Perawatan Mobil Saat Musim Hujan yang Harus Anda Lakukan

//Perawatan Mobil Saat Musim Hujan yang Harus Anda Lakukan
By | 2019-03-18T16:45:33+00:00 Maret 18th, 2019|Blog|0 Comments
Perawatan Mobil Saat Musim Hujan yang Harus Anda Lakukan

Perawatan Mobil Saat Musim Hujan yang Harus Anda Lakukan

Saat ini merupakan masa awal musim hujan, Anda sebagai pengguna mobil harus bersiap-siap ketika mobil Anda akan terguyur hujan. Bila Anda tidak melakukan perawatan mobil dengan benar, mobil Anda yang sering terguyur hujan kemungkinan besar akan mengalami masalah sebab kandungan air hujan berbeda dengan air biasanya, dimana air hujan mengandung kadar garam yang lebih banyak yang tentunya tidak bagus untuk mobil Anda.

Tentu Anda perlu melakukan perawatan yang maksimal sehingga performa mobil tetap dalam keadaan prima untuk dikendarai. Berikut ini tips merawat mobil  Anda  di musim hujan seperti sekarang.

 

  1. Segera Bersihkan Sisa Air Hujan

Ketika mobil Anda terguyur hujan, jangan sampai membiarkan air hujan tersebut terlalu lama menempel di body mobil Anda. Usahakan untuk langsung membersihkan sisa air hujan agar jamur dan karat tidak merusak lapisan cat mobil.

  1. Gunakan Silicon Spray

Dalam menghadapi cuaca yang kerap berubah-ubah, menyemprotkan silicon spray merupakan cara termudah untuk melakukan perawatan mobil. Semprotkan silicon spray pada bagian kaca serta karet mobil Anda, sehingga mobil Anda tetap awet beserta karetnya selalu lentur dan lebih tahan lama.

  1. Parkir Mobil di Tempat yang Terlindungi

Ketika Anda sudah melakukan pencucian serta pengeringan, biarkan mobil Anda terlindungi di dalam garasi agar tidak terkena hujan lagi. Selain itu, dengan memarkirkan mobil di dalam garasi akan membantu perawatan mobil, sehingga mobil Anda tidak terkena cahaya matahari langsung yang akan merusak lapisan mobil karena di musim hujan biasanya suhu udara saat panas  akan terasa lebih tinggi dari sebelumnya.

  1. Memeriksa Sistem Komponen Mobil

Pemeriksaan ini bertujuan agar kondisi mesin selalu berada di kondisi terbaik. Anda bisa memeriksa mulai dari suspensi, wiper, sistem pengapian, dan dinamo starter. 4 komponen tersebut merupakan komponen yang paling rawan mengalami masalah ketika musim hujan, mungkin saja hal yang terjadi karena masuknya air ke dalam komponen tersebut.

  1. Lindungi Kendaraan Anda Dengan Asuransi

Nah, Anda sebaiknya perlu memahami hal ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan keamanan dalam berkendara selama musim hujan adalah dengan mengikuti program asuransi. Anda dapat memperluas jaminan perlindungan mobil Anda dengan perluasan jaminan terhadap kejadian banjir agar tetap bisa klaim kerusakan yang disebabkan karena genangan. Walaupun mobil sudah terlindungi dengan perluasan perlindungan terhadap banjir, sebaiknya Anda tetap tidak menerjang banjir dan tidak menyalakan mobil saat berada pada kondisi terendam air. Bila mobil Anda terendam banjir, cukup hubungi call center  24 jam Garda Akses di nomor 1500112 untuk mendapat penanganan yang paling tepat dari tim Garda Siaga Asuransi Astra.