Pentingnya Memahami Sistem Transmisi Manual pada Mobil Anda

//Pentingnya Memahami Sistem Transmisi Manual pada Mobil Anda
By | 2019-01-24T17:57:31+00:00 Januari 24th, 2019|Blog|0 Comments
Pentingnya Memahami Sistem Transmisi Manual pada Mobil Anda

Pentingnya Memahami Sistem Transmisi Manual pada Mobil Anda

Meskipun mobil manual banyak dijumpai berseliweran di jalanan Indonesia, ternyata pemahaman tentang apa itu transmisi manual masih belum dikuasai dengan baik, entah itu dari segi pengertian dan fungsi. Inilah yang kemudian membuat banyak orang mengeluhkan transmisi mobil mereka mudah bermasalah.

Dalam transmisi manual, terdapat susunan komponen dan cara kerja yang sepatutnya untuk Anda ketahui. Selain itu, dengan mengetahui prinsip kerja dari sistem transmisi manual, Anda juga bisa menentukan bagaimana cara berkendara yang paling sesuai untuk Anda. Hal ini mengingat medan yang akan dilalui setiap orang kemungkinan berbeda satu sama lain.

Lalu, apa sebenarnya sistem transmisi manual ini? Secara umum, transmisi sendiri diartikan sebagai bagian dalam mesin kendaraan yang memiliki fungsi sebagai perubah kecepatan serta tenaga putaran mesin yang dialirkan ke ban atau roda yang kemudian menggerakkan mobil.

Selanjutnya, sistem pemindah tenaga tersebut terdiri atas unit kopling, transmisi, deferensial, poros dan roda mobil. Kesemua bagian ini saling berhubungan satu dan lainnya untuk kemudian dapat menggerakkan body mobil.

Sementara pengertian dari transmisi manual yaitu transmisi yang posisi dan komponennya ada di ujung depan setelah unit kopling. Ciri utama dalam sistem transmisi ini adalah perpindahan gigi yang bergantun pada tekanan pedal kopling oleh pengemudi diikuti pemindahan tuas gigi.

Dengan menggunakan transmisi, tenaga yang dikeluarkan mesin dapat diteruskan pada poros propeler shaft agar kendaraan dapat bergerak. Pada transmisi manual, pemindahan gigi dilakukan secara manual oleh pengemudi.

Pada mobil manual, apabila pengemudi ingin meningkatkan laju kendaraan, maka pengemudi harus memindah ke tingkatan transmisi/gigi di atasnya setelah kecepatan minimal dicapai. Nah, perawatan agar sistem transmisi ini lebih awet tentu saja dengan melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap komponen sistem transmisi. Untuk penggunaannya, pengemudi sebaiknya melakukan pemindahan gigi sesuai dengan kecepatan kendaraan  dan bijak menginjak pedal kopling mobilnya.