak pada kinerja mesin diesel saja melainkan juga pada cara perawatan mobil diesel.

Sama seperti mobil dengan mesin lain, mobil diesel pun membutuhkan perawatan agar tetap awet. Bagi pemilik mobil dengan mesin diesel, berikut ini beberapa cara untuk menjaga mobil diesel agar tetap berada pada performa terbaiknya :

1. Memanaskan Mesin Mobil

Berbeda dengan mobil dengan bensin, mobil diesel tidak memiliki komponen busi. Oleh sebab itu, mobil diesel memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu dan tekanan yang tepat agar mesin bisa bekerja dengan optimal.

Untuk itulah, sebelum digunakan mobil diesel sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu selama empat hingga lima menit. Meskipun kini telah ada teknologi terbaru yang canggih, memanaskan mobil sebelum dipakai tidak pernah memberikan kerugian.

2. Rutin Mengganti Oli

Setiap mobil entah apa pun jenisnya pasti perlu mengganti oli secara berkala. Hal ini juga berlaku pada mobil diesel. Penggantian oli mobil secara berkala dapat membantu mesin agar tetap awet. Selain mengganti oli secara berkala, kualitas oli pun perlu diperhatikan. Jangan tergoda dengan oli yang berembel-embel murah. Pilihlah oli yang berkualitas dan sesuai dengan mesin mobil.

3. Menggunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Untuk menjaga agar mesin tidak cepat rusak, mobil harus diisi dengan bahan bakar yang sesuai. Mobil dengan mesin diesel sendiri membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Hanya saja, dikarenakan teknologi mesin diesel yang telah meningkat, solar yang dibutuhkan pun juga harus solar dengan kualitas yang tinggi. Alangkah lebih baik, jika pengguna mobil diesel mengisi bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Dengan begitu, mesin mobil pun terjaga.

4. Water Sedimenter

Bahan bakar solar biasanya mengandung sedikit air, oleh karena itu setiap mobil diesel memiliki filter bahan bakar untuk memisahkan air dan bahan bakar. Filter ini harus diganti secara berkala agar mesin tidak rusak.

Pada mobil diesel modern sendiri, terdapat sebuah alat yang disebut water sedimenter. Alat ini membantu mengidentifikasi berapa kandungan air dalam pada bahan bakar. Jika indikator telah menyala, maka pengguna mobil harus membuang air pada water sedmineter karena telah mencapai angka maksimal.

Sama seperti mobil-mobil lainnya, mobil diesel pun memerlukan perawatan agar mesin mobil selalu berada dalam kondisi sempurna. Tidak hanya itu perawatan mobil diesel yang baik juga bisa membuat mobil semakin nyaman untuk dikendarai. Oleh karena itu, mobil diesel perlu dirawat dengan penuh kasih. Agar lebih aman dalam berkendara Anda dapat menggunakan asuransi kendaraan Garda Oto yang dapat dibeli melalui gardaoto.com. Cukup dengan membuka website gardaoto.com melalui smartphone, Anda sudah bisa membeli polis asuransi mobil dan mendapatkan perlindungan dari Garda Oto

Tertarik berasuransi di Garda Oto? Yuk, segera unduh aplikasi Garda Mobile Otocare di ponsel Anda atau melalui laman gardaoto.com. Selamat menikmati kemudahan klaim dan raih keuntungan dengan berasuransi di Garda Oto, produk dari Asuransi Astra. #PeaceofMind