Cara Praktis Membersihkan Kaca Rumah

Keadaan rumah yang bersih tentu membuat penghuninya merasa nyaman, sehingga waktu istirahat maupun kumpul keluarga semakin berkualitas. Maka dari itu, semua bagian rumah wajib dibersihkan termasuk kaca.

Bahkan kaca yang bersih dapat memantulkan cahaya dan membuat tempat tinggal anda lebih hidup. Berikut cara membersihkan kaca rumah yang bisa anda terapkan.

1. Bersihkan Kaca dari Atas ke Bawah

Anda tentu sudah mempelajari hukum fisika, dimana benda yang jatuh akan ditarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga zat cair pun akan turun dari atas ke bawah. Oleh sebab itu, ada baiknya anda membersihkan kaca dengan pola demikian.

Sehingga cairan yang mengalir tersebut dapat membantu anda membersihkan area bawah yang belum tersentuh. Teknik membersihkan cara dari atas ke bawah ini juga membuat anda tidak perlu bekerja ekstra.

Pasalnya, bayangkan saja jika anda harus membersihkan bagian bawah terlebih dahulu. Tentu bagian bawah yang sudah bersih bisa kembali kotor, ketika anda membersihkan bagian atasnya.

2. Gunakan Wiper

Cara membersihkan kaca rumah akan sangat terbantu dengan hadirnya wiper. Sebab alat satu ini membuat anda tidak perlu membersihkan berulang, cukup sekali usap dari bagian atas ke bawah maka semua kotoran pun akan hilang.

Sebab bentuk wiper yang pipih memungkinkan anda untuk membersihkan kaca dalam waktu yang cepat.

Di samping itu wiper dengan gagang panjang, membuat anda dapat menjangkau bagian yang tinggi. Sehingga sela sela jendela bagian atas pun akan tampak bersih.

Bayangkan jika anda hanya menggunakan lap kain biasa atau malah pakaian bekas, bagian atas jendela yang terletak cukup tinggi tidak akan terjangkau atau mengharuskan anda melakukan usaha ekstra.

Baca Juga: Sudah Tahu Ciri Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasannya Disini

3. Gunakan Cuka

Agar kaca bersih dan kinclong, tentu peralatan saja tidak cukup. Maka dari itu anda perlu menyiapkan bahan ampuh sebagai cara membersihkan kaca rumah.

Dalam hal ini cuka bisa menjadi salah satu bahan tersebut. Sebab cuka mempunyai kandungan asam, yang mampu membuat tumpukan mineral di kaca terlepas.

4. Gunakan Lemon

Mungkin ada sudah tidak asing lagi bagaimana lemon telah banyak dimanfaatkan untuk cairan pembersih, baik untuk pembersih lantai maupun kaca.

Hal ini karena lemon memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga bisa membantu menghilangkan noda yang menempel di kaca dengan sangat mudah.

Anda pun dapat memanfaatkan lemon alami untuk membuat cairan pembersih kaca sendiri. Caranya mudah, cukup siapkan beberapa buah lemon lalu peras airnya dan semprotkan pada kaca.

Kemudian langsung lap kaca dengan menggunakan kain bersih. Karena lemon yang diperas mungkin hanya menghasilkan sedikit cairan, anda bisa mencampurnya dengan sedikit air.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

5. Pasta Gigi

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca yaitu pasta gigi. Tentunya setiap rumah tangga menyediakan bahkan menggunakan bahan satu ini dalam keseharian.

Tidak hanya menguatkan dan memutihkan gigi, bahan tersebut sangat cocok digunakan membersihkan kaca yang sudah ada goresan pada permukaannya.

Cara membersihkan kaca rumah dengan bahan ini yaitu cukup oleskan sedikit pasta gigi di kain lap yang memiliki permukaan lembut, lalu gosok kain tersebut langsung ke permukaan selama dalam waktu kurang lebih 30 detik.

Kemudian gosok lagi permukaan kaca dengan lap yang masih bersih. Maka dijamin kaca rumah anda akan terlihat bersih dan mengkilap.

Selain berbagai cara dan tips di atas, sebaiknya anda tidak membersihkan kaca ketika cuaca cerah. Sebab kondisi suhu yang panas malah membuat sabun pembersih kaca menjadi cepat kering. Lebih baik jika anda melakukan kegiatan ini saat matahari belum terik, atau ketika cuaca sedang mendung agar proses menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan memiliki kaca rumah yang bersih, maka rumah anda akan lebih nyaman dan terlihat bersih. Rumah adalah tempat berteduh, beristirahat, dan berkumpul bersama keluarga. Maka itu, jagalah rumah agar tetap bersih. Selain menjaga kebersihan rumah, Anda pun harus memperhatikan risiko yang dapat terjadi. Dan pastikan rumah kamu mendapatkan perlindungan dari Asuransi Kebakarana Rumah Garda Home. Dengan asuransi tersebut, rumah Anda mendapatkan proteksi penuh atas perbaikan akibat kebakaran. #PeaceofMind