Manakah yang Lebih Unggul SOHC vs DOHC? Yuk Cek Disini!

Manakah yang Lebih Unggul SOHC vs DOHC? Yuk Cek Disini!

Bagi para pecinta otomotif, pastinya sudah sangat familiar dengan istilah SOHC ataupun DOHC. Dimana keduanya ini merupakan tipe engine yang acap kali diterapkan pada kendaraan roda empat. Bahkan tak sedikit orang pula yang sering membandingkan antara kedua tipe mesin ini. Lantas manakah yang jauh lebih unggul antara SOHC vs DOHC? Simak ulasannya berikut.

Perbedaan Antara SOHC dan DOHC

Perlu anda ketahui, bila SOHC merupakan singkatan dari Single Over Head Camshaft yang berarti hanya terdapat satu noken as pada engine kendaraan roda empat. Umumnya, mesin segaris memang kerap kali hanya memiliki satu noken as atau disebut dengan single camshaft. Sementara mesin datar yang konfigurasinya V dibekali dua noken as pada setiap silindernya.

Biasanya, single camshaft tersebut berada di tengah silinder head. Tak ayal bila mayoritas engine SOHC hanya memiliki dua katup saja. Dimana di masing masing katup tersebut mengemban tugas yang berbeda, yaitu satu berfungsi untuk mengatur bahan bakar yang masuk dan yang lainnya berguna untuk mengatur keluar semburan gas buang.

Sebetulnya, SOHC vs DOHC ini memiliki peranan yang sangat penting untuk bahan bakar pada engine kendaraan roda empat. Akan tetapi, karena SOHC hanya dibekali satu buah noken as saja sehingga dapat dipastikan bila komponen pendukungnya pun hanyalah sedikit dibandingkan DOHC. Jumlah part yang sedikit ini pula, menyebabkan biaya produksi dan perawatannya cukup terjangkau.

Sementara DOHC sendiri merupakan akronim dari Dual Over Head Camshaft, yang mana memiliki dua noken as pada mekanikal pacunya. Di dalam satu piston terdapat dua camshaft atau noken yang masing masingnya menggerakkan dua katup sekaligus. Dimana satu buahnya mengemban tugas guna mengatur dua katup layaknya pintu masuk campuran bensin dan udara menuju ruang bakar.

Bagian yang lainnya memiliki fungsi yakni menata bukaan dua katup guna jalur keluarnya gas buang pada engine kendaraan roda empat. Berkat adanya dua katup tersebut, membuat kapasitas campuran bensin dan udara menuju bahan bakar lebih banyak. SOHC vs DOHC pula bisa dilihat dari keunggulan DOHC yang menjadikan engine lebih dingin melalui distribusi operasi yang sama.

Manakah yang Lebih Unggul Antara SOHC dan DOHC?

Bila dilihat dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa baik itu engine DOHC maupun SOHC keduanya memiliki prinsip yang sama yakni mengatur buka tutup klep untuk jalur bahan bakar. Akan tetapi, agar bisa memperoleh tenaga dan torsi yang maksimal antara keduanya banyak dipengaruhi oleh beragam faktor, misalnya besaran diameter klep, diameter dan panjang langkah piston, dan lainnya.

Sebetulnya, empat katup yang dimiliki pada engine DOHC mampu membuatnya lebih banyak tenaga yang diperlukan guna mengatur kedua katupnya. Sehingga semakin banyak power yang digunakan membuat konsumsi bahan bakarnya pun lebih besar pula. Jadi bisa dikatakan bila mesin antara SOHC vs DOHC, SOHC cukup efisien dari sisi bahan bakarnya.

Bila anda menginginkan kendaraan kesayangan yang irit dan mudah perawatannya, sebenarnya memilih SOHC adalah pilihan tepat. Akan tetapi, DOHC pula memiliki keunggulan jika anda ingin kendaraan kesayangan memiliki performa tinggi dan powerful. Semua pilihan ini sebenarnya berada di tangan anda, sebab keduanya memiliki keunggulan serta kelemahan masing masing.

Dengan mengetahui perbedaan kendaraan SOHC dan DOHC, Anda dapat mnegetahui kendaraan sesuai kebutuhan Anda.  Setelah mengetahui kendaraan jenis apa yang akan Anda pilih, jangan lupa nantinya untuk mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto untuk memberikan perasaan aman dan nyaman selama Anda berkendara. Garda Oto hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda. Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto Digital melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel, sehingga akan menghemat waktu Anda saat bepergian atau urusan pekerjaan.Tak hanya itu, Garda Oto pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan. Dengan memasukan Kode Promo: GODigital, pelanggan akan mendapatkan berbagi hadiah menarik. Serta jika Anda membeli Garda Oto  Anda mendapatkan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. Anda dapat mengecek harga premi untuk kendaraan Anda disini. #PeaceofMind