Yuk Intip 4 Cara Berkendara yang Baik dan Aman

Yuk Intip 4 Cara Berkendara yang Baik dan Aman

Kini kendaraan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan manusia. Lantaran kendaraan kerap kali dimanfaatkan untuk memudahkan mobilitas. Jadi tak ayal bila sebagian besar orang telah memiliki kendaraan pribadi terutama roda dua. Tapi ketika mengemudikannya tidak boleh sembarang, anda perlu memperhatikan cara berkendara yang baik berikut.

Tips Berkendara yang Baik

  1. Mempersiapkan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan kesayangan, hal pertama yang harus dilakukan yakni mempersiapkan kendaraan dengan baik. Pastikan anda memeriksa segala komponennya apakah masih berada dalam kondisi baik baik saja atau tidak. Mulai dari ban, kaca spion, speedometer, bensin, dan komponen engine lainnya.

Bila sebelumnya anda merasakan ada hal yang janggal pada kendaraan tercinta, maka segeralah perbaiki agar tidak memberikan dampak yang membahayakan bagi keselamatan anda kelak. Bukan hanya perkara kendaraan semata, badan anda pula harus dipastikan berada dalam kondisi sehat. Pasalnya, bila kondisi kendaraan baik namun kesehatan memburuk akan berbahaya terlebih bagi pengendara kendaraan roda dua.

  1. Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Cara berkendara yang baik selanjutnya yakni menggunakan segala perlengkapan keselamatan. Pastinya semua orang telah mengetahui, bila sebelum melakukan perjalanan hendaknya memperhatikan perlengkapan yang akan digunakan. Karena hal semacam ini sangat penting untuk menjaga keselamatan serta memberikan kenyamanan ketika mengemudikan kendaraan.

Pemerintah telah menetapkan berbagai perlengkapan keselamatan berkendara diantaranya, jaket, helm, celana panjang, masker, sarung tangan, dan sepatu. Usahakan untuk mengenakan semua perlengkapan keselamatan tersebut setiap kali melakukan perjalanan. Bila perlu anda pun bisa memberikan perlengkapan tambahan demi meminimalisir adanya kecelakaan.

  1. Sikap Berkendara yang Baik

Ketika mengemudikan sepeda motor, alangkah baiknya jika anda memiliki sikap berkendara yang baik. Maksud dari sikap yang baik yakni duduk di atas jok kendaraan roda dua dengan posisi yang tegak lurus namun tetap santai. Ternyata cara berkendara yang baik dengan duduk yang sesuai ini nantinya mempengaruhi kualitas mengemudi seseorang.

Sehingga, pastikan bahwa posisi duduk anda telah nyaman. Selain itu, usahakan pandangan mata tetap ke depan danĀ  hindari mengangkat kedua kaki ke tempat lain karena alasan tertentu. Anda pula harus menghindari tidak membonceng lebih dari satu orang dan tidak membawa barang bawaan yang berat, karena akan membahayakan ketika berkendara di jalanan ramai.

  1. Menjaga Jarak Ketika Berkendara

Ketika berkendara di jalanan, pastikan pula bahwa anda menggunakan kecepatan tertentu dalam setiap kondisi. Aturlah kecepatan sesuai kondisi jalanan yang ada. Jangan sekali kali melajukan kendaraan dengan kecepatan penuh, bila kondisi jalanan sedang penuh sesak. Selain itu, berikan jeda atau jarak dengan kendaraan yang di depan maupun samping.

Menjaga jarak antar kendaraan akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan atau tabrakan lantaran pengereman yang mendadak. Agar hal ini bisa diminimalisir dengan baik, sebagai pengendara yang cerdas hendaknya anda mengamati kecepatan berkendara dan menerapkan cara berkendara yang baik satu ini setiap kali melakukan perjalanan.

Setiap kali mengemudikan kendaraan kesayangan, pastinya anda ingin bisa mencapai tempat tujuan dengan selamat baik itu menggunakan roda dua maupun roda empat. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan beragam tips berkendara yang aman dan nyaman yang telah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk selalu fokus dan mematuhi rambu lalu lintas.

Kejadian tidak menyenangkan di jalan bisa terjadi kapan saja, ini lah alasannya mengapa kita perlu perlindungan diri sebagai jaminan dari risiko kecelakaan. Apalagi bagi yang memiliki mobilitas tinggi, asuransi kecelakaan diri sangat diperlukan. Asuransi kecelakaan diri menjamin risiko dari kecelakaan yang mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja. Walaupun Anda sudah sangat berhati-hati dalam bekerja, ada saja berbagai faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan di sekitar Anda.

Lindungi dirimu dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Garda Me memberikan perlindungan bagi diri atas kecelakaan diri. Bebas tentukan nilai premi atau limit manfaat sesuai kebutuhan. Dapatkan diskon 15% untuk perlindungan diri dari Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me dengan premi mulai Rp50.000/tahun dan nilai pertanggungan hingga Rp75.000.000.. #PeaceofMind