Empat Cara Menguras Tangki Mobil

Empat Cara Menguras Tangki Mobil

Agar mobil selalu siap setiap saat, tangki bensin tentu harus selalu penuh. Jika tangki bensin tidak dalam kondisi full atau bahkan hampir kehabisan bensin, maka perjalanan dipastikan akan terhambat. Akan tetapi, pada saat – saat tertentu kita memang perlu menguras tangki bahan bakar mobil. Tujuan dari pengurasan tangki mobil ini adalah untuk membersihkan tangki yang kotor sehingga tidak mengganggu kinerja mesin mobil.

1. Gunakan kendaraan sampai kehabisan bensin

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyalakan mesin mobil dan membawanya berkeliling. Saat bahan bakar hampir habis, berhentilah ke tempat yang disediakan dan bersihkan sisanya.

2. Sedot Menggunakan Pompa

Kuras tangki dengan pompa khusus. Menggunakan pompa khusus merupakan cara yang cukup efektif untuk menguras tangki mobil. Pompa khusus ini biasanya dijual di bengkel atau toko suku cadang otomotif. Dengan menggunakan pompa bahan bakar ini, pekerjaan anda tentu akan menjadi lebih mudah.

3. Menggunakan selang

Kuras tangki mobil dengan menggunakan selang. Cara ini sebenarnya cukup ribet dan memakan waktu, hal ini dikarenakan selang yang anda gunakan hanyalah selang biasa. Selain dua buah selang yang harus dimasukkan kedalam tangki, anda masih harus menggunakan alat pemompa udara. Selain itu, anda juga harus menutup luang tangki dengan rapat agar kedap udara. Setelah itu, barulah anda bisa memompa bensin keluar.

4. Penyedot bahan bakar

Secara prinsip kerja, alat penyedot bahan bakar memang mirip dengan pompa yang telah dijelaskan sebelumnya, namun perbedaanya adalah pengoperasiannya yang masih manual. Kurang lebih mirip dengan pompa tangan yang biasa digunakan pada galon.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan dari pengurasan tangki bahan bakar mobil adalah untuk membersihkan tangki mobil dari kotoran-kotoran yang masuk secara tak sengaja ke dalam tangki. Pembersihan tangki ini nantinya juga memiliki manfaat sebagai pencegah terjadinya sesuatu pada mesin.

Jika kita tidak menguras tangki dan membersihkannya secara rutin, bukan tidak mungkin kotoran-kotoran tersebut menjadi plak dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda. Jika itu terjadi maka sudah dipastikan anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang sudah pasti lebih mahal. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk turun mesin.

Beberapa kendala yang bisa saja terjadi karena kotornya tangki kendaraan antara lain: mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran bahan bakar, mencegah mobil tersendat, serta mencegah kebocoran pada tangki bahan bakar. Dari sini, bisa kita tarik kesimpulan bahwa sangat penting untuk rutin memeriksa kondisi kendaraan agar tidak terlambat menyadari bila kerusakan atau masalah yang terjadi. Untuk memberikan proteksi ekstra terhadap mobil Anda, sudah sewajibnya Anda mengasuransikan mobil Anda di Garda Oto dari Asuransi Astra.

Garda Oto sebagai asuransi mobil dapat membantu setiap pelanggan dalam memberikan perlindungan terhadap mobilnya dan penggantian klaim sesuai dengan polis. Terdapat dua tipe perlindungan, yaitu asuransi Total Lost Only dan asuransi Comprehensive. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi laman www.gardaoto.com. Anda bisa mendapatkan informasi rinci mengenai fitur-fitur tambahan asuransi/perluasan tanggungan yang bisa ditambahkan untuk memperluas jaminan terhadap lebih banyak risiko kerugian. #PeaceofMind