Inilah Penyebab Starter Mobil Tidak Mau Dinyalakan

By | 2019-12-02T17:59:22+00:00 8 Mei, 2019|Categories: Blog|
alasan mengapa mobil matic tidak bisa di starter

Berbagai penyebab mengapa mesin mobil sulit dinyalakan

Berbagai permasalahan umum pada mobil matic seperti tidak mau hidup, di starter juga tidak hidup, kondisi nyentek, mati mendadak, dll tentu akan sangat menjengkelkan bukan?

Untuk kendaraan mobil yang belum memiliki teknologi start-stop button, komponen starter mobil merupakan salah satu komponen yang penting keberadaannya. Adanya komponen starter ini berfungsi sebagai penggerak dinamo, sehingga mobil mau dihidupkan.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Daihatsu Indonesia yang merupakan produsen dari mobil Daihatsu, bahwa starter ini bekerja dengan bantuan listrik yang dialirkan oleh aki. Kemudian, listrik pada aki tersebut membuat dinamo menyala dan setelah itu dinamo akan terus menyala untuk memproduksi listrik sendiri.

Bisa Anda bayangkan ketika Anda tengah berbelanja di sebuah mall, namun ketika Anda hendak pulang ternyata starter mobil Anda tidak bisa dinyalakan. Mungkin untuk kendaraan manual masih bisa diatasi dengan cara mendorong mobil bersamaan dengan pengemudi memasukkan persneling ke gigi dua sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala.

Namun, bila mobil yang Anda miliki adalah mobil dengan jenis matic. Jika terjadi hal yang serupa, solusinya adalah dengan melakukan pengecasan pada aki. Ada kemungkinan besar aki yang dibeli merupakan aki yang sudah rusak.

Untuk penyebabnya sendiri, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi mesin mobil tidak bisa dihidupkan walau sudah di-starter berkali-kali.

 

1. Aki Mobil Lemah/Habis Dapat Membuat Starter Mobil Tidak Berfungsi

Mobil bisa di-starter tapi mesin mobil tidak mau menyala juga? Indikasi utamanya adalah terdapat masalah pada aki mobil. Komponen ini berfungsi untuk menunjang suplai daya listrik mobil.

Bila aliran listrik terganggu atau aki mobil sudah lemah, maka arus listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin tidak akan bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan dinamo starter itu menggunakan listrik sebagai sumber energi, dan listrik ini diambil dari aki mobil untuk dapat menghidupkan mesin.

 

2. Brush pada Dinamo Mulai Habis

Hal lain yang menjadi penyebab starter mobil cepat rusak adalah habisnya brush pada dinamo mulai habis. Di dalam dinamo starter ada beberapa komponen yang salah satunya adalah brush atau sikat yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar.

Kalau brush aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat, sehingga meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor itu bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter jadi lebih lambat dan mesin susah hidup.

 

3. Busi Mobil yang Kotor

Terakhir komponen yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup adalah busi. Busi adalah salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil. Bila bagian ini bermasalah, maka starter mobil pun dapat terkena dampaknya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kerusakan yang terjadi pada starter mobil, ada baiknya bila terus memperhatikan kondisi mobil Anda agar selalu terjaga.

Selain itu jika Anda mengalami masalah disebabkan aki mobil Anda tidak berfungsi dengan normal sehingga Anda tidak dapat menyalakan kendaraan, Anda dapat menghubungi Garda Siaga dari Asuransi Astra yang selalu siap membantu Anda 24 jam.

08:00 - 17:00