Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Kaca Mobil Tidak Bisa Turun

Para pemilik kendaraan roda empat diharuskan untuk melakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan. Hal ini dilakukan agar menghindari beberapa masalah seperti kaca mobil tidak bisa turun. Agar kerusakan tersebut tidak terjadi, ada baiknya mengetahui beberapa penyebab lengkap dengan cara mengatasinya seperti ulasan berikut ini!

Penyebab Tidak Berfungsinya Kaca Mobil

Keberadaan power window pada pintu kendaraan empat bisa memudahkan pengguna untuk mengatur kaca mobil agar bisa turun dan naik. Namun seringkali, kaca jendela macet dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Umumnya, hal ini disebabkan oleh power window yang bermasalah. Selain ngadat, power window ini akan terasa seret dan juga tidak berfungsi dengan baik.

Apabila hal ini terjadi, maka Anda bisa mengecek bagian sekring terlebih dahulu. Jika sudah diganti dan tetap bermasalah, berarti Anda bisa mengecek bagian lainnya. Bisa saja ada konslet yang terjadi pada aliran listriknya. Sekring yang rusak tersebut bisa menyebabkan seluruh kinerja power window tidak berjalan dengan optimal. Setelah memastikan sekring tidak terjadi apa apa, namun kaca mobil tidak bisa turun, coba cek kelistrikannya. Cek tegangan di saklar utama apakah memiliki tegangan normal atau tidak. Kerusakan saklar ini kemungkinan disebabkan oleh terbakarnya sistem kelistrikan yang berdampak pada macetnya kaca jendela mobil.

Penyebab berikutnya yang bisa terjadi karena melemahnya komponen motor power window.  Kemungkinan komponen ini sudah lemah atau mengalami aus pada geriginya yang mengakibatkan kaca tidak bisa naik turun. Maka dari itu, perlu adanya penggantian pada komponen tersebut agar kaca bisa bekerja seperti sedia kala.

Baca Juga: Ingin Tahu Apa Pengertian dan Fungsi Door Visor Mobil?

Cara Mengatasi Kaca Mobil yang Macet

Cara mudah untuk mengembalikan kinerja kaca jendela mobil yang macet yaitu dengan memanfaatkan shampoo. Solusi yang satu ini bisa dipraktekkan langsung jika bagian rel kaca ditemukan benda asing yang mengganggu. Misalnya saja, serpihan daun kering, batu kecil,  tanaman, kering dan benda asing lainnya.

Selain itu ada juga cara cerdas lainnya dengan menggunakan minyak goreng. Siapa yang akan menyangka jika minyak goreng bisa menjadi salah satu solusi ketika kaca mobil tidak bisa turun? Cara mengaplikasikannya bisa dikatakan cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu melumasi karet jendela serta bagian rel kaca. Setelah itu, tuangkan secara perlahan lahan agar minyak tidak menyebar ke bagian mobil lainnya. Pasalnya, minyak memiliki sifat yang licin yang dapat membahayakan penumpang atau mengganggu kenyamanannya.

Tak berhenti sampai disitu saja, terdapat cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah semir ban. Semir memiliki sifat licin yang diklaim mampu melancarkan pergerakan kaca jika diaplikasikan pada sela sela lubang kaca. Caranya, biarkan cairan semir ini masuk ke celah karet tersebut. Lalu, tekanlah tombol power window untuk melakukan pengetesan apakah sudah berhasil.

Menariknya, Anda juga bisa mengatasi kaca mobil tidak bisa turun dengan membersihkan bagian karet jendela mobil. Untuk membersihkannya, gunakan silicon spray sebagai agar kaca mobil tetap bersih dan jernih. Pastikan menyemprotnya di rel jendela untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Baca juga: Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kaca mobil yang macet. Jika terjadi hal tersebut, maka Anda bisa memastikan kelistrikan atau power window apakah berkerja dengan baik. Selain itu, gunakan bahan bahan di sekitar Anda seperti minyak goreng, semir ban, shampoo, dan juga silicon spray. Serta pastikan mobil Anda terlindungi dari risiko tak terduga dengan asuransi mobil Garda Oto.