Berapakah perhitungan biaya turun mesin mobil pada umumnya?

Berapakah perhitungan biaya turun mesin mobil pada umumnya?

Jika anda mengalami masalah pada mobil anda mulai dari mesin mobil yang berisik dengan suara aneh, aki yang aus, atau bahkan sampai mengeluarkan asap berwarna putih, semua masalah tersebut pasti ada penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan bantuan montir.

Namun terkadang masalah pada mobil cukup serius, sehingga membuat montir pun kesusahan untuk mengetahui masalahnya, jadi disaat itulah montir memberikan pilihan kepada anda untuk melakukan turun mesin pada mobil anda. Perkirakan perhitungan biaya turun mesin mobil sebelum anda memutuskan untuk melakukan turun mesin.

Apa itu turun mesin? Mungkin anda sudah sering mendengar istilah ini. Turun mesin (overhaul) adalah proses yang dilakukan oleh bengkel atau montir untuk melepaskan mesin mobil pada sasis dari mobil tersebut. Selain mobil, kendaraan lainnya seperti motor juga bisa melakukan proses turun mesin. Proses dari turun mesin ini bertujuan untuk memeriksa masalah yang terjadi pada mesin mobil, lalu setelah ketemu masalahnya barulah bisa ditangani.

Terkadang ketika mendengar kata turun mesin, maka pemilik kendaraan mungkin akan ketakutan, pasalnya proses turun mesin berarti menandakan kalau mobil tersebut mengalami masalah yang serius, dan diperkirakan akan memakan biaya yang banyak. Lalu, pada normalnya berapakah perhitungan biaya turun mesin mobil serta kapan waktu yang tepat untuk melakukan turun mesin pada mobil?

Mengenal turun mesin, dan perhitungan biaya dari proses turun mesin

Proses turun mesin itu sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah turun mesin top overhaul. Top overhaul berarti proses turun mesin yang hanya melepas pada cylinder head nya saja. Artinya hanya bagian atas dari mesin saja yang di turun mesin. Lalu ada juga proses turun mesin total, yang artinya seluruh mesin akan diturunkan dari sasis mobil tersebut.

Estimasi biaya dari proses turun mesin

Proses dari turun mesin ini memang memakan biaya yang besar, dan bisa menguras dompet. Namun proses dari turun mesin ini biaya nya bisa cukup beragam. Sebagai contoh proses top overhaul akan berbeda dari proses turun mesin. Lalu proses biaya dari perhitungan biaya turun mesin mobil juga dapat berbeda dari tiap merk dan jenis mobil.

Untuk mobil jepang seperti Toyota avanza, daihatsu, ataupun mitsubishi. Kisaran dana untuk melakukan turun mesin berkisar dari Rp 2 Juta hingga Rp 5 juta, itupun baru biaya dari jasa turun mesin. Jika ada komponen yang memang harus diganti dari mobil tersebut, maka harga komponen pun beragam, mulai dari komponen yang memakan Rp 1,5 juta hingga yang paling mahal bisa mencapai Rp 5 juta. Jika mobil keluaran Eropa, mungkin anda harus merogoh kocek lebih banyak, pasalnya komponennya cukup mahal untuk dibeli. Selain itu ada proses mounting dan ganti oli yang juga akan memakan biaya yang cukup mahal. Karena biaya perbaikan mobil bisa dibilang cukup mahal, maka sangat penting untuk tetap mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi menggunakan Asuransi mobil.

Untuk mengecek harga premi untuk kendaraan, Anda bisa melihat penawarannya di www.gardaoto.com. Garda Oto hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda.

Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto juga melayani pengantar-jemputan mobil Anda sebelum dan sesusdah dari bengkel, dari lokasi survei Anda. Dengan demikian Anda dapat lebih banyak menghemat waktu untuk urusan yang lebih penting. Tak hanya itu, Garda Oto juga menawarkan berbagai macam keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari berbagai bank rekanan kami. #PeaceofMind