Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Baru

//Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Baru
By | 2018-07-23T16:38:05+00:00 Juli 23rd, 2018|Blog|0 Comments
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Baru

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Baru

Memiliki mobil baru adalah sebuah pencapaian tersendiri. Tidak hanya digunakan untuk bepergian bersama seluruh anggota keluarga, tapi juga untuk keperluan sehari-hari seperti berangkat kerja. Namun, memiliki mobil bukan hanya tentang menggunakannya. Anda perlu memperhatikan bagaimana cara mempertahankan performa mobil agar tetap maksimal.

Selama penggunaan, tentu nilai mobil yang Anda gunakan mengalami penurunan. Apalagi jika Anda menemui berbagai kendala. Meski Anda sudah melakukan perawatan secara berkala, bukan tidak mungkin Anda menemui hal-hal di luar perhitungan yang berdampak pada performa kendaraan. Misalnya saja faktor kecelakaan atau kejahatan.

Demi mengantisipasi hal-hal demikian, sudah selayaknya Anda membeli asuransi untuk mobil Anda. Namun, supaya tidak salah langkah, Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1.Memilih Jenis Asuransi Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum membeli premi asuransi untuk mobil Anda, Anda harus mengetahui jenis produk yang ditawarkan. Secara umum, ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih, yaitu Total Loss Ony (TLO) dan Comprehensive. Tentu Anda tidak boleh asal memilih. Anda harus memikirkan kebutuhan Anda sesuai dengan faktor risiko yang Anda temui.

Anda bisa memilih jenis asuransi sesuai dengan intensitas penggunaan mobil. Apabila kendaraan Anda memiliki nilai pertanggungan, risiko kerusakan, dan frekuensi penggunaan yang tinggi, Anda bisa memilih Comprehensive. Jenis asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian atau pun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan, TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan. Jenis asuransi ini disarankan untuk kendaraan yang memiliki frekuensi penggunaan yang rendah namun ada faktor selain kecelakaan. Misalnya saja tingkat kriminalitas yang cukup tinggi di tempat tinggal Anda. Apabila mobil lebih sering diparkir ketimbang digunakan sehari-hari, TLO bisa juga jadi pilihan tepat.

2. Kemudahan Mengakses Informasi

Pemilik mobil baru tentu memiliki kebutuhan tinggi atas informasi mengenai asuransi kendaraan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih perusahaan asuransi yang menyediakan layanan luas untuk memenuhi kebutuhan ini. Misalnya akses call center yang sigap selama 24 jam atau ketersediaan cabang di lokasi strategis yang sejak awal menjadi pertimbangan utama dalam membuka Garda Center.

Dengan Garda Center, segala kebutuhan Anda akan informasi asuransi kendaraan akan terpenuhi, mulai dari produk-produk asuransi Astra hingga permintaan survei klaim. Apalagi, Garda Center sudah terdapat di berbagai mal dan pusat perbelanjaan dengan waktu layanan setiap hari mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00, mengikuti jam operasional mal atau pusat perbelanjaan.

Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung untuk bertanya. Anda pun bisa mengakses website Gardaoto.com untuk mencari tahu tambahan informasi lainnya. Oleh karenanya, ketika mobil Anda mengalami musibah yang tidak bisa diprediksi datangnya, Anda dapat menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh Garda Oto.

3. Layanan di Kondisi Darurat

Manusia bisa saja membuat perhitungan, tetapi apa yang terjadi kerap di luar dugaan kita. Kalau sudah berhadapan dengan kondisi darurat, tentu Anda akan pusing tujuh keliling. Misalnya saja ban kempis, pintu mobil terkunci dari dalam, mobil mogok, hingga kecelakaan. Apalagi jika Anda mengalaminya di sebuah wilayah yang jauh dari tempat tinggal Anda.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Garda Mobile Otocare di smartphone. Anda bisa mendapatkan layanan darurat Garda Siaga lewat aplikasi tersebut. Caranya request-nya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan menu Emergency Request, petugas Garda Siaga akan segera membantu Anda.

4. Reputasi Perusahaan Asuransi

Ada begitu banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Namun, tidak semuanya kredibel dan bisa jadi solusi tepat untuk Anda. Reputasi perusahaan asuransi di tengah masyarakat luas pun jadi hal penting. Maka dari itu, Anda perlu membandingkan kredibilitas perusahaan-perusahaan asuransi yang masuk pilihan Anda.

Anda bisa mencari informasi di situs resmi perusahaan asuransi untuk menngetahui tingkat penyelesaian keluhan nasabah yang mereka lakukan. Simak juga bagaimana kesigapan perusahaan asuransi dalam mengatasi kondisi darurat. Perhatikan pula asuransi mana yang memiliki banyak bengkel rekanan yang bisa dipercaya.

5. Kemudahan Klaim

Apakah polis asuransi yang Anda terima sudah mencakup penjelasan secara terperinci? Anda harus memperhatikan mulai dari hal-hal apa saja yang ditanggung, tidak ditanggung, hingga menjadi perluasan. Pada dasarnya, perusahaan asuransi mana pun menyajikan dua pilihan jenis asuransi seperti yang dijelaskan di poin nomor satu. Namun, cakupan tanggungannya bisa saja berbeda, bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kejelasan isi polis. Tidak hanya dalam polis, Anda sebagai pelanggan juga sepatutnya mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi. Jangan sampai saat Anda mengajukan klaim tetapi ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak tertanggung seperti yang diatur dalam polis.

Di Garda Oto, misalnya, yang akan memudahkan anda untuk mengajukan klaim. Bahkan, Garda Oto juga memberikan garansi hasil kerja bengkel rekanan selama enam bulan, serta spare part yang disediakan di bengkel rekanan tersebut adalah suku cadang asli.

6. Layanan Digital yang Memudahkan

Di era serba digital, berbagai kemudahan sudah melingkupi berbagai aktivitas dan kebutuhan manusia. Tidak terkecuali berasuransi. Melalui digitalisasi layanan, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam berbagai hal, mulai dari melakukan laporan klaim, memantau proses perbaikan di bengkel, hingga mengetahui status klaim sampai tahap penyelesaian.

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki aplikasi online. Anda bisa melakukan pendaftaran dan klaim asuransi kendaraan di mana saja dan kapan saja. Misalnya jika mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan tol, Anda bisa mengklaim asuransi via aplikasi tersebut langsung dari smartphone Anda.

***

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda tidak akan bingung lagi memilih asuransi terbaik untuk mobil Anda. Perusahaan asuransi yang tepat akan membantu Anda menjaga performa kendaraan Anda supaya tetap maksimal sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik bersama keluarga. Nah, apakah Anda sudah siap memberikan yang terbaik untuk mobil kesayangan Anda?