Mengetahui mobil yang Anda sayangi tergores dalam tentu sangat menyebalkan karena dapat membuat tampilan mobil Anda menjadi jelek, pada kondisi ini ada banyak cara menghilangkan baret mobil yang dalam yang bisa pemilik mobil lakukan.

Salah satu cara menghilangkan baret mobil yang dalam yang bisa pemilik mobil lakukan adalah dengan  membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk segera dilakukan coating. Meski begitu, ada biaya yang cukup mahal yang perlu Anda bayarkan untuk membuat mobil kesayangan Anda kembali mulus tergantung dari jenis coating, jenis mobil, bagian mobil yang ingin di-coating, dan bengkel mana yang Anda pilih.

Bodi mobil yang tergores dalam seharusnya tidak perlu terlalu membuat Anda khawatir bahkan panik. Karena selain Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan coating, Anda juga bisa menghilangkan baret mobil yang dalam dengan cara yang lebih murah dan efektif dibanding harus mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk coating di bengkel terdekat.

Penyebab Umum Baret pada Mobil

Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan baret mobil yang dalam dengan mudah. Setiap pemilik mobil di luar sana perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab umum baret pada mobil berikut ini.

  1. Mencuci Mobil dengan Cara yang Salah

Cara mencuci mobil yang salah dapat membuat mobil Anda tergores. Hal ini bisa diakibatkan dari penggunaan peralatan cuci mobil yang tidak dianjurkan.

Kesalahan umum yang sering terjadi ketika pemilik mobil sedang mencuci mobil adalah mereka tidak memperhatikan spons atau kain yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan mobil.

Baret pada mobil bisa disebabkan karena Anda menggunakan spons yang terbuat dari bahan kasar dan menggunakan kain lap kasar saat mengeringkan mobil.

  1. Cat Mobil Sudah Usang

Usia cat mobil yang sudah usang adalah salah satu penyebab umum baret pada mobil. Usia cat yang sudah usang membuat cat mobil Anda semakin tipis dan memudar. Pada kondisi ini, cat mobil akan lebih mudah tergores atau terkena baret oleh debu maupun kotoran.

  1. Terkena Kerikil

Batu kerikil sering kali menjadi biang kerok yang dapat menyebabkan mobil Anda tergores. Hal ini bisa terjadi ketika mobil Anda sering melewati kondisi jalanan yang belum diaspal.

  1. Jarang Mencuci Mobil

Debu atau kotoran yang terlalu lama menempel di bodi mobil Anda bisa menyebabkan cat mobil menjadi lebih cepat memudar dan kusam. Jika cat mobil Anda sudah mulai memudar, debu atau kotoran yang terkena bodi mobil akan lebih mudah menggores cat mobil Anda.

Jenis-jenis Baret pada Mobil 

Goresan atau baret yang sering terjadi pada bodi mobil bisa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu baret halus, baret sedang, dan baret dalam. Ini dia masing-masing pengertiannya:

  1. Baret Halus (Clear Coat Scratch)

Baret halus pada mobil adalah jenis baret yang paling mudah untuk Anda hilangkan. Hal ini dikarenakan baret halus hanya menggores lapisan atas pernis dan bisa segera Anda hilangkan dengan menggunakan obat poles.

  1. Baret Sedang (Color Coat Scratch)

Anda bisa mengetahui jenis baret ini dengan mudah dengan merabanya dengan kuku. Baret sedang pada mobil masih dihilangkan jika goresannya belum sampai ke lapisan cat. Namun, jika goresannya sudah sampai merusak lapisan cat. Anda tidak bisa menghilangkan bekas baret tersebut dan hanya bisa menyamarkannya dengan obat poles.

  1. Baret Dalam (Prime Coat Scratch)

Ciri-ciri jenis baret dalam adalah bekas baret pada mobil sudah terlihat sangat dalam hingga menggores lapisan cat primer. Pada kondisi ini, baret dalam pada mobil bisa Anda hilangkan dengan melakukan pengecatan ulang di bagian mobil yang tergores.

Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam Tanpa ke Bengkel 

Bagi pemilik mobil yang ingin menghilangkan baret dalam pada cat mobil, namun memiliki keterbatasan biaya untuk membawa mobil ke bengkel cat mobil terdekat. Anda bisa menghemat biaya coating yang cukup mahal di bengkel dengan menggunakan cara murah dan efektif berikut ini untuk menghilangkan baret mobil yang dalam.

  1. Menggunakan Obat Poles Berjenis Wax

Terdapat 2 jenis wax, yaitu wax cair dan wax padat. Untuk wax padat, jenis wax ini digunakan untuk menyamarkan baret mobil yang dalam. Sementara untuk wax cair, jenis wax ini digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil namun sebaiknya Anda tidak menggosok wax cair terlalu keras agar baret pada mobil tidak bertambah.

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Selain obat poles berjenis wax, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang tersedia di rumah. Anda bisa mengoleskan pasta gigi secukupnya ke bagian mobil yang tergores dalam dengan menggunakan kain basah. Selanjutnya, Anda bisa menggosoknya dengan gerakan melingkar.

Perlu Anda ketahui bahwa kedua cara menghilangkan baret mobil yang dalam di atas hanya bisa menyamarkan bekas baret pada bodi mobil saja. Tentu berbeda halnya jika Anda melakukan coating di bengkel cat mobil dengan kualitas dan hasil yang pasti lebih maksimal untuk menghilangkan bekas baret pada mobil kesayangan Anda.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto 

Membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan coating adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan baret dalam pada mobil Anda secara maksimal. Meski begitu, ada biaya coating yang cukup mahal yang perlu Anda bayarkan per panel.

Tentu sebagai pemilik mobil, Anda pasti tidak mau jika mobil yang sudah dicat coating tersebut kembali mengalami kerusakan lain yang membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal.

Inilah alasan mengapa setiap pemilik mobil sebaiknya memiliki asuransi mobil terbaik yang bertujuan untuk menjaga nilai kendaraan dari kerusakan dan mengurangi risiko biaya perbaikan selama berkendara. Terdapat pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang bisa dipilih oleh pemilik mobil yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.