Perbedaan Traveling Menggunakan Kereta dan Pesawat

Perbedaan Traveling Menggunakan Kereta dan Pesawat

Banyak orang yang beranggapan jika traveling menggunakan kereta tidak senyaman jika menggunakan pesawat. Namun apakah benar demikian? Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar terlebih lagi jika kalian yang sering berpindah tempat, tentu saja bepergian menggunakan kereta api akan lebih baik.

Perbedaan Traveling Memakai Pesawat dan Kereta

  • Stasiun ada di tengah kota dan bandara rata-rata berlokasi di luar kota

Ini merupakan salah satu alasan utama mengapa traveling menggunakan kereta jauh lebih cepat dibandingkan dengan pesawat. Hal ini karena perbedaan lokasi antara stasiun dan bandara yang membuatnya berbeda dalam jarak tempuhnya.

Lokasi bandara yang umumnya ada di luar kota membuat kalian harus berkendara sekitar 1 jam lebih untuk sampai kesana dan perlu waktu yang jauh lebih sedikit untuk ke stasiun.

  • Traveling memakai pesawat harus tiba 1-1,5 jam sebelum waktu keberangkatan

Hal ini mengingat rata-rata waktu untuk check-in hingga penerbangan tutup yaitu 45 menit-1 jam. Jadi kalian harus tiba 1 jam lebih awal (untuk perjalanan internasional) di bandara.

Sedangkan untuk kereta api tidak memiliki yang namanya check-in close time jadi kalian bisa datang sekitar 10-15 menit sebelum keberangkatan sekalipun. Kamu juga tidak perlu terburu-buru untuk menuju ke stasiun dan bisa memiliki lebih banyak waktu untuk aktivitas lainnya.

  • Kereta cepat memangkas waktu tempuh perjalanan

Sejak diperkenalkannya kereta cepat tentu saja waktu perjalanan menggunakan kereta sudah sangat berkurang terlebih lagi untuk perjalanan yang jauh. Memang untuk perjalanan jarak yang lumayan jauh traveling kereta akan lebih lama dibandingkan pesawat, namun jika menimbang kedua poin diatas sudah lebih cepat tentunya.

Mana yang Lebih Baik Kereta atau Pesawat?

Memang masing-masing moda transportasi naik kereta dan pesawat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk masyarakat Indonesia yang ingin bepergian antar pulau tentu saja pesawat pilihan yang lebih tepat.

*Baca Juga: Rekomendasi Alat Transportasi Terbaik untuk Perjalanan Jauh

Akan tetapi jika ingin melakukan perjalanan di dalam pulau yang sama, maka disarankan menggunakan kereta api karena dari segi biaya jauh lebih murah dibandingkan pesawat. Namun jika ingin menggunakan pesawat juga tidak masalah, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Alasan Traveling Menggunakan Kereta Api

Untuk kalian yang ingin melakukan perjalanan, tentu saja kereta api bisa menjadi pilihan yang cerdas dibandingkan dengan pesawat terbang. Untuk itu kenali beberapa alasannya.

  • Ramah biaya

Bila dibandingkan dengan pesawat terbang tarif yang ditawarkan tergolong lebih murah. Sebagai contoh perjalanan menggunakan kelas ekonomi dari Jakarta-Malang Rp570.000, sedangkan untuk kereta api kelas eksekutif hanya Rp430.000.

  • Pemesanan tiket mudah

Saat ini sudah ada pemesanan secara online sehingga kalian bisa melakukan pemesanan via aplikasi ataupun website resmi. Nantinya akan keluar pilihan kereta api dan juga jadwal keberangkatannya.

  • Lebih nyaman

Selain kedua alasan di atas, saat ini kereta api juga sudah mengalami peremajaan dan armadanya semakin terawat. Bahkan untuk kelas ekonominya pun sudah full-AC serta terdapat perbaikan untuk tempat duduknya pada semua kelas, tidak hanya ekonomi saja.

  • Kebebasan saat perjalanan

Kebebasan yang bisa diperoleh salah satunya dalam hal bagasi yang mana untuk kereta tidak ada ketentuan tertentu. Saat menggunakan kereta api kalian dapat membawa banyak bagasi dengan nyaman dan tidak akan repot.

Penempatan bagasinya juga bisa dekat dengan tempat duduk kalian jadi lebih mudah untuk pengawasan. Bahkan kalian diberikan kebebasan untuk membawa minuman dan makanan sendiri dan lebih menariknya kalian tidak diwajibkan mematikan ponsel maupun gawai saat perjalanan.

  • Anti macet

Salah satu keuntungan traveling kereta yaitu bebas dari kemacetan jika dibandingkan bepergian memakai mobil pribadi, travel, dan bus. Kereta memiliki jalannya sendiri jadi dapat terhindar dari padatnya lalu lintas.

Sekali jalan tentu saja kereta tidak akan berhenti terkecuali untuk singgah. Bahkan ketika keadaan jalan sedang macet tentu saja kereta masih bisa lewat dan kendaraan lain diharuskan berhenti untuk menunggu kereta tadi melintas.

  • Wisata singkat di perjalanan

Selama perjalanan kalian akan merasa terhibur dengan pemandangan dari luar jendela. Lintasan kereta api umumnya dibangun menembus bukit, lembah, hutan, sungai dan lainnya.

Tentu saja lintasan tersebut akan memberikan kalian pemandangan menghibur dan menarik. Untuk itu, jendela pada baris penumpang dibuat lebar agar kalian bisa menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan sekitar.

Itulah beberapa alasan kenapa kereta masih menjadi sebuah pilihan yang baik untuk kalian para traveler. Bila melihat informasi diatas tentunya kalian sudah mengambil penilaian secara garis besar perbedaan diantara liburan menggunakan kereta api dan pesawat.

Lengkapi Perjalanan Dengan Asuransi

Melindungi diri dari berbagai risiko saat bepergian sangat penting sekalipun bepergian dengan menggunakan transportasi yang paling aman. Perlindungan tersebut bisa didapatkan dengan asuransi perjalanan.

Hadirnya asuransi tersebut akan memberikan kalian ketenangan dan kenyamanan saat melakukan perjalanan, dengan memberikan perlindungan dari berbagai macam resiko serta gangguan. Resiko dan gangguan tadi dapat berupa pembatalan, perubahan perjalanan, cedera, penyakit, kecelakaan, dan lainnya.

*Baca Juga: Manfaat Asuransi Travel agar Perjalanan Semakin Nyaman

Mengalami gangguan tiba-tiba saat melakukan traveling dengan kereta tentu akan sangat merepotkan. Bila dilihat dari segi materi, kerugian akan lebih besar bila tidak memakai asuransi karena biaya kerugian tersebut tidak tercover.

Percayai asuransi perjalanan Garda Trip untuk perlindungan kalian selama melakukan perjalanan. Dengan premi yang terjangkau, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat sehingga perjalanan akan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. Penawaran premi menarik dimulai dari Rp33.500 untuk premi domestik, dan Rp70.000 untuk premi internasional. Yuk segera lakukan perjalanan bersama Garda Trip!