Jangan Hanya Pilih Polis Dasar Asuransi Kendaraan, Tambahkan dengan Perluasan Pertanggungan

By | 2018-05-23T15:03:16+00:00 11 April, 2018|Blog|
Pilihan Perluasan Pertanggungan

Pilihan Perluasan Pertanggungan

Tipe perlindungan asuransi kendaraan bermotor dibagi menjadi dua, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Dua tipe perlindungan tersebut biasanya ditawarkan sesuai Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) di awal pembuatan polis asuransi. Karena hanya polis standar, pastinya hanya beberapa hal saja yang akan di-cover jika terjadi risiko kecelakaan.

Supaya Anda tidak salah, ada baiknya selalu mengecek isi polis dengan teliti sebelum menandatanginya. Jadi, Anda tahu risiko apa saja yang akan di-cover dan tidak oleh pihak asuransi. Pihak asuransi pastinya tidak akan melayani klaim kalau poin yang Anda klaim tidak ada di polis asuransi.

Untuk Anda yang sudah sadar pentingnya memiliki asuransi kendaraan, sekarang sudah saatnya meng-updgrade polis asuransi. Tambahkan perluasan pertanggungan di dalam polis asuransi kendaraan Anda supaya kendaraan Anda lebih terlindungi!

Personal Accident buat Pengendara Lebih Aman

Pada dasarnya, asuransi kendaraan memang ditujukkan untuk kendaraan Anda. Namun, karena terlalu mementingkan kendaraan, Anda jadi lupa dengan diri sendiri. Saat Anda mengalami risiko kecelakaan pada waktu menyetir, mobil Anda sudah pasti ditanggung oleh pihak asuransi. Lalu bagaimana nasib Anda sebagai pengendaranya?

Bagian inilah yang sering terabaikan oleh banyak orang. Ada baiknya menambahkan minimal satu perluasan pertanggungan untuk personal accident di dalam polis asuransi kendaraan. Dengan begitu, baik Anda dan mobil Anda akan terlindungi.

Perluasan pertanggungan ini pun bisa diberikan kepada supir Anda. Keamanan Anda ada di tangan orang tersebut, jadi Anda pun harus memberikan perlindungan untuk dia. Jangan khawatir. pihak asuransi biasanya akan mengingatkan tentang perluasan personal accident untuk Anda supaya tidak lupa.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III)

Meski sudah berhati-hati saat berkendara di jalanan, kecelakaan lalu lintas masih mungkin terjadi. Apalagi kalau kecelakaan tersebut melibatkan orang lain yang Anda rugikan. Hal ini sangat menjengkelkan apalagi paket dasar perlindungan tidak menanggung kerugian ini sebelum Anda menambahkannya.

Perluasan pertanggungan THJ III tidak hanya menanggung kerugian kendaraan milik pihak ketiga. Namun, pertanggungan bisa meluas sampai harta benda lain. Mungkin saja Anda harus membanting setir dan menabrak rumah hingga menyebabkan kerusakan di dalamnya. Bukan hanya itu, biaya pengobatan hingga kematian yang disebabkan oleh kecelakaan tersebut.

Faktor Alam dan Kerusuhan yang Tidak Bisa Diprediksi

Kalau sudah bicara tentang alam, siapa pun tidak akan bisa memprediksinya. Bisa jadi, Anda sedang tertimpa sial dan mobil Anda terendam banjir karena tidak sempat diselamatkan. Mungkin juga angin ribut yang membuat sejumlah pohon tumbang dan menimpa mobil Anda.

Pertambahan pertanggungan ini pun cukup disarankan mengingat intensitas angin dan hujan di Indonesia semakin tinggi dari tahun ke tahun. Bukan hanya itu, perluasan pertanggungan juga menanggung kerusakan yang terjadi akibat huru-hara yang terjadi di jalan. Pastinya, lebih baik berjaga-jaga sebelum semuanya terjadi dan Anda menyesal.

Menambahkan satu atau dua poin pertanggungan dalam polis asuransi kendaraan ada baiknya dilakukan. Sudah barang tentu Anda harus menambah biaya asuransi, tapi pastinya kendaraan Anda lebih terjaga dengan itu semua.