Pentingnya mengetahui perbedaan asuransi TLO dan comprehensive

Tak bisa dipungkiri jika kendaraan merupakan salah satu kebutuhan wajib saat ini, sehingga demand terhadap transportasi seperti mobil semakin meningkat di Indonesia, khususnya Daerah Ibukota Jakarta. Jumlah mobil pribadi di Jakarta tiap tahunnya terus bertambah dikarenakan kebutuhan mobilisasi bagi kaum urban memang cukup krusial. Padahal, pemerintah juga telah menyediakan beberapa opsi transportasi publik bagi masyarakat Jakarta, namun permintaan terhadap mobil pribadi masih cukup tinggi.

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan mobil di Jakarta, semakin tinggi pula risiko atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di jalanan. Tak bisa dipungkiri jika hampir setiap hari terdapat kecelakaan lalu lintas terjadi di Jakarta, baik ringan maupun berat. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi misalnya karena kondisi jalan yang sulit ditebak sehingga menyebabkan kecelakaan, faktor cuaca, hingga tingkat kewaspadaan pengendaraa saat mengendarai kendaraan.

Beberapa kecelakaan di jalan memang sulit untuk diprediksi. Jika telah mengalaminya, mau tidak mau harus ada biaya tak terduga yang dikeluarkan untuk membayar biaya kesehatan seperti biaya perawatan, ambulance, pengobatan dll. Tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Selain dari sisi kesehatan, Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk kendaraan Anda yang mungkin rusak atau hancur saat kecelakaan.
Terdapat nilai plus dan minus ketika Anda memiliki mobil pribadi. Untuk menyiasati hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya jika Anda mulai memiliki asuransi mobil. Anda bisa memperhitungkan premi asuransi mobil yang sesuai bagi kebutuhan dan kondisi mobil Anda. Hal yang mempengaruhi premi asuransi mobil misalnya seperti tipe mobil, harga mobil, usia mobil, jenis perlindungan asuransi, dll.

Pada umumnya terdapat dua jenis perlindungan asuransi mobil yang banyak dikenal dengan istilah All Risk dan Total Loss Only (TLO). Namun jenis perlindungan asuransi mobil yang dimiliki oleh Garda Oto tidak menggunakan istilah All Risk melainkan Comprehensive. Perlindungan Comprehensive memberikan perlindungan untuk kerusakan/kerugian sebagian dan kerusakan/kerugian total atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh Polis. Contoh kerusakan atau kerugian sebagian adalah jika mobil terserempet oleh kendaraan lain, atau mobil menabrak benda lain di luar mobil sehingga terdapat kerusakan yang membuat mobil kurang nyaman untuk dipandang, dll.

Sedangkan untuk perlindungan TLO memberikan perlindungan untuk kerusakan/kerugian total yang telah memenuhi syarat kerusakan/kerugian total (Total Loss ) atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh Polis.

Total Loss terjadi jika kerusakan atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh Polis dimana estimasi biaya perbaikan mobil sama dengan atau lebih tinggi dari 75% (tujuh puluh lima persen) dari harga sebenarnya, atau mobil hilang karena pencurian.

Jadi, itulah perbedaan singkat mengenai asuransi mobil untuk perlindungan Comprehensive dan TLO. Penting bagi Anda tentunya untuk menjaga mobil Anda dari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti Tabrakan, benturan, terbalik, terperosok, kebakaran, pencurian dll. Tentunya, beberapa masalah tersebut bisa menjadi alasan kuat mengapa asuransi mobil memang harus Anda miliki. Pemilihan asuransi mobil bisa menjadi pilihan yang tepat saat ini. Anda bisa memilih jenis perlindungan asuransi mobil Comprehensive atau TLO di Garda Oto yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.