Contoh Rumah Tipe 36 yang Cocok Untuk Keluarga Kecil

Contoh Rumah Tipe 36 yang Cocok Untuk Keluarga Kecil

Memiliki rumah sederhana tentu tak apa-apa karena memiliki rumah tipe 36 akan tetap bisa bahagia asalkan kondisi rumahnya membahagiakan. Rumah tipe ini merupakan rumah yang paling diminati oleh beberapa keluarga di Indonesia. Tidak terlalu besar namun juga memiliki ruangan yang cukup dalam melakukan berbagai macam aktivitas harian.

Maksud dari tipe 36 bagi suatu rumah diartikan sebagai rumah yang memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan menjadi ukuran standar perumahan. Ukuran standar perumahan yang paling banyak diminati di Indonesia adalah ukuran 36 dan 45.

Rumah tipe ini kerap dianggap sempit dan tak cukup bagi Anda yang telah berkeluarga. Padahal rumah ini sangat cukup jika ditata dengan desain yang sesuai sehingga setiap sudut ruangan dapat berfungsi dengan baik.

Inspirasi Desain Untuk Rumah Tipe 36

Ada beberapa desain yang dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda yang memiliki rumah tipe ini. Desain-desain ini dapat membuat rumah terkesan lebih luas, lebih mewah, dan juga memaksimalkan fungsi setiap ruangannya. Berikut merupakan inspirasi rumah yang bisa Anda gunakan:

1. Rumah dengan Tambahan Outdoor

Rumah 36 merupakan rumah yang dibangun di atas lahan dengan ukuran 60 hingga 72 meter persegi. Rumah ini biasanya masih menyisakan sedikit ruangan yang bisa Anda gunakan. Sisa ruangan tersebut dapat dialihkan menjadi teras minimalis yang akan mempercantik rumah Anda.

Teras tersebut nantinya bisa dilengkapi dengan meja dan kursi teras yang senada dengan konsep rumah. Alhasil rumah akan terlihat lapang, luas, namun tetap menunjukkan kesan sederhana.

Untuk lebih memberi kesan yang luas pada rumah, Anda dapat menggunakan warna putih cat rumah. Dengan begitu rumah akan terkesan lebih cerah dan rapi. Rumah ini sangat cocok bagi semua keluarga kecil yang telah dilengkapi dengan dua buah kamar tidur serta dua buah kamar mandi.

2. Rumah dengan Tambahan Teras Depan dan Belakang

Rumah tipe 36 ternyata juga bisa memiliki teras pada bagian depan dan belakang. Memang teras biasanya akan diaplikasikan pada rumah dengan tipe 120, namun tak ada salahnya bagi Anda yang ingin membuat teras pada rumah tipe 36 yang berbeda dari biasanya.

Dengan tambahan teras pada bagian depan dan belakang maka akan membuat rumah Anda tampak lebih sejuk dan segar. Dengan begitu, akan menambah kenyamanan bagi penghuni rumah.

*Baca Juga: Contoh Denah Rumah Terbaik, Modern, dan Minimalis

Tak hanya itu meskipun memiliki teras bagian rumah tetap dapat digunakan secara maksimal karena Anda masih memiliki dua ruang tidur yang beririsan dan menghadap ke ruang utama dari rumah. Jika ingin terlihat lebih luas maka Anda dapat menggunakan konsep dapur terbuka di belakang rumah.

3. Rumah dengan Ruangan yang Terpisah

Maksud dari ruangan yang terpisah adalah memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Pembangunan rumah ini memang terkesan unik karena terdapat dua buah ruangan yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Pemisahan ini akan membuat privasi Anda lebih terjaga karena tamu dari luar tak dapat memasuki ruang pribadi.

Pemisahan juga akan membuat tamu lebih berkesan dan nyaman karena dijadikan ruangan khusus untuk berkumpul bersama. Tenang rumah ini tetap memiliki dua buah kamar tidur yang cukup bagi anggota keluarga. Untuk menambah kesan nyaman Anda juga dapat menambahkan ruang terbuka pada sisi kanan dan kiri rumah.

4. Rumah dengan Lantai Minimalis

Berbeda dengan desain terpisah desain ini justru akan menggabungkan antara ruang tamu dengan keluarga. Hal ini bertujuan untuk mengakali sis alahan pada rumah. Anda akan mendapatkan ruangan sisa untuk teras di bagian depan dan belakang rumah yang cukup luas.

Kehadiran terasa ini dapat digunakan untuk menyejukkan rumah yang mungil sehingga akan terlihat menawan dan menggoda. Untuk masalah kamar tetap berjumlah 2 sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda tak perlu khawatir kekurangan ruangan.

5. Rumah dengan Lantai Sederhana

Jika Anda menginginkan ruangan tambahan pada tipe 36, maka satu-satunya cara adalah dengan menambah lantai pada rumah. Dengan begitu, maka Anda akan memiliki space ruangan yang lebih luas. Mengingat rumah tipe 36 ini sangat memungkinkan untuk dibuat menjadi rumah dua lantai.

Lantai satu berisikan ruang tamu dan ruang makan yang dijadikan menjadi satu ruangan. Sementara lantai dua digunakan untuk ruang santai bersama keluarga. Sisanya bisa digunakan sebagai taman terbuka dan juga ruangan untuk parkir mobil.

Dekorasi Rumah Kecil Untuk Keluarga Baru

Salah satu hal yang sangat berperan dalam menentukan luas rumah adalah dekorasi. Banyak rumah kecil minimalis yang ditata dengan baik dapat menghasilkan rumah dengan kesan yang luas dan lebar begitu pula sebaliknya.

Anda dapat memilih cat dinding dengan warna netral pada rumah. Penggunaan cat netral ini dapat membuat ilusi pada mata sehingga ruangan akan tampak lebih luas. Untuk menghindari warna monoton Anda dapat menambahkan variasi warna-warna netral.

Selain itu, Anda juga dapat lebih memaksimalkan setiap ruangan di rumah Anda yaitu dengan cara meletakkan TV atau segala sesuatu di dinding. Hal ini bertujuan agar tidak memangkas space ruangan yang Anda miliki.

*Baca Juga: 10 Desain Interior Rumah yang Bagus untuk Anda Tiru

Pemilihan desain rumah memang akan sangat menentukan hasil akhir suatu rumah. Oleh karena itu pilihlah desain terbaik untuk rumah tipe 36 yang akan menyulap rumah menjadi nyaman dan penghuni merasa betah lama-lama di dalam rumah.

Bagi Anda yang sedang memikirkan desain rumah jangan lupa untuk mengasuransikan ke Asuransi Kebakaran. Dengan begitu rumah akan menjadi lebih aman dan Anda juga menjadi tenang jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada rumah idaman Anda.