Daftar Tempat Liburan yang Wajib Kalian Kunjungi di IndonesiaAda banyak tempat liburan di Indonesia yang menawarkan berbagai keunikan dan keindahannya. Tidak hanya wisata alam, namun juga wisata budaya dan kulinernya yang kaya. Lantas, mana saja tempat liburan yang wajib untuk kalian kunjungi di negeri kita tercinta ini?

Daftar Destinasi Wisata di Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya bangga jika ada banyak destinasi liburan di seluruh tempat. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang sering kali menjadi objek kunjungan, bahkan terkenal sampai mancanegara.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Siapa sih yang tidak kenal dengan Danau Toba dan cerita rakyatnya yang melegenda? Nyatanya, danau ini sudah dikenal lama sebagai salah satu objek wisata Indonesia favorit yang sudah dikunjungi sejak tahun 1980-an lalu. 

Luasnya yang mencapai lebih dari 1.100 kilometer persegi dan kedalaman sekitar 450 meter tentu menarik siapa pun yang berkunjung. Ditambah dengan kekayaan wisata budaya dan kuliner yang ada di sekeliling danau, menjadikannya sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia saat ini.

2. Pulau Komodo, NTT

Bicara mengenai tempat wisata di Indonesia tentu tidak terlepas dari tempat wisata yang satu ini. Ya, Pulau Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur ini memang menjadi magnet tersendiri terlebih dengan adanya ratusan Komodo, hewan endemik yang diyakini sebagai salah satu spesies hewan purba yang masih ada sampai saat ini.

Tidak hanya mengamati perilaku dan mengeksplor habitat Komodo, Anda juga dapat berkeliling di sekitar pulau sampai menikmati berbagai keindahannya seperti pada salah satu pantai dengan pasir merah muda alias Pink Beach.

3. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Jawa Tengah tidak hanya dikenal dengan Candi Borobudur-nya yang sudah dikenal sampai ke luar negeri. Buat Anda yang ingin mengeksplor lebih banyak situs budaya candi ini, kunjungi saja Dataran Tinggi Dieng yang secara administratif berada di sebagian wilayah kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, dan Batang.

*Baca Juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Suhunya yang sejuk bahkan cenderung dingin menjadikan Dieng sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup unik. Terlebih, kawasan ini dikenal dengan berbagai kawah yang masih aktif dan beberapa kompleks candi peninggalan Kerajaan Kalingga.

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, keindahan Gunung Bromo dan berbagai keunikan lainnya menjadi daya tarik gunung ini. Mulai dari pesona padang pasir yang sangat luas, keindahan sunrise maupun sunset, hingga kehidupan Suku Tengger di sekitar kawasan gunung.

*Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits Banget

Nikmati juga berbagai kegiatan menarik seperti berkuda atau menaiki mobil jeep di sekitar gurun pasir Bromo atau berkunjung ke kawasan Pura Luhur Poten yang terletak di tengah lautan pasir sebagai tempat ibadah Suku Tengger. 

5. Pura Uluwatu, Bali

Bali sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat liburan di Indonesia terbaik, bahkan di seluruh dunia. Salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi adalah Pura Uluwatu yang menjadi salah satu enam pura utama masyarakat Hindu Bali.

*Baca Juga: Tempat Wisata Bali yang Populer dan Hits untuk Liburan

Salah satu hal menarik dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas tebing curam di tepi laut setinggi 70 mdpl. Kawasan ini juga dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Bali. Nikmati juga sajian pertunjukan tari kecak sembari menikmati indahnya sunset.

6. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi menjadi salah satu tujuan wisata bawah laut yang mendunia. Namanya sendiri merupakan gabungan 4 pulau utama yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kepulauan ini juga ternyata masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 2005 lalu.

Luasnya yang hampir mencapai 14.000 km2, tidak kurang dari ratusan jenis terumbu karang menciptakan panorama bawah laut dengan ikan-ikannya yang menawan. Tidaklah mengherankan jika Wakatobi menjadi salah satu surga untuk menyelam bagi para wisatawan dari berbagai negara. 

7. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Bicara mengenai wisata kepulauan di Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Salah satunya Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Kepulauan yang terdiri dari 4 pulau utama (Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki) ini bahkan menjadi salah satu tempat menyelam terbaik.

Selain menyelam, nikmati juga keindahan pantai yang menawan dan kunjungi penangkaran penyu sisik dan penyu hijau yang langka. Anda juga dapat berenang bersama ubur-ubur jinak di danau purba yang berada di Pulau Kakaban.

8. Taman Nasional Manusela, Maluku

Merupakan taman nasional yang berada di Kepulauan Maluku dengan keanekaragaman hayati dan potensi wisata yang menawan. Di sini, Anda tidak dapat menikmati panorama pantai, hutan rawa, hingga hutan pegunungan dan hujan dataran rendah.

Tidak mengherankan, selain wisata pantai Anda juga dapat mengamati kehidupan satwa seperti rusa dan burung, kupu-kupu, hingga menjelajahi kebudayaan warga lokal. Jangan lupa nikmati panorama Air Terjun Ninivala yang biru dan terlihat seperti mendidih.

*Baca Juga: Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Liburan

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Indonesia. Sudah pasti, masih ada banyak lagi destinasi wisata di Indonesia yang belum bisa kita ketahui, tapi ini sangat menarik untuk kita kunjungi. Jadi luangkan waktu Anda untuk liburan keliling Indonesia. 

Nah, untuk membuat liburan semakin nyaman dan aman, jangan lupa bekali diri Anda dengan asuransi perjalanan dari Garda Trip. Asuransi ini dapat memberikan manfaat lebih yang membuat Anda semakin nyaman saat akan traveling ke banyak tempat untuk liburan.

Dengan premi mulai dari Rp 33.500, Anda bisa mendapatkan berbagai perlindungan dan risiko perjalanan seperti keterlambatan, cedera atau kecelakaan hingga jaminan bagasi dan barang pribadi. Jadi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di nomor berikut ini: 1 500 112