Oli Gardan: Pengertian dan Manfaatnya untuk Mobil Matic

Oli Gardan: Pengertian dan Manfaatnya untuk Mobil Matic

Sebuah kendaraan tentu membutuhkan yang namanya oli. Hal ini agar mesin-mesin pada kendaraan dapat bekerja dengan maksimal dan bertahan lebih lama. Tanpa adanya oli, maka komponen mesin akan cepat rusak karena tidak ada pelumas yang menjaga komponen dalam mesin.

Oli sendiri ada berbagai macam jenisnya, seperti oli mesin yang merupakan oli utama untuk semua jenis mobil. Ada juga oli gardan yang merupakan oli khusus mobil matic atau injeksi. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin, agar gesekan yang terjadi di dalam mesin bisa berjalan dengan baik. Sehingga komponen mesin bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah panas atau rusak.

Apa Itu Oli Gardan?

Oli gardan adalah oli khusus untuk kendaraan motor atau mobil jenis matic. Pelumas ini dibutuhkan untuk komponen transmisi otomatis, agar gesekan komponen mesin bisa berjalan dengan lancar.

Penggantian oli mesin maupun gardan, memiliki jadwal pergantian yang berbeda. Oli mesin membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk masa pergantiannya.

*Baca Juga: Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan Agar Tidak Keliru

Letak box gardan sendiri terletak di bagian dalam mesin yang jauh dari posisi pembakaran mesin utama, sehingga oli ini lebih awet dan tidak cepat panas. Maka dari itu oli bisa diganti dalam kurun waktu yang relatif lama. Biasanya oli ini bisa diganti dalam waktu 3 bulan sekali.

Namun perlu juga memperhatikan keadaan oli, misal ketika kondisi oli sudah mengental dan berubah warna menjadi coklat susu karena banyaknya kotoran, itu menandakan bahwa oli harus segera diganti. Kotoran yang masuk akan menghambat kinerja mesin transmisi otomatis, sehingga oli sudah waktunya diganti agar kinerja mesin lebih baik.

Manfaat Oli Gardan

Oli merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Hal itu penting, karena oli memiliki peran penting dalam menjaga mesin agar lebih awet dan tidak cepat panas. Oli gardan memiliki beberapa manfaat jika diganti dengan rutin, yang diantaranya:

  • Komponen transmisi lebih awet

Kegunaan oli ini adalah sebagai pelapis bagian transmisi otomatis kendaraan matic. Dengan lapisan yang dibuat, akan membuat mesin transmisi tidak cepat panas. Sehingga komponen akan lebih awet karena tidak terjadi overheat.

Ini merupakan manfaat utama dari oli bagi mesin mobil matic. Dengan adanya oli, maka mesin transmisi otomatis akan berjalan dengan baik dan tahan lama.

  • Transmisi lebih lancar

Oli merupakan cairan yang digunakan sebagai pelumas pada sistem transmisi. Dengan adanya pelumas ini, maka transmisi di kendaraan matic akan lebih halus dan lancar. Perpindahan kecepatan pada transmisi akan lebih lancar.

Sehingga ketika sedang berkendara, mobil akan terasa halus dan juga meredam suara mesin pada saat sedang berjalan atau berkendara.

Akibat Jarang Mengganti Oli Gardan

Jika rutin mengganti oli gardan, maka akan mendapatkan manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, jika kondisi oli sudah kental dan kotor tetapi tidak segera diganti maka akan memiliki dampak pada sistem transmisi yang diantaranya:

  • Suara mesin kasar

Hal yang umum terjadi jika tidak rutin mengganti oli adalah menjadikan suara mesin kasar. Jika mobil dipacu dengan kecepatan yang lebih tinggi, maka suara akan lebih keras lagi.

Suara kasar terjadi karena pelumas yang ada di sistem transmisi tidak ada atau sudah kotor. Gesekan komponen menjadi tidak berjalan dengan mulus dan menimbulkan suara pada mesin. Bukan hanya menimbulkan suara yang kasar, mesin juga akan mudah panas dan sudah pasti akan membuat umur komponen lebih pendek.

  • Tidak nyaman

Bukan hanya suara mesin yang kasar, tetapi kendaraan juga akan lebih banyak bergetar karena tidak rutin mengganti oli. Gesekan yang terjadi karena tidak adanya pelumas membuat mesin transmisi bekerja lebih keras.

Getaran yang ditimbulkan oleh transmisi otomatis akan membuat kamu merasa tidak nyaman pada saat berkendara. Hal ini tentunya harus di perbaiki dengan cara mengganti oli.

  • Kerusakan komponen transmisi otomatis

Apabila oli tidak rutin diganti, hal yang paling fatal adalah terjadinya kerusakan pada komponen transmisi otomatis kendaraan matic. Dimulai dari suara mesin yang kasar karena tidak ada pelumas, membuat komponen bekerja dan menjadi lebih cepat panas.

Komponen yang menjadi panas atau overheat akan membuatnya cepat rusak. Kerusakan pada komponen jika dibiarkan terus menerus, bisa mengakibatkan turun mesin yang sudah pasti akan membutuhkan biaya perbaikan lebih besar.

Tips Mengganti Oli Gardan

Mengganti oli perlu dilakukan dengan rutin agar komponen mesin bisa bekerja dengan baik dan lebih awet. Berikut tips mengganti oli yang benar agar hasil lebih optimal.

  • Tempat rata

Pergantian oli diusahakan di tempat yang rata, agar proses pergantian dapat dilakukan dengan mudah dan juga lebih optimal.

  • Keluarkan oli lama

Sebelum mengisi oli gardan yang baru, Anda harus mengeluarkan terlebih dahulu oli garden yang lama. Keluarkan oli lama hingga benar-benar bersih sebelum memasukkan oli yang baru.

Hal itu bertujuan agar sisa oli yang sudah kotor tidak ada lagi di dalam komponen mesin transmisi. Sehingga oli yang ada hanyalah oli yang baru yang masih memiliki kualitas bagus sehingga berdampak bagus juga untuk mesin.

*Baca Juga: Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan yang Perlu Diketahui

Nah, Anda perlu tahu jika asuransi mobil untuk saat ini diperlukan untuk pemilik kendaraan. Garda Oto adalah salah satu perusahaan asuransi yang memberikan jaminan untuk para pengendara agar bisa menjaga mobil secara jangka panjang. Produk asuransi mobil ini menjamin keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Dengan jenis pertanggungan, seperti Total Loss Only menjamin Total Loss Accident + Total Loss Stolen dan Comprehensive menjamin Partial Loss + Total Loss.