Biar Tidak Bosan, Begini Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Semakin canggihnya teknologi yang ada, membuat pembelajaran bisa dilakukan secara daring. Tak sedikit lembaga pendidikan dan kursus memberikan materi akademik yang bisa diakses melalui online.

Agar pelaksanaan belajar di rumah di masa pandemi dapat berjalan dengan efektif, maka sebagai orang tua perlu mengetahui kiat tertentu. Apa sajakah? Berikut tips mendampingi anak belajar di rumah di masa pandemi.

1. Mengetahui Tujuan dan Target Pembelajaran

Ketika Anda pertama kali mendampingi sang buah hati belajar di rumah, maka hal yang perlu dilakukan yaitu mengetahui target dan tujuan dari materi yang diajarkan. Langkah ini akan memberikan pemahaman lebih mudah terhadap anak anak.

Pastikan juga untuk mengetahui jadwal belajar anak tersusun dengan rapi dan teratur. Misalnya saja dengan bangun pagi pada jam tertentu, kemudian jalankan jadwal belajar yang sudah direncanakan. Dengan mengetahui tujuan dan target pembelajaran, maka waktu belajar di setiap mata pelajaran lebih terencana dengan baik.

2. Menguasai Perangkat Teknologi yang Digunakan

Tips mendampingi anak belajar di rumah selanjutnya yaitu dengan membekalinya pengetahuan tentang teknologi yang digunakan. Perangkat merupakan hal yang paling diperhatikan, sebab perangkat berperan sebagai media utama ketika belajar online. Sebagai orang tua, tentunya Anda perlu menguasai dan menunjukkan cara penggunaan teknologi tersebut kepada anak.

Selain itu, jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi belajar yang lengkap dan mudah dipahami. Ada berbagai materi pembelajaran yang dapat diakses, mulai dari e book, video, bahkan guru privat online.

Baca juga: Bukan Hanya Untuk Main, Ini 4 Manfaat Menggambar Bagi Anak Usia Dini

3. Menciptakan Suasana yang Positif

Belajar di rumah memang bisa membosankan karena harus menatap layar laptop, hp, atau komputer selama berjam jam. Cara menciptakan suasana positif yang menyenangkan untuk belajar di rumah yaitu dengan membuat ruangan lebih unik, berbeda, dan nyaman digunakan.

Dengan menerapkan tips mendampingi anak belajar di rumah yang efektif, tentu tidak akan membuatnya jenuh. Sebagai orang tua, hendaknya mengatur ruangan dengan suasana baru yang tidak membosankan. Anda bisa menambahkan alunan musik yang lebih santai dan juga dekorasi menarik ketika anak belajar. Tak hanya itu saja, tambahkan cemilan serta makanan lezat agar mood anak jauh lebih senang dalam belajar.

4. Mengatur Emosi dan Bersabar

Jika terlalu lama di rumah dan harus menyelesaikan banyak pekerjaan, memang membuat emosi lebih mudah memuncak. Untuk itu, orang tua jangan sampai meluapkan kekesalan atau emosi ke anak. Dalam situasi ini, Anda perlu mencoba beradaptasi perihal pembelajaran yang dilakukan secara online. Agar menghindari emosi, Anda bisa melakukan relaksasi sederhana.

5. Rehat Sejenak untuk Menghindari Stres

Terlalu lama berkutat dengan hal yang sama setiap harinya kemungkinan bisa membuat seseorang stres. Hal ini juga berlaku dengan pembelajaran online yang dilakukan secara terus menerus di rumah. Sebagai tips mendampingi anak belajar di rumah, Anda bisa melakukan kegiatan lain atau rehat sejenak untuk menghindari stres.

Baca Juga: Yuk Simak Lima Tips Jitu Meningkatkan Minat Baca Anak

Itulah beberapa informasi mengenai cara mendampingi sang buah hati ketika pembelajaran dari rumah. Selain memberikan arahan, penting bagi orang tua untuk memahami jadwal anak. Hal ini akan memudahkannya mendalami pelajaran yang diberikan oleh guru. Tak hanya itu saja, Anda juga dituntut agar lebih memahami teknologi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran online di masa pandemi yang efektif. Pastikan pendidikan buah hati Anda juga tertunjang di masa pandemi yang tidak menentu ini dengan asuransi perlindungan pendidikan Garda Edu sekarang.