Mobil adalah sebuah kendaraan transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk transportasi sehari-hari, dan menjadi salah satu kebutuhan transportasi bagi banyak orang. Mobil memiliki beberapa sparepart khusus dengan berbagai fungsi dan jenisnya, mulai dari spion mobil, ban, mesin mobil, chasis, breaker mobil dan lain sebagainya.

Klakson mobil adalah salah satu sparepart bagian mobil yang menjadi salah satu bagian yang paling sering, dan paling difavoritkan untuk di modifikasi. Klakson untuk mobil ada berbagai jenis, fungsi, dan juga merek, mulai dari merek ternama klakson untuk mobil, hingga yang jarang diketahui. Untuk fungsinya sendiri, klakson tentu saja berfungsi untuk pemberitahuan mobil lain, dan komunikasi di jalan.

Walaupun terkesan bukanlah terkesan sparepart yang penting, klakson untuk mobil itu sendiri sebenarnya memiliki kegunaan dan fungsi yang penting, yakni sebagai alat komunikasi di jalan, dan penanda bahaya serta keberadaan mobil. Oleh karena itu jangan remehkan untuk kegunaan dari klakson untuk mobil.

Apa Saja Kegunaan Klakson Mobil?

Kegunaan utama dari Klakson mobil adalah sebagai alat pemberitahuan jika ada mobil kita di jalan. Selain itu juga digunakan untuk komunikasi secara tidak langsung antara pengguna mobil dengan pengguna jalan lainnya, dan digunakan juga untuk membuat pengguna jalan lainnya memberikan jalan. Kegunaan klakson jangan di remehkan, karena itulah sangat penting untuk mempunyai klakson.

Untuk itulah, beberapa orang memberikan modifikasi klakson mereka guna untuk mendapatkan klakson yang lebih berkualitas, lebih keras, atau dengan bunyi klakson yang berbeda. Apa saja jenis klakson yang berbeda, dan fungsi dari klakson itu sendiri. Mulai dari klakson udara, dan Klakson arus listrik,

Jenis Klakson Mobil yang Berbeda-Beda

Tidak hanya klakson memiliki bunyi yang berbeda-beda, terdapat juga berbagai Jenis Klakson Mobil yang bervariasi tergantung dari mekanik klakson tersebut, serta bagaimana klakson tersebut bisa menghasilkan suara. Kurang lebihnya, ada dua jenis variasi dari klakson untuk kendaraan mobil, mulai dari klakson udara, dan klakson arus listrik. Klakson arus listrik juga terbagi menjadi dua jenis lagi.

Klakson udara dapat mengeluarkan suara keras yang dihasilkan oleh tekanan udara pada mekanisme klakson. Klakson udara ini, biasanya digunakan untuk kendaraan berat, seperti truk besar, atau bahkan kereta hingga kapal. Cara kerjanya sebenarnya simpel, dengan memasukkan udara ke dalam katup ruangan tertutup, dan memanfaatkan tekanan udara serta resonansi suara.

Klakson arus listrik terbagi menjadi dua, yaitu klakson arus listrik AC atau arus listrik bolak balik, dan arus listrik DC atau arus listrik searah yang memanfaatkan dinamo mobil untuk mendapatkan arus listrik, dan mengubahnya menjadi suara berfrekuensi tinggi, untuk berkomunikasi dengan pengendara mobil lainnya.

*Baca Juga: Penyebab & Cara Mengatasi Storing Audio Pada Mobil

Fungsi Serta Kegunaan Klakson Mobil

Klakson itu sendiri adalah sparepart penting yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor, tidak hanya mobil, tetapi juga motor, terutama kendaraan berat seperti truk dan bis. Klakson untuk mobil adalah sebuah alat pada mobil yang memiliki fungsi untuk membuat suara keras dari mobil, dan berguna sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung dengan para pengguna jalan.

Fungsi Klakson Mobil menjadi alat, serta fitur untuk keselamatan pengguna jalan baik itu untuk mobil, motor, bis, terutama truk. Dengan adannya klakson, akan mengurangi resiko dalam berkendara, mengurangi resiko terjadinya tabrakan kendaraan bermotor.

Semakin besar, serta berat kendaraan, biasanya frekuensi dan tingkat kekerasan suara klakson akan berbeda. Klakson motor didesain untuk tingkat suara menengah, lalu mobil lebih keras dari motor, dan bis ataupun truk haruslah memiliki klakson keras, seperti klakson udara.

Merek Klakson Mobil yang Ada di Pasaran
Ada berbagai merk untuk klakson untuk mobil, dengan spesifikasinya yang berbeda, serta penggunaannya yang berbeda pula. Apa saja merk rekomendasi untuk klakson pada mobil?
1. MPC B1
Klakson merk ini merupakan salah satu klakson jenis klakson udara. Klakson ini menggunakan udara yang terkompresi, dan memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan suara keras.
2. HELLA Twin Horn
Seperti namanya, HELLA twin horn didesain seperangkat kit klakson, dan Anda akan mendapatkan dua klakson kembar sekaligus, satu klakson didesain untuk nada yang tinggi, dan yang satu lagi untuk digunakan nada rendah.
3. Stebel Nautilus Compact Horn
Salah satu jenis klakson mobil pribadi yang paling banyak digunakan didunia, dan menjadi pilihan bagi para pengguna mobil pribadi yang ingin memodifikasi klakson mereka.

*Baca Juga: Komponen Mobil Yang Harus Diperiksa di Musim Hujan

Itulah informasi mengenai klakson mobil, fungsi dan merknya. Pastikan anda sudah melengkapi kendaraan anda dengan baik dan benar. Tidak lupa juga untuk melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil Garda Oto. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan akibat kecelakaan mobil.