Fungsi Kamera Mobil Untuk Parkir Mundur dan Cara Memasangnya

Fungsi Kamera Mobil Untuk Parkir Mundur dan Cara Memasangnya

Memarkirkan mobil kerap kali terasa sulit, khususnya di lokasi yang sempit. Sedikit saja salah perhitungan berisiko, bisa menyerempet mobil lain. Jika hal itu sampai terjadi, tentu body mobil akan tergores dan rusak. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan.

Maka dari itu, saat ini sudah tersedia kamera mobil yang sangat membantu Anda ketika anda ingin parkir mobil. Kamera ini menjadi salah satu fitur penitng yang ada pada mobil. Jika mobil Anda belum memiliki fitur kamera parkir, Anda dapat membelinya di toko aksesoris mobil.

Manfaat Adanya Kamera Mobil

Harga kamera mobil tak terlalu mahal, kurang lebih 1 juta sudah termasuk monitor dan kamera. Dengan kamera ini, anda tidak perlu lagi memanggil tukang parkir atau menyuruh orang untuk membantu memarkirkan mobil maju dan mundur, sebab kamera mobil ini bisa anda gunakan.

Bukan hanya itu, dengan kamera mobil Anda juga bisa merekam berbagai aktivitas atau kejadin yang ada di dalam atau luar mobil. Hal ini tentu banyak dilakukan orang-orang, untuk membantu melihat kejadian yang tak terduga. Nah, berikut manfaat kamera mobil tersebut.

  1. Merekam berbagai peristiwa

Dalam perjalanan menggunakan mobil pasti ada saja hal yang tidak terduga. Berbagai peristiwa pasti terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal ini bisa anda rekam dengan kamera mobil, seperti kejadian tabrakan, kecelakaan atau pencurian sekalipun. Tentunya ini bisa membantu anda saat sedang di perjalanan.

  1. Mengawasi kendaraan mobil

Terkadang ketika mobil dipinjam orang lain kita sering merasa khawatir, sebab takut mobil rusak atau hilang dibawa kabur. Dengan adanya kamera mobil, Anda bisa merekam semua hal yang ada pada mobil. Tak hanya dari luar mobil, tetapi dalam mobil juga bisa melihat apa saja yang dilakukan si peminjam.

  1. Bukti kecelakaan lalu lintas

Salah satu fungsi kamera mobil yang sangat umum orang gunakan yaitu merekam kejadian saat terjadi kecelakaan. Pemilik kendaraan tinggal membuka rekaman dashcam sebagai alat bukti penyebab kecelakaan. Rekaman video akan lebih akurat dan bisa dianalisa berulang-ulang daripada mengandalkan saksi mata.

Saat ini banyak jenis mobil baru yang telah menggunakan fitur kamera untuk menjaga keselamatan atau pencurian mobil. Sekalipun kendaraan Anda belum mempunyai fitur kamera parkir, Anda dapat membeli dan memasangnya sendiri. Tentu ini memudahkan anda ketika ingin melihat segala aktivitas yang terjadi di luar sana saat menggunakan atau berkendara pakai mobil.

*Baca Juga: Mengenal Jenis – Jenis Kamera Mobil Beserta Fungsinya

Cara Pasang Kamera Parkir Mobil

Untuk memasang kamera mobil, dapat dilakukan oleh Anda sendiri. Caranya, anda hanya perlu mengiktui tahapan yang ada. Berikut ini langkah-langkah memasang kamera mobil.

  1. Mempersiapkan kamera

Langkah awal yang dapat dilakukan oleh Anda untuk memasang fitur keselamatan ini adalah membelinya. Siapkan kamera dengan beragam model sesuai keinginan. Saat ini Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, yaitu membeli di toko aksesoris mobil. Pilih kamera yang telah dilengkapi braket agar cara untuk memasang kamera mundur menjadi lebih mudah.

  1. Membongkar head unit

Setelah cara pertama memasang bagian kamera parkir telah disiapkan, bongkar segera head unit. Pastikan juga head unit mobil Anda telah menggunakan LCD. Bila head unit Anda masih single din, fitur keselamatan itu pun tak akan bisa terpasang. Sebaiknya Anda hati-hati dalam membongkar.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengikuti petunjuk dalam melepasnya. Jangan sampai Anda memotong bagian dashboard. Tak hanya sebatas itu, jangan sampai ada klip patah. Bila klip patah nantinya menyulitkan Anda ketika pemasangan. Sambungkan layar monitor dengan kabel kamera.

*Baca Juga: Tips Parkir Mobil untuk Pemula Agar Tidak Menabrak

Anda dapat melakukannya melalui reserve switch. Agar fitur itu berfungsi saat transmisi geser ke posisi mundur. Berikutnya pastikan kabel telah terpasang rapi agar tak menimbulkan konsleting.

  1. Membuka tutup bagasi

Berikutnya Anda bisa memasang bagian kamera parkir yaitu membuka tutup bagasi. Buka baut yang ada didalamnya guna memudahkan Anda ketika memasang kabel. Sambungkan kabel di bagian sela-sela lubang plat nomor, lalu sambungkan kembali pada kabel yang berkaitan dengan monitor head unit.

  1. Pasang kamera

Memakai cara mudah itu berikutnya memasang kamera parkir. Secara umum kamera parkir ada di bagian atas plat mobil. Akan tetapi untuk posisi dapat disesuaikan dengan keinginan. Bila sudah tepat, pastikan kamera tak goyah. Anda dapat menggunakan double tip berikut baut.

  1. Merapikan kabel

Bila kamera parkir telah terpasang sempurna, Anda hanya perlu merapikan kabelnya. Anda dapat menyambungnya melalui pilar C, lalu tepi plafond, serta selipkan pada pilar A di dalam dashboard. Anda pun dapat meletakannya di bawah karpet lantai mobil agar tampak lebih rapi.

Dalam kenyamanan berkendara, tentunya anda bisa melakukan hal lain dengan memproteksi kendaraan dengan asuransi. Garda Oto merupakan layanan asuransi mobil terpercaya yang siap mengcover segala bentuk resiko atau kecelakaan yang terjadi pada mobil Anda. Garda Oto menyediakan pertanggungan TLO (Total Loss Only) dan comprehensive, sehingga pengalaman Anda selama berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.