Mengenal Fungsi Sistem Suspensi Pada Kendaraan Roda Empat

Mengenal Fungsi Sistem Suspensi Pada Kendaraan Roda Empat

Sistem suspensi mobil bertanggung jawab untuk memperlancar perjalanan dan menjaga kendali kendaraan roda empat. Secara spesifik, sistem tersebut akan meredam gesekan jalan raya dan ban untuk memberikan stabilitas handling dan kemudi yang baik. Lantas apa saja fungsi sistem suspensi pada mobil yang lainnya? Daripada penasaran, simak informasi lengkapnya seperti berikut ini.

Mengenal Apa Itu Suspensi Pada Kendaraan Roda Empat

Sistem suspensi pada kendaraan roda empat merupakan salah satu elemen terpenting untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Komponen tersebut terintegrasi untuk membatasi dampak kondisi jalan tertentu pada mobil. Caranya adalah meredamkan goncangan maupun getaran ketika berkendara. Sehingga, mobil lebih stabil saat dikendarai melewati berbagai medan. Sistem suspensi terdiri dari beberapa komponen, termasuk sasis, yang menahan kabin mobil. Pegas menopang bobot kendaraan dan menyerap serta mengurangi energi berlebih dari guncangan jalan raya, bersama dengan peredam kejut dan penyangga. Komponen selanjutnya yaitu anti-sway bar yang berfungsi untuk menggeser pergerakan roda dan menstabilkan mobil. Suspensi pada kendaraan roda empat anda harus dipastikan dalam kondisi baik. Sebab, fungsi sistem suspensi yang aus dapat mengurangi stabilitas kendaraan dan mengurangi kontrol pengemudi, serta mempercepat keausan pada komponen sistem suspensi lainnya. Mengganti guncangan dan struts yang aus atau tidak memadai akan membantu mempertahankan kontrol pengendaraan yang baik.

Fungsi dari Komponen Sistem Suspensi yang Penting Untuk Diketahui

Komponen suspensi terletak di antara kerangka mobil dan keempat rodanya. Sistem tersebut sengaja dirancang untuk menahan guncangan dan getaran dari permukaan jalanan ayang rata maupun tidak. Dengan begitu, kendaraan roda empat menjadi lebih stabil saat anda kemudikan. Tidak hanya itu saja, kestabilan mobil ini juga akan memberikan kenyaman pada penumpang di dalamnya. Komponen yang mendukung suspensi ini bekerja dengan baik yaitu stabilizer, shock absorber, dan pegas. Dengan adanya komponen tersebut, maka barang dan penumpang yang ada di dalamnya tetap aman dan terkendali. Sebenarnya selain dapat meredam getaran atau guncangan pada kendaraan, fungsi sistem suspensi ini dapat membantu kinerja komponen mobil lainnya.  Suspensi berguna untuk menopang kerangka pada axle kendaraan roda empat anda. Selain itu komponen tersebut juga menjaga agar kedudukan roda mobil anda tetap stabil dan berada di tempatnya seperti semula jika mengalami pergeseran. Tidak berhenti sampai disitu saja, fungsi suspensi juga berguna untuk memindahkan gaya pengereman pada manuver mobil.

Cara Kerja Komponen Suspensi Pada Kendaraan Roda Empat yang Wajib Anda Tahu

Komponen pada sistem suspensi yang dapat meredakan getaran dan benturan yaitu pegas. Cara kerja elemen ini menyerap guncangan yang nantinya akan diteruskan ke badan mobil secara langsung. Selain itu, bentuk dari komponen ini yaitu seperti spiral yang akan menambah fungsi sistem suspensi kemampuan cengkram ban terhadap permukaan jalan yang kurang merata saat digunakan berkendara. Berbagai komponen yang ada di kendaraan roda empat berfungsi sebagai penyerap getaran dan guncangan agar kinerja mobil lebih stabil. Mengingat pentingnya sistem suspensi, maka anda harus merawatnya secara berkala. Hal ini bertujuan supaya suspensi bekerja sesuai dengan fungsinya, baik ketika anda sedang berkendara di jalanan rata maupun bergelombang.

Bagaimana? Sudah mengenal fungsi sistem suspense pada kendaraan roda empat? Jika sudah paham sebaiknya Anda juga harus persiapkan segala risiko saat berkendara dengan memiliki Asuransi kendaraan. Anda bisa menggunakan asuransi mobil dari Garda Oto, yang dapat dibeli melalui gardaoto.com. Selain itu pembelian asuransi Garda Oto juga dapat dilakukan melalui mobile apps Garda Mobile Otocare. Kemudian bagi para pengguna Garda oto, bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik, hanya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang akan melayani anda 24 jam. #PeaceofMind bersama Garda Oto.