Mobil yang Baik Tentu Tidak Memiliki Kebocoran Mesin

By | 2019-07-09T14:02:11+00:00 9 Juli, 2019|Categories: Blog|

Mobil merupakan alat transportasi yang terdiri dari komponen mesin yang beragam ditambah cairan yang membuat mesin bisa bekerja dengan baik. Tentu saja mobil berpotensi mengalami kebocoran seiring lama penggunaannya, maka dari itu perlu dilakukan perawatan secara berkala agar tidak menyebabkan hal yang lebih parah dan berbahaya bagi mobil Anda.

Untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran mesin pada mobil, Anda bisa melihatnya dengan cara membiarkannya beberapa saat. Perhatikan bagian bawah mobil, apakah terdapat bekas tetesan cairan atau tidak? Ada beragam jenis kebocoran yang bisa terjadi pada kendaraan mobil, mulai dari kebocoran oli, minyak rem, transmisi, pendingin, bahan bakar, kebocoran shock breaker, dan cairan power steering. Ciri-ciri dari kebocoran ini pun berbeda-beda, namun Anda masih bisa mendeteksinya.

Apabila Anda perhatikan jika pada bagian velg mobil Anda terdapat cairan aneh padahal mobil sudah lama tidak terkena air, itu bisa berarti bahwa mobil Anda mengalami kebocoran pada minyak rem ataupun kalipernya dan akan menyebabkan rem blong. Pastikan untuk mengecek apakah benar mobil Anda mengalami kebocoran tersebut dengan menginjak pedal rem. Apabila pedal rem terasa lebih lembut dari biasanya, bisa jadi kebocoran memang terjadi pada mobil Anda. Kemudian, untuk kebocoran mesin pendingin bisa Anda amati dengan cara yang mudah, namun tetaplah berhati-hati karena kebocoran ini sebagian besar terjadi ketika mesin sedang beroperasi. Sedangkan, untuk mengecek kebocoran pada power steering-nya bisa diamati dari bagian tangki dan pompanya, di mana cirinya terlihat ada noda maupun cairan.

Bila Anda memang kurang memahami bagaimana cara memperbaiki kendaraan, ada baiknya Anda segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan yang lebih menyeluruh.

Perlindungan asuransi mobil akan membuat Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan peace of mind. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto Digital, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tune-up Pada Mobil?