Fan Belt Mobil Bunyi dan Putus? Begini Cara Mengatasinya

Fan Belt Mobil Bunyi dan Putus? Begini Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa kasus seperti mobil mengeluarkan bunyi decitan ketika baru dihidupkan. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada mobil yang telah dipakai tahunan. Suara tersebut bisa diakibatkan banyak faktor dan salah satunya yaitu dari fan belt mobil.

Fan belt adalah karet kipas yang mempunyai peranan penting di mesin mobil. tali kipas yang dibuat dari imitasi karet serta baja mempunyai fungsi menggerakkan serta menghubungkan komponen di dalam mobil ketika mesin dinyalakan.

Akan tetapi ketika fel belt tidak bisa bekerja secara maksimal maka berdampak pada kerja sistem yang terganggu. Salah satu gejala yang akan ditemukan berupa keluarnya suara decitan yang menyerupai suara tikus dan umumnya dikenal dengan sebutan belt dressing.

Cara Mengatasi Fan Belt Bunyi

Berikut ini merupakan cara yang perlu kalian ketahui guna mengatasi kondisi fan belt berbunyi. Sebelum memutuskan melakukan perbaikan ke bengkel maka kalian dapat mengatasinya secara sementara dengan beberapa langkah.

  • Bersihkan pulley dan fan belt¬†

Kotoran yang menempel pada kedua komponen tersebut bisa menjadi penyebab dari keluarnya bunyi decitan. Ketika membersihkan komponen tersebut maka kalian harus melepaskan terlebih dahulu seluruh pulley yang terhubung dengan tali kipas guna memastikan pembersihan benar-benar bersih.

  • Semprot menggunakan air sabun

Supaya suara fan belt tadi meredam sementara maka kalian bisa melakukan pembersihan dengan memakai campuran sabun dan air. Langkah tersebut berguna untuk mengurangi suara decitan yang berasal pada fan belt.

Perlu diingat bahwa solusi tadi sifatnya sementara jadi tidak akan bertahan dengan lama. Jadi tetap untuk hasil yang lebih lama kalian harus melakukan perbaikan maupun mengganti fan belt mobilnya.

  • Lumuri menggunakan pelumas

Salah satu faktor yang menyebabkan komponen tersebut berbunyi karena kondisinya kering. Maka dari itu kalian perlu melumurinya menggunakan pelumas.

Pelumas akan membantu kinerja untuk putarannya menjadi mudah. Namun pemberian pelumas janganlah terlalu banyak karena jika berlebihan akan mengakibatkan selip sehingga fan belt mobil akan berbunyi semakin nyaring.

  • Gunakan cairan pembersih khusus

Tidak hanya memakai semprotan air sabun maupun menggunakan pelumas namun kalian dapat menyemprotkan cairan yang memang dikhususkan untuk belt dressing. Cairan tersebut tergolong lebih aman digunakan dan berguna untuk meredam bunyi fan belt sementara.

  • Setel ulang fan belt

Masalah elastisitas menjadi suatu faktor penting mengapa fan belt berbunyi. Maka untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu melakukan penyetelan kembali fan belt jika dirasa tidak terpasang sempurna atau kendor.

  • Bawa ke bengkel

Setelah beberapa cara yang telah disebutkan diatas dilakukan namun tidak berhasil maka kalian segera datang ke bengkel untuk perawatan. Hal tersebut bisa jadi ada suatu masalah serius di fan belt dan jika tidak segera diatasi maka fan belt bisa putus saat berkendara.

Penyebab Fan Belt Mobil Berbunyi

Tentunya ada beberapa penyebab kenapa fan belt tadi mengeluarkan bunyi decitan. Penyebab pertama yaitu sebagai penanda bahwa tali kipas telah rapuh atau getas. Fan belt ini mempunyai fungsi untuk menggerakkan berbagai macam komponen pada mobil.

Ketika elastisitas fan belt berkurang maupun getas ketika berputar serta bertemu pulley maka akan mengeluarkan bunyi.

*Baca Juga: Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik? Ini Penyebabnya

Penyebab lainnya, yaitu ketika tali kipasnya kering. Saat fan belt mengalami kondisi kekeringan maka berakibat pada karet fan belt tidak bisa memutar dengan sempurna sehingga ketika berputar menghasilkan bunyi decitan.

Penyebab selanjutnya yaitu terjadi masalah di pulley seperti kotor, kotoran menempel, dan kering. Kondisi tersebut berakibat pada kinerja pulley menjadi berat dikarenakan karet fan belt tidak dapat menggerakkan pulley secara sempurna.

Lakukan Perawatan Pada Fan Belt

Fan belt adalah komponen penting di mesin mobil maka diperlukan suatu perawatan berkala. Perawatannya tidaklah sulit asalkan kalian melakukannya dengan rutin maka usia fan belt tentu saja akan bertahan lebih lama jika dibandingkan tidak dirawat.

  • Lakukan pengecekan fan belt secara rutin

Pengecekan rutin nyatanya berguna untuk mendeteksi awal permasalahan di fan belt semacam karet retak ataupun sudah getas. Tentunya dengan hal tersebut masalah seputar bunyi decitan bisa dihindari.

  • Lakukan pengecekan secara manual

Permasalahan seputar ketegangan dari karet fan belt menjadi penyebab kenapa fan belt berbunyi. Ha; tersebut dapat dicek secara manual maka pastikan jika fan belt terpasang dengan benar yaitu tidak terlalu longgar serta kencang.

  • Servis mobil berkala

Lakukan service secara rutin guna mencegah terjadinya masalah pada fan belt. Hal tersebut karena petugas service melakukan pengecekan serta merawat komponen fan belt mobil dengan baik.

*Baca Juga: Manfaat Service Mobil Secara Berkala Pada Mobil Kesayanganmu

Berbicara mengenai perawatan mobil, Garda Oto adalah pilihan tepat untuk layanan asuransi mobil. Garda Oto memberikan berbagai pelayanan yang menarik untuk Anda, seperti home survey dan pickup delivery service yang memudahkan kalian untuk melakukan perawatan mobil.

Terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa anda pilih, yaitu Total Loss Only dan Comprehensive. Dengan Garda Oto, Anda dapat melindungi mobil dari risiko akibat pencurian, hilang, bencana alam, banjir dan lain sebagainya sesuai polis asuransi. Segera hubungi 1 500 112 untuk informasi lebih lanjut.