Remote Pintu Mobil Tidak Berfungsi? Ini Penyebab serta Solusinya

Remote Pintu Mobil Tidak Berfungsi? Ini Penyebab serta Solusinya

Apabila dahulu mengunci mobil hanya bisa dilakukan secara manual  saja, maka seiring berkembangnya teknologi kunci mobil digantikan dengan menggunakan remote. Remote ini bisa digunakan untuk membuka dan menutup mobil. Sayangnya, seringkali pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote. Lantas apa saja penyebabnya? Yuk simak ulasan berikut beserta solusinya.

Penyebab Pintu Kendaraan Roda Empat Tidak Dapat DiBuka dengan Remote

Pada umumnya penyebab kendaraan roda empat tidak dapat berfungsi dikarenakan beberapa aspek. Tetapi anda tidak usah khawatir karena terdapat banyak solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Sebab seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, remote mobil juga dilengkapi berbagai macam fitur untuk bisa membantu anda mengatasinya.

Remote yang memiliki fitur standar keluaran kendaraan roda empat teranyar sangat membantu sesuai dengan keinginan pemilik mobil. Sayangnya seringkali remote mobil kehilangan kendali bahkan mengalami kerusakan lainnya dan tidak bisa membuka pintu kendaraan anda. Maka dari itu, langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengatasinya dengan kepala dingin dan mencari tahu penyebabnya.

Ketika mobil pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote, penyebab utamanya bisa jadi baterai remotenya habis. Salah satu ciri yang bisa anda ketahui yaitu lampu tidak menyala ketika anda mencoba menekan tombol.  Pasalnya, baterai merupakan sumber utama remote kendaraan roda empat untuk menjalankan fungsinya dalam membuka atau menutup pintu mobil.

Selain kehabisan baterai, bisa jadi remote mobil mengalami kerusakan. Apabila remote mobil tidak dapat digunakan membuka pintu kendaraan roda empat anda, kemungkinan terjadi error. Sama seperti baterai yang sudah habis, pada kerusakan remote juga ditandai dengan lampu yang ada pada bagian remote yang tidak menyala.

Apabila anda sudah berusaha mengganti remote dengan baterai baru dan masih saja tidak berfungsi, bisa jadi remote mengalami kerusakan. Kerusakan yang membuat pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote bisa disebabkan beberapa hal, seperti sering tertekan, atau terjatuh dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya cek penggunaan remote kendaraan roda empat agar berfungsi dengan tepat.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pintu kendaraan roda empat anda tidak dapat dibuka dengan menggunakan remote bisa jadi karena receiver mobil yang tidak berfungsi. Fungsi dari komponen tersebut adalah sebagai penerima gelombang yang diberikan remote. Kemudian, komponen receiver akan menerjemahkan perintah tersebut. Baik itu perintah untuk membuka atau menutup kunci mobil.

Solusi Mengatasi Masalah Pintu yang Tidak Dapat Dibuka Menggunakan Remote

Jika receiver mobil yang mengalami kerusakan, maka sebaiknya anda memperbaikinya ke bengkel terdekat. Adapun penyebab pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote karena frekuensinya terganggu. Sebab area dengan gelombang elektromagnetik bisa berpengaruh pada kinerja remote mobil. Maka dari itu sebaiknya anda segera menghindar dari lokasi frekuensi tersebut.

Penyebab pintu kendaraan yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan remote dapat terjadi ketika remote mengalami masalah. Hal ini dapat disebabkan oleh baterai remote yang habis, atau mengalami kerusakan, terganggunya frekuensi remote, hingga yang paling parah adalah receiver mobil bermasalah. Untuk mengatasinya jangan panik, bergegaslah mencari solusi memperbaiki sendiri atau membawa ke bengkel.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab remote mobil tidak berfungsi, ada baiknya bila terus memperhatikan kondisi mobil Anda agar selalu terjaga. Selain itu jika Anda mengalami masalah darurat di jalan seperti pintu mobil terkunci ataupun aki mobil Anda tidak berfungsi dengan normal sehingga Anda tidak dapat menyalakan kendaraan, Anda dapat menghubungi Garda Siaga dari Asuransi Astra yang selalu siap membantu Anda 24 jam. #PeaceofMind