Biar Aman, Inilah 5 Tips Pakai GPS dalam Berkendara

Biar Aman, Inilah 5 Tips Pakai GPS dalam Berkendara

Larangan berkendara dengan GPS ternyata menimbulkan banyak perdebatan. Di satu sisi, perangkat GPS sangat membantu orang dalam menentukan rute yang tepat sekaligus mencari alamat yang hendak dituju. Di sisi lain, penggunaan GPS saat berkendara juga bisa memecah konsentrasi para pengemudi yang tidak jarang malah menimbulkan kecelakaan.
Jadi, amankah berkendara dengan memanfaatkan GPS? Sudah barang tentu aman asalkan Anda memperhatikan beberapa hal saat menggunakannya. Berikut sejumlah kiat aman berkendara dengan memanfaatkan GPS.

  1. Pilih Perangkat GPS yang Tepat

Memang ada baiknya menggunakan perangkat GPS murni untuk membantu Anda sewaktu di perjalanan. Selain sangat akurat dalam penentuan lokasi, Anda pun tidak akan diganggu oleh pesan dan panggilan masuk saat melakukan navigasi dengan perangkat GPS.
Akan tetapi, kalau memang Anda memanfaatkan smartphone sebagai GPS, pastikan untuk menonaktifkan segala bentuk notifikasi saat Anda menggunakannya. Pilih juga smartphone berlayar besar untuk memudahkan Anda melihat navigasi tanpa harus mendekat ke layar.

  1. Atur Tujuan Sebelumnya

Bukan hanya menentukan arah tujuan, ada baiknya Anda pun mempelajari terlebih dulu rute yang akan digunakan sebelum benar-benar berkendara. Larangan menggunakan perangkat GPS bisa muncul karena banyak orang yang mengeset tujuan mereka sewaktu sedang menjalankan mobil. Hal itu pastinya akan membuat konsentrasi terbagi karena mata Anda harus bolak-balik melihat jalan dan layar GPS.
Beberapa perangkat GPS juga memberikan tanda jalanan yang sedang padat karena dipenuhi kendaraan lain. Dengan mempelajari rute di awal, Anda pun jadi bisa memilih jalan alternatif untuk sampai ke tujuan lebih cepat.

  1. Letakkan GPS di Posisi Nyaman

Dalam berkendara, posisi memang jadi elemen penting. Posisi tubuh yang tepat saat berkendara bisa membuat Anda tidak cepat lelah. Begitu juga dengan posisi semua barang yang ada di dalam mobil Anda. Sedikit saja salah, bisa jadi bahaya besar ketika menyetir.
Pastikan posisi perangkat GPS Anda mudah ditangkap oleh mata saat menyetir. Pastikan Anda hanya butuh sebuah lirikan kecil dari mata Anda untuk melihat keseluruhan perangkat. Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan dengan GPS adalah jangan memegangnya saat berkendara.

  1. Aktifkan Bantuan Suara

Supaya Anda tidak perlu banyak melirik ke perangkat GPS, aktifkan saja bantuan suara. Anda akan dipandu langsung untuk mengambil rute yang disarankan. Bantuan suara juga bisa membuat Anda lebih fokus dalam berkendara dan membuat pikiran Anda tidak kosong.
Namun, bukan berarti Anda bisa percaya 100% kepada bantuan suara. Untuk beberapa percabangan jalan, Anda pun harus tetap memastikan jalan mana yang harus Anda ambil. Namun, tetap fokus dengan setir dan jalan.

  1. Perbarui Sistem

Sama seperti beberapa alat elektronik, perangkat GPS juga perlu selalu mendapatkan pembaruan sistem secara berkala. Kondisi jalanan yang selalu berubah jadi alasan pembaruan sistem ini sangat diperlukan. Anda yang menggunakan smartphone sebagai perangkat GPS pun harus melakukan pembaruhan sistem aplikasi secara berkala.
Dengan memperbarui sistem, keakuratan GPS akan semakin tinggi. Bukan hanya itu, ini juga bisa memberi tahu Anda jalanmana yang sekarang sudah tidak bisa Anda lalui lagi dengan kendaraan roda empat.
GPS seharusnya tetap aman digunakan saat berkendara asalkan Anda tahu langkah-langkah yang tepat dalam menggunakannya. Tetap utamakan keselamatan dalam berkendara dan jaga terus kendaraan Anda dari risiko terjadinya kecelakaan.