Pengemudi Baru Harus Pastikan 4 Hal Berikut Ini

//Pengemudi Baru Harus Pastikan 4 Hal Berikut Ini
By | 2018-07-23T16:34:35+00:00 Juli 23rd, 2018|Blog|0 Comments
Pengemudi Baru Harus Pastikan 4 Hal Berikut Ini

Pengemudi Baru Harus Pastikan 4 Hal Berikut Ini

Selamat…!!! Anda sudah bisa mengendarai mobil sekarang. Sebelum akhirnya turun mengarungi jalanan aspal dengan pengendara lainnya, sebaiknya persiapkan dulu beberapa hal penting. Misalnya, melengkapi surat izin sebelum benar-benar mengemudikan kendaraan menjadi syarat penting yang pertama kali harus dilakukan.

Akan tetapi, belum berhenti sampai di situ saja, karena masih ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan setelah Anda memiliki SIM tersebut. Beberapa hal seputar berkendara juga harus diperhatikan secara baik karena beberapa dari hal tersebut kadang tidak diajarkan di sekolah mengemudi. Karena itu, simak baik-baik artikel di bawah ini!

Ketahui Mobil Anda

Setiap pabrikan mobil punya preferensinya masing-masing. Bahkan, mereka pun menaruh spesifikasi berbeda pada setiap varian mobil yang diproduksi. Karena itu, sebaiknya Anda pun harus selalu membaca dan memperhatikan setiap mobil yang hendak dikendarai. Kalau memang dimungkinkan, baca pula buku manual karena pastinya ada informasi penting di sana.

Bukan hanya itu, Anda pun perlu rajin-rajin melihat keseluruhan mobil, mulai dari bodi, kabin penumpang, sampai bagian mesin. Memastikan bagian bodi mobil akan membuat memahami dimensi dari kendaraan yang sehari-harinya Anda kendarai. Mengetahui bagian dalam kabin bisa membuat Anda yakin berapa banyak penumpang dan barang yang bisa dimasukkan ke dalam mobil.

Anda pun harus tahu semua indikator yang ada pada mobil, mulai dari indikator bensin, oli, radiator, hingga pintu mobil. Jadi, Anda tidak perlu bingung dan langsung tahu apa yang harus dilakukan saat lampu indikator tersebut menyala.

Terakhir, Anda harus tahu betul semua elemen mesin yang ada di mobil tersebut. Saat terjadi masalah pada mesin atau bagian lainnya yang menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan dengan baik, Anda bisa melakukan pertolongan pertama kepada mobil Anda.

Selalu Sedia Perkakas Perbaikan Mobil

Pada dasarnya, mobil tetaplah alat dan bisa rusak kapan saja. Sebaiknya, Anda tetap membawa payung sebelum hujan, bukan? Lengkapi isi mobil dengan perkakas perbaikan mobil, mulai dari dongkrak, kunci ban, dan obeng. Perkakas tersebut pastinya bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko otomotif.

Pastikan satu kotak perkakas tersebut selalu ada di dalam mobil dan mudah untuk dijangkau saat sedang dibutuhkan. Sebaiknya pula bersihkan setiap kali sehabis menggunakannya atau dalam kurun waktu 1-2 bulan sekali.

Pastinya tidak enak kalau menggunakan alat yang kotor karena debu atau lengket karena oli.

Paham Rambu Lalu Lintas

Rambu-rambu lalu lintas diciptakan untuk membuat jalan menjadi teratur. Karena itu, Anda pun harus mematuhinya untuk tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Anda harus tahu tempat yang tepat untuk memarkir mobil dan tidak melakukan u-turn di tempat yang dilarang. Pemahaman tersebut pastinya ada saat Anda sedang melakukan tes pembuatan SIM.

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan bisa menurunkan risiko kecelakaan. Pastinya Anda tidak mau ada kerusakan pada mobil Anda karena kelalaian di jalan raya. Lebih bahaya lagi, Anda atau orang lain jadi terluka karena masalah itu.

Fokus saat Menyetir

Menyetir bisa jadi membahayakan saat sedang tidak fokus. Sedetik saja Anda kehilangan fokus saat menyetir, kecelakaan bsia terjadi dengan sangat cepat. Karena itu, tidak disarankan berkendara saat mengantuk.

Saat berkendara, Anda pun tidak diperkenankan menggunakan smartphone dengan alasan apa pun. Mengalihkan padangan mata dari jalanan ke layar smartphone juga bisa menghilangkan fokus. Kalau memang ada urusan yang penting dengan smartphone Anda, disarankan untuk menepi.

Jika menggunakan smartphone sebagai GPS, sebaiknya menyetel tujuan sebelum mulai berkendara. Tentukan dulu rute yang mau diambil supaya tidak ada kebingungan di tengah perjalanan.

***

Pastikan semua hal tentang berkendara diperhatikan setelah Anda mahir menyetir mobil. Keselamatan berkendara tetap jadi tujuan utama dibandingkan hal lain saat Anda berada di balik kemudi.