Jenis - Jenis Pintu Mobil Beserta Fungsinya

Jenis – Jenis Pintu Mobil Beserta Fungsinya

Komponen mobil semuanya memiliki fungsi-fungsi tertentu. Selain memiliki fungsi, setiap komponen mobil juga menjadi aksesoris yang melengkapi tampilan mobil terlihat indah. Salah satu komponen yang sering Anda gunakan dan bisa Anda lihat dari luar adalah pintu mobil.

Fungsi dari komponen ini yaitu sebagai akses untuk masuk maupun keluar para penumpang dan pengemudi mobil. Komponen yang satu ini berkaitan juga dengan body mobil sehingga komponen yang satu ini juga sering dimodifikasi dan membuat tampilan mobil berubah menjadi berbeda. Jadi seakan-akan jika Anda memodifikasi komponen ini, Anda seperti memiliki mobil yang baru.

Namun tahukah Anda ternyata komponen yang satu ini terdiri dari beberapa jenis loh. Meskipun di negara ini Anda lebih sering melihat pintu mobil yang dibuka secara normal hanya ditarik saja, kenyataannya mobil memiliki beberapa jenis pintu yang beragam.

6 Jenis Pintu Mobil yang Perlu Anda Ketahui!

Meski memiliki fungsi yang sama namun beragam jenis pintu ini juga memiliki nilai seni tersendiri dan membedakan antara mobil yang mewah dan biasa. Jika Anda penasaran apa saja jenis pintu yang ada pada mobil, simak informasinya di bawah ini.

·         Conventional door

Jenis pintu yang satu ini merupakan pintu konvensional yang cukup familiar karena banyak digunakan pada sebagian besar mobil. Mungkin mobil yang Anda punya memiliki jenis pintu yang satu ini. Untuk cara kerjanya pintu ini ditarik seperti biasa, seperti Anda sedang menarik pintu rumah.

Menutupnya pun biasa Anda dapat mendorong pintu ini sampai tertutup namun jangan dibanting terlalu keras. Salah satu alasan pintu ini digunakan di banyak jenis mobil karena untuk pembuatannya memerlukan biaya yang cukup murah. Selain itu pintu ini juga dinilai aman karena jika dalam perjalanan tidak sengaja terbuka maka pintu akan tertutup sendiri karena ada angin.

·         Sliding door

Selanjutnya merupakan jenis sliding door, jenis yang satu ini bisa dikatakan berada di urutan nomor dua paling banyak digunakan setelah conventional door. Pintu mobil memiliki cara kerja yang cukup berbeda dengan conventional door. Jika untuk membuka conventional door ditarik seperti membuka pintu rumah.

*Baca Juga: Begini Cara Mudah Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Sliding door dapat Anda buka dengan menarik ke samping secara horizontal, pintu ini pertama kali digunakan pada mobil Kaiser Darrin. Fungsi dari pintu jenis ini dapat memudahkan Anda ketika Anda harus memarkirkan mobil di lahan yang sempit. Sehingga untuk membukanya Anda tidak membutuhkan ruang yang banyak, karena pintu terbuka hanya dengan cara digeser.

·         Suicide door

Memiliki desain yang cukup unik, penamaannya juga cukup unik. Cara kerja pintu ini kebalikan dari conventional door, cara kerja membuka pintu penumpang ini mengarah ke bagian depan. Sesuai dengan namanya, pintu ini sebenarnya dinilai kurang aman diterapkan karena bila pintu ini tidak ditutup dengan benar akan mudah terbuka dan cukup membahayakan. Oleh karena itu, jika Anda pernah melihat mobil jenis ini, pasti mobil ini digunakan untuk perjalanan santai. Pintu ini dipakai pada Rolls Royce dan Opel.

·         Scissor door

Pintu mobil selanjutnya merupakan jenis yang cukup unik dan dinilai sangat epik karena jenis pintu ini biasa dipakai pada mobil-mobil mewah seperti Lambhorgini, Ferrari dan Mc Laren. Sesuai dengan namanya, gerakan pintu ini memang sangat mirip dengan gunting. Memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan conventional door, namun pintu ini akan terbuka secara vertikal ke atas. Sehingga fungsinya mobil ini juga tidak memerlukan lahan parkir yang luas karena pintu dapat dibuka ke atas.

·         Butterfly door

Jika dilihat dari tampilannya sekilas, jenis pintu yang satu ini sangat mirip dengan scissor door karena bukaannya juga sangat mirip ke atas. Namun kenyataannya jenis pintu yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dengan scissor yaitu setelah dibuka secara vertikal, pintu akan terbuka ke samping. Alasan jenis pintu ini diproduksi karena adanya keluhan pada scissor door yaitu sempitnya akses untuk masuk dan keluar mobil.

·         Gullwing door

Jenis pintu yang satu ini memiliki keunikan karena bisa dibuka sampai bagian atas. Memiliki model pintu yang dibuka secara vertikal namun perbedaannya engsel pintu berada di atap mobil. Jika Anda bayangkan, jenis pintu ini berbentuk seperti sayap seekor burung yang sedang dikepakkan. Jenis pintu ini sangat elegan dan dipakai pada mobil De Lorean, Pagani, dan Mercedes Benz.

*Baca Juga: Remote Pintu Mobil Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Solusinya

Itulah beberapa jenis pintu mobil yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa untuk melindungi mobil Anda dengan asuransi Garda Oto agar selalu #PeaceofMind saat berkendara. Tidak perlu pusing karena Garda Oto dapat memberikan layanan Garda Siaga yang akan selalu siap ketika terjadi emergency kapan pun dan dimana pun.