Mengintip Fungsi Stabilizer Mobil Saat Berkendara

Mengintip Fungsi Stabilizer Mobil Saat Berkendara

Ketika kendaraan roda empat berjalan, maka terdapat goncangan dan tekanan. Untuk menahan masalah tersebut, mobil memiliki salah satu bagian bernama stabilizer. Sistem stabilizer inilah yang menunjang kenyamanan anda ketika berkendara. Lantas apa saja fungsi stabilizer mobil saat berkendara lainnya? Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Komponen Stabilizer yang Ada di Kendaraan Roda Empat

Kendaraan roda empat mempunyai berbagai komponen yang mendukung kinerjanya. Salah satu komponen yang sangat penting yaitu sistem suspensi. Dalam bagian ini terdapat stabilizer bar yang digunakan untuk menstabilkan mobil, meningkatkan daya cengkram ban dan lain sebagainya jika digunakan berkendara.

Komponen yang satu ini biasanya sudah tersemat dalam kendaraan roda empat. Akan tetapi sebagian lainnya masih belum memiliki komponen tersebut. Maka dari itu, sebagian modifikator menambah stabilizer bar pada suspensi kendaraan roda empat agar lebih stabil dan nyaman jika digunakan berkendara.

Komponen stabilizer memiliki beberapa jenis dalam melakukan tugasnya. Terdapat tiga macam yang paling utama pada komponen tersebut, yaitu strut bar, front lower bar, rear lower bar, anti roll bar, dan sway bar. Ketiga komponen tersebut membantu fungsi stabilizer mobil agar lebih stabil ketika bermanuver dan melewati berbagai medan.

Komponen stabilizer pertama dikenal sebagai strut bar. Pemasangan strut bar atau yang disebut dengan front bar pada kendaraan roda empat berfungsi menambah kestabilitasan mobil ketika berkendara, terutama di jalan tikungan. Saat kendaraan roda empat melewati belokan, maka akan muncul tekanan dari permukaan jalan.

Seringkali kendaraan mengalami understeer maupun oversteer ketika melakukan gerakan cepat. Gejala oversteer ini merupakan kondisi ban mobil depan yang kehilangan gaya gesek maksimum dengan permukaan jalan. Sedangkan oversteer adalah keadaan ban belakangan yang kehilangan gaya cakramnya ketika berkendara.

Kendaraan yang mengalami oversteel biasanya terjadi pada mobil yang memiliki penggerak roda belakang atau yang disebut dengan RWD. Sementara itu understeer akan dialami oleh kendaraan roda empat yang memiliki penggerak roda depan atau FWD. Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka digunakan fungsi stabilizer mobil anti roll ball yang dipasang di suspensi belakang.

Manfaat dan Cara Kerja Komponen Stabilizer Pada Kendaraan Roda Empat

Sesuai dengan namanya, stabilizer berfungsi untuk menstabilkan kendaraan ketika dikendarai. Untuk mendukung kinerjanya, stabilizer didesain dengan batang yang kuat agar tidak cepat mengalami kerusakan. Selain itu, stabilizer akan menjaga mengurangi kemiringan pada kendaraan roda empat yang disebabkan gata sentrifugal ketika melakukan manuver.

Cara kerja komponen stabilizer bar akan terjadi ketika roda kiri dan kanan kendaraan roda empat bergerak ke bawah dan ke atas secara bersama. Sementara itu ketika mobil sedang bermanuver atau berbelok, maka pegas tersebut akan mengalami tekanan dan pegas roda bagian dalam menjadi lebih mengembang. Sehingga fungsi stabilizer mobil sebagai penstabil tekanan tersebut.

Itulah ulasan mengenai komponen stabilizer bar yang ada pada kendaraan roda empat. Untuk melakukan kerjanya, stabilizer juga dilengkapi beberapa bagian pendukung, seperti strut bar, front bar, rear lower bar, hingga roll bal. Dengan begitu stabilizer akan menjaga kendaraan dalam kondisi stabil ketika berbelok atau bermanuver.

Itulah cara kerja dan manfaat stabilizer pada mobil. Jangan lupa untuk berikan perlindungan yang maksimal untuk kendaraan Anda dengan mengasuransikan kendaraan demi terhindar dari kecelakaan ataupun kerugian lainnya. Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan dari Garda Oto, yang kini dapat dibeli melalui Garda Oto Digital. Garda Oto Digital merupakan salah satu bentuk layanan dari Asuransi Astra untuk pembelian asuransi mobil Garda Oto yang dapat memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Selain itu pembelian asuransi Garda Oto juga dapat dilakukan melalui layanan baru kami yaitu GarXia yang bisa anda temukan di dalam Garda Mobile Otocare. GarXia, yang merupakan virtual assistant berupa chatbot pertama di Indonesia yang dapat melayani pelanggan dalam proses pembelian asuransi Garda Oto, sehingga Anda akan #makingampang dalam memperoleh produk asuransi Garda Oto dan merasakan seluruh manfaat dari produk kami tersebut. Kemudian bagi para pengguna Garda oto, bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik, hanya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang akan melayani anda 24 jam. #PeaceofMind