Harga Asuransi Mobil Berbeda-Beda, Apa Sebabnya?

//Harga Asuransi Mobil Berbeda-Beda, Apa Sebabnya?
By | 2019-04-23T17:12:20+00:00 Desember 18th, 2018|Blog|0 Comments
Ulasan Lengkap Mengenai Perbedaan Harga Asuransi Kendaraan

Mengapa Harga Asuransi Kendaraan Bisa Berbeda?

Mungkin ada suatu ketika Anda membandingkan biaya premi yang Anda bayar dengan premi yang dibayar oleh rekan Anda berbeda nilainya. Padahal jenis mobil yang didaftarkan adalah sama. Lantas apa yang membuat nilai premi ini berbeda? Berikut penjelasannya.

  1. Jenis Kendaraan
    Jenis dan tahun pembuatan kendaraan menjadi faktor utama yang menentukan nominal premi asuransi mobil.
  1. Penggunaan
    Perusahaan asuransi beranggapan bahwa mobil yang digunakan secara pribadi dengan kendaraan yang dipakai secara dinas atau komersial pasti memiliki risiko yang berbeda. Premi asuransi dihitung berdasarkan risiko, jadi semakin rendah risiko Anda, semakin sedikit premi yang harus Anda bayar. Hal itupun berlaku untuk penggunaan kendaraan yang ingin Anda asuransikan. Sebab, risiko yang dimiliki untuk kendaraan yang dipakai secara pribadi akan berbeda dengan kendaraan yang ingin dipakai secara dinas atau komersial.
  1. Wilayah
    Bagi Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk bisa saja dikenai beban asuransi yang lebih berat karena lokasi padat ini membuat mobil lebih rentan terjadinya kecelakaan, pencurian, atau perusakan mobil dibandingkan dengan mereka yang tinggal di pinggiran kota atau di pedesaan.Menurut regulasi asuransi yang ada, secara spesifik, untuk tarif kendaraan bermotor ditetapkan 3 wilayah yaitu Wilayah 1 (Sumatera dan Kepulauan sekitar), Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), dan Wilayah 3 (selain Wilayah 1 dan 2). Mengapa ditetapkan demikian? Alasannya adalah karena data loss profile menunjukkan karakter risiko yang berbeda tiap wilayah.
  1. Usia Kendaraan
    Di dunia asuransi berlaku aturan semakin tua usia semakin tinggi biaya preminya. Bisa saja mobil lama diasuransikan tetapi ada tambahan biaya. Namanya faktor loading. Kendaraan yang sudah berusia lebih 5 tahun biasanya punya memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding dengan mobil yang berusia setahun atau dua tahun. Selain itu, faktor kelangkaan spare part juga termasuk yang membuat biaya asuransi mobil lawas lebih tinggi. 
  1. Jenis Pertanggungan

Jaminan yang lengkap akan lebih mahal. Sebab, besar kecilnya nilai premi asuransi mobil tergantung jenis proteksi yang anda pilih,  Garda Oto Digital memiliki 2 jenis proteksi yakni, Comprehensive dan  Total Lost Only (TLO) dan juga Anda bisa menambahkan proteksi Perluasan Jaminan. Semakin banyak perluasan yang Anda cantumkan, nilai premi Anda tentu akan semakin tinggi.

Itulah tadi beberapa hal yang menyebabkan harga premi setiap mobil bisa berbeda-beda meskipun mobil dan perusahaan yang menyediakan jasa asuransi sama. Dengan pemahaman yang lebih baik, tentu Anda tidak perlu merasa heran akan adanya perbedaan ini dan dapat memakluminya.

Anda juga tak perlu bingung. Garda Oto sebagai produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap membantu setiap orang dalam memberikan proteksi terbaik untuk kendaraan mobil Anda. Pelanggan bisa mengajukan klaim, membeli atau menutup polis dengan mudah.

Kini layanan Garda Oto juga telah hadir dalam aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat diakses melalui smartphone atau tab Anda. Selain itu, dapat melalui situs gardaoto.com yang bisa diakses kapan dan di mana saja. Melalui aplikasi Otocare, pemegang polis juga akan lebih mudah melakukan klaim.

Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.