Fungsi Kondensor Pada Mobil yang Wajib Anda Ketahui

By | 2019-10-21T14:57:29+00:00 21 Oktober, 2019|Categories: Blog, Perawatan Mobil|

fungsi kondensor adalah untuk mencegah keluarnya percikan bunga api pada mesinPengertian Kondensor

Kondensor adalah salah satu komponen terpenting pada mesin mobil Anda. Kondensor yang berbentuk silinder kecil ini yang terdiri dari beberapa lembar kertas timah yang masing-masing lembarnya diberi kertas paraffin dan digulung ketat sehingga membentuk silinder, memiliki fungsi yang sangat vital.

Fungsi kondensor adalah untuk mencegah percikan bunga api yang terjadi pada platina. Percikan bunga api yang terjadi pada platina dapat membuat kontak point yang terdapat pada platina cepat aus, maka dari itu jika tidak dilengkapi oleh kondensor maka platina akan cepat rusak.

Pada sistem pengapian, kondensor berfungsi untuk membantu proses penyerapan loncatan bunga api yang terjadi pada breaker point yang terletak di bagian platina.

Cara Kerja Kondensor

Loncatan bunga api ini bertujuan untuk membantu menaikkan tegangan pada coil sekunder, dan membantu membuat platina menjadi tahan lama. Bagaimana cara kondensor menaikkan tegangan pada coil sekunder?

Arus primer akan mengalir ke bagian kumparan primer. Jika arus primer tesebut terputus secara tiba-tiba, hal tersebut akan menghasilkan tegangan tinggi sekitar 500 volt pada bagian kumparan primer dan menghasilkan daya sebesar 10.000 volt pada kumparan sekunder yang terdapat pada bagian ignition coil nya.

Induksi tersebut dapat mengakibatkan arus tetap mengalir dalam bentuk percikan bunga api pada bagian breaker point. Selain itu, gerakan pemutusan platina yang relatif lebih lambat juga menjadi penyebabnya, apabila dibandingkan dengan gerakan dari aliran listriknya.

Pemutusan arus primer harus lebih cepat dilakukan agar tegangan yang dibangkitkan pada kumparan sekunder menjadi lebih maksimal. Saat arus primer mengalir maka akan terjadi hambatan pada arus tersebut, hal ini diakibatkan oleh induksi diri yang terjadi pada waktu arus mengalir di suatu kumparan.

Pemutusan secara tiba–tiba juga menjadi penyebab naiknya tegangan tinggi kurang lebih sekitar 500 Volt pada kumparan primer dengan besaran 10.000 Volt atau lebih pada bagian kumparan sekundernya. Proses induksi diri ini juga bisa terjadi pada waktu arus primer sedang diputuskan oleh platina yang sedang terbuka.

Dari penjelasan di atas, kita semakin tahu pentingnya fungsi kondensor pada mobil Anda. Dengan adanya kondensor, loncatan bunga api pada platina akan teredam sehingga suhu di dalam mobil tidak panas dan Anda akan semakin nyaman mengendarai mobil Anda. Rawat kondensor dengan baik dan lakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah kerusakaan yang tidak diinginkan dan membahayakan Anda.

08:00 - 17:00