Banyak orang menganggap door visor hanyalah aksesoris yang memperindah mobil saja. Anggapan ini tidaklah salah, karena keberadaan door visor juga dapat

Ingin Tahu Apa Pengertian dan Fungsi Door Visor Mobil?

membuat tampilan mobil lebih catchy.

Namun ternyata door visor bukanlah hanya pemanis pada mobil, justru door visor ini memiliki fungsi yang lebih penting dari pada yang dikira. Sebenarnya apa fungsi dari door visor ini dan bagaimana perannya dalam dunia permobilan? Simak ulasannya

Apa itu Door Visor?

Sebagian orang mungkin masih asing mendengar kata door visor. Secara mudahnya door visor yakni talang air. Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mencegah air supaya tidak masuk ke dalam mobil ketika jendela dibuka sedikit. Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu.

Fungsi Door Visor

Meskipun memiliki sejuta kegunaan, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya door visor pada sebuah mobil. Sebagian dari mereka masih menganggap bahwa ini hanyalah aksesoris tambahan pada mobil yang tidak memiliki guna. Hal ini tentu saja keliru mengingat door visor memiliki banyak fungsi penting pada mobil :

1. Melindungi Komponen yang Ada pada Kabin

Tanpa adanya door visor, ketika hujan turun ada kemungkinan air akan masuk ke dalam kabin meski jendela mobil dibuka sedikit. Ini tentunya akan membahayakan komponen-komponen listrik yang terdapat pada kabin mobil, misalnya power window. Masuknya air ke dalam kabin mobil dapat menyebabkan beberapa komponen listrik korsleting. Jika sudah begitu, yang pasti dirugikan adalah pemilik mobil.

2. Mencegah Kebasahan

Door visor atau talang air akan menampakan manfaat terbesarnya saat musim hujan tiba. Ketika tengah mengendarai mobil, Anda tentunya pernah membuka jendela hanya untuk mengambil karcis atau membayar parkir.

Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan door visor, Anda pasti kebasahan saat membuka jendela mobil. Sebaliknya, ketika door visor dipasang, Anda bisa mencegah kebasahan saat akan membayar parkir atau mengambil karcis.

3. Mengurangi Embun

Selain berfungsi untuk menghalangi air agar tidak masuk ke dalam kabin mobil, door visor juga bisa membantu mengurangi embun pada kaca depan mobil. Embun pada kaca depan mobil bisa mengganggu jarak pandang sehingga dengan adanya door visor, masalah tersebut bisa diselesaikan.

4. Memperindah Tampilan Mobil

Keberadaan door visor selain mencegah air masuk ke dalam kabin juga dapat membantu memperindah tampilan mobil. Dengan adanya door visor pada mobil, penampilan mobil pun menjadi lebih tertunjang dan terlihat keren.

Meskipun memiliki segudang fungsi bagi mobil, sayangnya door visor tidak terpasang secara otomatis pada mobil. Beberapa mobil terbaru memang telah memasang door visor pada model mereka, namun kebanyakan mobil harus membeli door visor secara terpisah. Selain melengkapi mobil Anda dengan door visor, lengkapilah mobil Anda dengan agar meminimalisir kerugian yang bisa terjadi pada mobil Anda.

Garda Oto menawarkan layanan asuransi total lost only dan juga comprehensive untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap mobil, baik itu karena kehilangan, akibat bencana alam, kerusakan, tabrakan, dll yang diatur dalam perjanjian polis asuransi. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman . Nah, itulah pengertian dan fungsi door visor untuk kendaraan, semoga informasi diatas dapat membantu Anda. #PeaceofMind