Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Salah satu masalah pada mobil yang perlu mendapat perhatian khusus adalah kondisi mesin yang cepat panas. Ketika Anda merasa mesin mobil cepat panas, membawanya ke bengkel adalah hal yang tepat. Meskipun demikian, akan lebih baik lagi jika Anda bisa mencegah sebelum masalah tersebut terjadi. Untuk itu, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja yang bisa membuat mesin mobil mengalami overheat.

1.       Kerusakan Pada Radiator

Mesin mobil yang cepat panas pada umumnya disebabkan oleh rusaknya radiator. Seperti yang diketahui, fungsi radiator pada mobil yakni menjaga agar suhu mobil tetap stabil. Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah. Permasalahan lain yang dialami radiator hingga menjadi penyebab mesin mobil cepat panas diantaranya bocornya selang radiator, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi radiator yang tidak lancar.

Jika selang radiator yang bocor menjadi penyebab masalah pada mesin, Anda harus membawa mobil ke bengkel. Untuk mencegah mesin cepat panas, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.

2.      Tidak Berfungsinya Thermostat

Fungsi thermostat adalah untuk bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Bisa dikatakan bahwa thermostat adalah otak radiator. Saat suhu rendah, thermostat mengatur agar air tidak meninggalkan radiator. Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat memerintahkan agar air masuk ke dalam mesin. Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin. Dampaknya mesin mobil cepat panas.

3.      Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai Standar

Oli dengan kualitas yang buruk akan cenderung tidak tahan panas, sehingga cepat menguap. Ini menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan menyebabkan kondisi mesin mobil kepanasan. Oleh karena itu, Anda harus waspada ketika ada yang menawarkan oli dengan harga murah. Lebih baik Anda membeli oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

4.      Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Ketika mesin mobil Anda cepat panas, Anda bisa mencoba memeriksa kipas pendingin pada mobil. Hal ini dikarenakan kipas pendingin berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Jadi, ketika kipas ini rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi normal. Yang pertama adalah dinamo yang menggerakan kipas tersebut. Alasan lainnya yakni pemasangan kipas yang terbalik ,sehingga membuatnya menyedot udara panas.

Mobil yang mengalami overheating dapat membahayakan dan juga merusak mobil itu sendiri. Untuk itulah, Anda perlu memahami apa saja penyebab mesin mobil cepat panas. Dengan begitu, pencegahan dapat dilakukan dan mobil Anda bisa terhindar dari masalah serius. Lakukan perawatan kendaraan secara berkala agar terhindar dari kerusakan yang dapat terjadi suatu hari. Dengan begitu, kondisi kendaraan Anda akan selalu prima dan optimal sehingga bisa digunakan dengan nyaman dan aman. Namun, perlindungan bagi kendaraan pada dasarnya tidak hanya sebatas perawatan saja. Ada jenis perlindungan lain yang bisa Anda berikan bagi kendaraan Anda dan perlindungan tersebut adalah asuransi. Sama seperti perawatan, kendaraan juga butuh perlindungan, terutama dari risiko kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan atau pencurian, kebakaran, dan lainnya.

Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, merupakan salah satu asuransi kendaraan yang memberikan layanan untuk menjamin serta memberi perlindungan yang maksimal untuk kendaraan Anda. Spesial pada bulan ini, Garda Oto memberikan promo dengan bonus yang menarik. Jika Anda memiliki asuransi kendaraan Garda Oto, Anda tak perlu repot saat melakukan klaim atas masalah yang terjadi pada kendaraan Anda, karena saat ini Anda bisa melakukan klaim dengan aplikasi Garda Mobile Otocare yang sudah bisa diunduh menggunakan smartphone Anda. #PeaceofMind