Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Cara MengatasinyaTenggorokan sakit merupakan salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Namun penyebab tenggorokan sakit bisa berbeda-beda dan hal ini bisa diidentifikasi dengan mengetahui gejala spesifiknya. Hal ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman ketika menelan makanan, bahkan rasa sakitnya bisa lebih parah jika tidak langsung ditangani.

Penyebab Tenggorokan Sakit Ketika Menelan

Jangan dianggap sepele, ketahui apa hal yang menyebabkan tenggorokan sakit, apakah ada infeksi, penyumbatan mulut tenggorokan, atau saluran makanan, peradangan, maupun penyebab lainnya. Berikut ada beberapa hal yang menyebabkan tenggorokan sakit ketika menelan.

1. Luka di Tenggorokan

Luka pada bagian tenggorokan bisa menyebabkan rasa sakit yang ringan hingga parah. Biasanya, luka ini bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, panas, pedas, atau makanan yang terlalu tajam.

Usahakan saat hendak menelan makanan, pastikan makanan sudah halus sehingga tidak menyebabkan luka ketika melewati tenggorokan. Luka pada tenggorokan yang dibiarkan bisa menyebabkan sakit yang semakin parah.

2. Infeksi Bakteri

Penyebab yang paling umum dari sakit tenggorokan yaitu karena terinfeksi oleh bakteri sehingga menyebabkan amandel.

Jika hal ini terjadi, perlu menggunakan pengobatan antibiotik untuk tenggorokan sehingga infeksi bakteri bisa diminimalisir. Meskipun ini merupakan penyebab umum tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius jika dibiarkan, misalnya kerusakan ginjal dan jantung.

3. Asam Lambung

Bagi para penderita asam lambung, salah satu gejala yang sering dirasakan yaitu sakit pada tenggorokan. Umumnya, hal ini disebabkan karena gangguan asam lambung kronis, sehingga asam lambung naik ke area kerongkongan kemudian mengiritasi dinding kerongkongan tersebut.

Dampak yang ditimbulkan dari naiknya asam lambung ke kerongkongan yaitu rasa sakit saat menelan makanan. Bahkan rasa sakit ini disertai mual dan sesak nafas.

4. Tenggorokan Kering

Penyebab sakit tenggorokan selanjutnya yaitu karena kekeringan di area tersebut sehingga saat menelan terasa tidak nyaman. Tenggorokan akan terasa gatal dan kasar karena udara yang kering sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman saat menelan.

Kekeringan pada tenggorokan yang paling umum disebabkan karena kurang cairan atau kurang minum. Selain itu, saat hidung tersumbat dan bernafas melalui mulut juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan sakit.

5. Cedera Tenggorokan

Rasa sakit ketika menelan makanan juga bisa disebabkan karena cedera tenggorokan. Meskipun hal ini jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan hal inilah yang menyebabkannya.

Pasalnya, mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas bisa menyebabkan bagian saluran makanan atau tenggorokan terasa terbakar. 

*Baca Juga: Pentingnya Minum Air Putih untuk Menjaga Kesehatan

Biasanya area tenggorokan bisa tergores oleh makanan tersebut sehingga menyebabkan rasa sakit. Rasa sakitnya pun tergantung area yang cedera, bisa di satu sisi saja atau di beberapa sisi tenggorokan hingga bagian bawah.

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Ketika Menelan 

Setelah mengenali beberapa penyebab tenggorokan sakit, selanjutnya perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Meskipun terdengar sepele, tetapi tenggorokan yang sakit jika dibiarkan bisa menjadi kronis. Untuk itu, segera untuk melakukan penanganan seperti beberapa cara berikut ini.

1. Obat Kumur dan Antibiotik

Apabila tenggorokan sakit karena infeksi bakteri pada tonsil, cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan resep antibiotik dari dokter. 

Selain itu, bisa juga menggunakan obat kumur khusus yang bisa membuat tenggorokan terasa kebas untuk jangka waktu tertentu. Dengan begitu maka obat antibiotik yang diberikan bisa lebih mudah untuk ditelan.

2. Obat Antiinflamasi

Untuk membantu mengatasi pembengkakan di area mulut dan tenggorokan, maka bisa menggunakan obat antiinflamasi golongan non steroid misalnya ibuprofen. Obat anti inflamasi ini cukup efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Setelah beberapa saat pembengkakan pada tenggorokan lebih berkurang sehingga rasa sakit ketika menelan juga akan berangsur-angsur.

3. Menggunakan Antasida

Antasida merupakan obat yang digunakan untuk menetralisir asam lambung yang juga bisa untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan ketika menelan yang disebabkan karena asam lambung naik. Obat ini tersedia di apotek dan bisa dibeli bebas tanpa harus menggunakan resep dokter.

4. Semprotan Tenggorokan

Untuk meredakan sakit tenggorokan sementara waktu, cobalah memakai semprotan tenggorokan. Dalam obat semprot tersebut terdapat kandungan bahan yang dapat membuat tenggorokan menjadi kebas sehingga rasa sakit saat menelan akan berkurang.

5. Berkumur dengan Air Garam

Selain itu, kumur-kumur menggunakan air garam hangat juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Caranya larutkan 1 sendok teh garam pada segelas air hangat, kemudian bisa langsung kumur-kumur dengan air sampai ke tenggorokan, tetapi tidak ditelan. 

Cara ini bisa membantu mengurangi bengkak dan nyeri di tenggorokan dengan efektif. Namun ketika tenggorokan luka, kumur dengan air garam akan menyebabkan sensasi perih sementara waktu.

*Baca Juga: Tidak Perlu Pusing! Begini Cara Membeli Obat Secara Online

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dari  tenggorokan sakit dan cara untuk mengatasinya. Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan, usahakan untuk langsung ditangani karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit kronis.

Daftar Sebagai Polis Asuransi Kesehatan Garda Healthtech

Untuk memberikan perlindungan kesehatan, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan Garda Healthtech. Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan ini dengan biaya mulai dari Rp500 ribu dengan manfaat sampai Rp3,2 juta.

Selain itu, Anda akan mendapatkan berbagai benefit. Adapun di antaranya adalah konsultasi online sebanyak 14 kali dengan dokter di Halodoc, biaya obat sesuai resep dokter, konsultasi tatap muka tujuh kali bersama dokter umum atau spesialis dengan surat rujukan, hingga biaya pengiriman obat. 

Hadirnya asuransi ini memberikan perlindungan kesehatan untuk Anda sehingga dapat melakukan tindakan antisipatif saat sakit termasuk untuk menangani penyebab tenggorokan sakit. Segera bergabung dengan asuransi kesehatan Garda Healthtech untuk mendapatkan berbagai benefit!