Faktor dan Penyebab Kecelakaan Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Faktor dan Penyebab Kecelakaan Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Kecelakaan kerja adalah hal yang paling dihindari dalam mengerjakan segala jenis pekerjaan. Bagaimana tidak, kecelakaan dapat mengakibatkan beragam dampak buruk khususnya bagi para pekerja sehingga kejadian ini harus dihindari. Dengan mengetahui penyebab kecelakaan kerja diharapkan dapat membuat pekerja menjadi lebih hati-hati.

Kecelakaan kerja bukan menjadi kejadian biasa yang terjadi begitu saja, melainkan karena adanya kesalahan yang dikerjakan tidak sesuai dengan standar pekerjaan. Biasanya terjadi karena human eror yang tidak memenuhi aturan atau langkah dalam standar operasional prosedur.

*Baca Juga: 3 Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja yang Patut Diwaspadai

Kecelakaan kerja menjadi hal yang penanggulangannya tidak dipersiapkan dan tentu tidak dapat dicegah. Namun, setidaknya kecelakaan kerja dapat diminimalkan dengan menggunakan prosedur keselamatan dan kesehatan yang mumpuni.

Prosedur keselamatan harus dijalankan oleh semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan. Jangan sampai kelalaian satu pihak dapat menyebabkan kerugian bagi berbagai pihak. Selain kesalahan dan kelalaian, ada juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja

Secara umum kecelakaan kerja dapat dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu faktor teknis dan faktor umum. Dengan mengetahui faktor penyebab kecelakaan kerja setidaknya dapat membantu mencegah dan meminimalkan risiko buruknya. Berikut merupakan faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja:

Faktor Teknis

Faktor pertama yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja adalah faktor teknis. Faktor ini berhubungan dengan sesuatu di luar manusia. Biasanya erat kaitannya dengan peralatan, mesin yang digunakan, serta berbagai fasilitas penunjang dalam pekerjaan.

Beberapa peralatan harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Jangan hanya mementingkan hasil yang diberikan, namun perlu dipastikan apakah alat atau fasilitas tersebut layak digunakan atau tidak.

Kondisi Mesin dan Peralatan

Faktor teknis yang pertama terkait dengan kondisi mesin. Kondisi suatu mesin berperan penting dalam menjaga keselamatan  di dunia pekerjaan. Tidak hanya merugikan dari segi produk, mesin yang tak layak pakai juga dapat merugikan kepada para pekerja.

Dalam penggunaannya, mesin harus selalu dirawat dan dipastikan kelayakannya sebelum digunakan. Selain itu, masalah umur dan batasan penggunaan harus selalu diperhatikan. Pasalnya, semakin tua dan semakin sering digunakan tentu akan membuat produktivitas mesin mengalami penurunan yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Bahan dan Segala Hal yang Bergerak

Tidak hanya mesin, alat penunjang lain seperti bahan juga memiliki peranan penting pada keselamatan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik maka bahan-bahan ini dapat menyebabkan potensi utama terjadinya kecelakaan kerja sehingga penting untuk memastikan segala hal dalam pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedurnya.

Desain Tempat Kerja

Bangunan beserta desainnya akan sangat berpengaruh pada kecelakaan kerja. Meskipun semua tempat kerja memiliki motto telah didesain dengan aman namun tetap saja bangunan akan menjadi faktor kecelakaan dalam pekerjaan.

Lokasi Kerja

Lingkungan sangat berpengaruh pada kecelakaan kerja. Misalkan saja ketinggian atau tempat akan memiliki pengaruh besar pada kecelakaan sehingga penting untuk melakukan mitigasi risiko sebanyak-banyaknya sebelum membangun tempat kerja di suatu lokasi tertentu.

Faktor Non Teknis

Selain Faktor teknis masih terdapat Faktor non teknis yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Faktor ini berhubungan dengan sifat para pekerja dan dapat dihindari dengan adanya pemberian keterampilan sebelum bekerja. Berikut merupakan Faktor teknis yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja:

Ketidaktahuan

Faktor pertama adalah pengetahuan pekerja dalam menjalankan serangkaian tugasnya. Hal ini menjadi penting karena jika tidak tahu apa yang harus dilakukan maka dapat membahayakan karena pekerja melakukan segala hal sesukanya.

Faktor ini dapat dikurangi dengan adanya pelatihan yang menjelaskan mengenai hal-hal apa saja yang harus mereka lakukan. Jangan sampai hanya karena kekurangan pelatihan membuat malapetaka yang sangat merugikan.

Keterampilan

Mengetahui saja tidak cukup untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Bagaimana tidak, jika tahu tapi tidak terampil dan lihai dalam pengoperasian maka akan menyebabkan kesalahan fatal sehingga penting untuk mengimbangi antara bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para pekerja.

Disiplin

Banyak kecelakaan kerja terjadi hanya karena masalah sepele yaitu disiplin. Pekerja yang tergesa-gesa, kurang sadar, bermain, dan hanya mementingkan dilakukan akan membuat kondisi yang sangat bahaya. Pasalnya dari ketidakdisiplinan inilah yang menjadi Faktor utama terjadinya kecelakaan kerja.

Mengabaikan Keselamatan

Faktor lain yang juga kerap ditemukan adalah banyaknya petugas yang masih mengabaikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Mereka akan menganggap remeh setiap prosedur perusahaan. Bahkan diantara mereka akan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur.

Alhasil akan menyebabkan kecelakaan kerja hanya karena abai terhadap keselamatan diri. Untuk tetap terlindungi dari berbagai risiko kecelakaan, gunakan asuransi kecelakaan Garda Me. Anda bisa mendapatkan perlindungan terhadap risiko kecelakaan seperti santunan dan tunjangan kehilangan pendapatan

Faktor Alam

Seperti diketahui kecelakaan sangat sulit untuk dicegah karena terdapat satu Faktor yang memang tidak dapat dikendalikan yaitu alam. Faktor teknis dan non teknis dapat dikendalikan dan dipersiapkan dengan matang. Namun, Faktor ini tidak ada satu pun orang yang mengetahui.

Alam selalu menyimpan misteri yang tidak bisa ditebak oleh manusia. Banyak kecelakaan terjadi karena Faktor alam yang tentu tidak bisa dicegah meskipun telah menerapkan Faktor-faktor keselamatan dengan sempurna sehingga yang bisa dilakukan sebagai manusia hanya focus pada apa saja hal yang memang bisa dikendalikan.

*Baca Juga: Jenis – Jenis Alat Pelindung Diri dan Fungsinya agar Lebih Safety

Mempelajari faktor penyebab kecelakaan kerja akan memberikan sejuta manfaat bagi pekerja seperti pencegahan dini. Anda juga harus fokus pada hal yang bisa dilakukan dan diminimalkan. Lakukan segala pekerjaan sesuai dengan SOP yang ada agar tidak menyebabkan hal-hal tidak diinginkan.