Pahami Jaminan Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive, Bukan All Risk Sebelum Menghitung Rate Asuransi Mobil

By | 2019-04-23T17:42:16+00:00 2 Februari, 2018|Categories: Blog|
Rincian Biaya Asuransi Kendaraan Mobil All Risk Garda Oto

Cara Menghitung Rate Asuransi Kendaraan

Tak bisa dipungkiri jika kendaraan merupakan salah satu kebutuhan wajib saat ini, sehingga demand terhadap transportasi seperti mobil semakin meningkat di Indonesia, khususnya Daerah Ibukota Jakarta. Jumlah mobil pribadi di Jakarta tiap tahunnya terus bertambah dikarenakan kebutuhan mobilisasi bagi kaum urban memang cukup krusial. Padahal, pemerintah juga telah menyediakan beberapa opsi transportasi publik bagi masyarakat Jakarta namun, permintaan terhadap mobil pribadi masih cukup tinggi.

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan mobil di Jakarta, semakin tinggi pula hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di jalanan. Tak bisa dipungkiri jika hampir setiap hari terdapat kecelakaan lalu lintas terjadi di Jakarta, baik ringan maupun berat. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi misalnya karena kondisi jalan yang sulit ditebak sehingga menyebabkan kecelakaan, faktor cuaca, hingga tingkat kewaspadaan pengendaraa saat mengendarai kendaraan.

Beberapa kecelakaan di jalan memang sulit untuk diprediksi. Jika telah mengalaminya, mau tidak mau harus ada biaya tak terduga yang dikeluarkan untuk membayar biaya kesehatan seperti biaya perawatan, ambulance, pengobatan dll. Tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Selain dari sisi kesehatan, Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk kendaraan Anda yang mungkin rusak atau hancur saat kecelakaan.

Terdapat nilai plus dan minus ketika Anda memiliki mobil pribadi. Untuk menyiasati hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya jika Anda mulai memiliki asuransi mobil. Anda bisa memperhitungkan rate asuransi mobil yang sesuai bagi kebutuhan dan kondisi mobil Anda. Hal yang bisa diperhatikan karena mempengaruhi rate asuransi mobil misalnya kondisi mesin, body mobil, usia mobil dll. Sehingga, Anda bisa lebih mudah untuk memilih tipe asuransi mobil yang tepat.
Pada umumnya terdapat dua jenis perlindungan asuransi mobil di Garda Oto yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO) namun, dalam layanan Garda Oto Digital tidak ada istilah All Risk melainkan Comprehensive. Perlindungan Comprehensive memberikan jaminan untuk jenis kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan. Contohnya jika mobil terserempet oleh angkutan umum, kerusakannya minor yang membuat mobil kurang nyaman untuk dipandang. Dalam kasus ini, klaim bisa dilakukan apabila asuransi yang dimiliki ialah asuransi Comprehensive. Bila Anda menggunakan mobil untuk alat transportasi sehar-hari, maka pilihan asuransi Comprehensive bisa menjadi pertimbangan utama Anda untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada mobil Anda.

Sedangkan, perlindungan asuransi TLO menjamin mobil Anda atas kehilangan atau kerusakan yang senilai lebih dari 75% dari harga mobil yang artinya jika terjadi kerusakan ringan maka tidak akan ditanggung atau dijamin. Namun, bukan berarti jaminan asuransi mobil TLO dijadikan pilihan terbawah karena tidak bisa menjamin kerusakan ringan pada mobil Anda. Tentu saja Anda tidak bisa menutup kemungkinan peluang kerusakan kendaraan akibat kelalaian diri sendiri maupun orang lain yang kerusakannya lebih dari 75%.

Jadi, itulah perbedaan singkat mengenai asuransi mobil Comprehensive dan TLO. Penting bagi Anda tentunya untuk menjaga mobil Anda dari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kebakaran, pencurian dll. Tentunya, beberapa masalah tersebut bisa menjadi alasan kuat mengapa asuransi mobil memang harus Anda miliki. Pemilihan asuransi mobil bisa menjadi pilihan yang tepat saat ini. Anda mungkin bisa menggunakan layanan Garda Oto Digital dan memilih asuransi mobil di Garda Oto yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Asuransi mobil Comprehensive dan TLO cocok untuk Anda perhitungkan, terlebih jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta.

08:00 - 17:00