Perbedaan Mobil Bensin dan Mobil Diesel

By | 2019-11-04T17:06:20+00:00 22 Oktober, 2019|Categories: Blog, Perawatan Mobil|
pahami bedanya mobil berbahan bensin dan diesel itu seperti apa

Mengenal perbedaan mesin bensin dengan mesin diesel

Mesin mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan mesin mobil dengan bahan bakar diesel merupakan dua jenis mesin mobil yang berbeda. Walaupun kini mobil dengan bensin masih lebih banyak digunakan dibandingkan mobil diesel.

Tetapi, Anda tetap harus mengetahui perbedaan mobil yang memakai bensin dan mobil yang memiliki mesin diesel. Keduanya bisa Anda bandingkan satu sama lain, terutama bagi Anda yang akan membeli mobil baru. Simak ulasannya di bawah ini.

Beda Mesin Bensin & Mesin Diesel Terletak Pada:

1. Penggunaan Jenis Bahan Bakar

Perbedaan antara mesin diesel dan bensin terletak pada penggunaan bahan bakarnya. Mesin diesel menggunakan solar, sedangkan mesin bensin menggunakan gasoline (bensin).

Dalam mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu dan bahan bakar disuntikkan karena udara memanas saat dikompresi, sehingga bahan bakar menyala. Sedangkan mesin yang menggunakan bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompres dengan piston dan kemudian dinyalakan oleh percikan api dari busi.

2. Harga

Dilihat dari jenis mesin, sudah pasti harga mobil diesel lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bensin. Lalu apa yang membuat mobil diesel lebih mahal? Hal ini dikarenakan material mesin diesel harus lebih kuat, sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

Terutama pada bagian komponen kepala dan blok silindernya tidak boleh memakai sembarang produk. Kualitas produknya harus terjamin nomor satu. Jika tidak menggunakan material yang kuat, mustahil mesin tersebut bisa bertahan dengan kompresi diesel yang cukup tinggi.

3. Performa Mesin

Dari segi kekuatan, performa mesin diesel lebih unggul dibandingkan mesin bensin. Apabila Anda memperhatikan truk dan bus di jalan, keduanya mampu berjalan dengan beban berat. Selain itu, truk dan bus mampu menempuh perjalanan yang jauh dengan medan yang sebenarnya tidak mudah untuk dilalui.

Meski begitu, bukan berarti mobil bensin tidak ada keunggulan sama sekali. Masing-masing mesin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mesin bensin mempunyai keunggulan dalam akselerasi dan responsif.

4. Perawatan Mesin

Meskipun mesin diesel terlihat kuat dan tangguh, namun, cara perawatannya tidak bisa sembarangan begitu saja. Diperlukan perawatan ekstra dibandingkan mobil yang memakai bensin. Cara kerja mesin diesel dan sistem ruang pembakarannya yang lebih kompleks membuatnya juga mudah kotor. Maka Anda harus rutin mengecek dan memberi perhatian khusus pada mobil diesel.

5. Keiritan Bahan Bakar

Dilihat dari segi keiritan bahan bakar, mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien. Bahan bakarnya yang minim ternyata dapat diolah menjadi tenaga yang maksimal. Tak hanya itu, harga solar lebih murah daripada bensin. Jika Anda hanya mencari kendaraan dari segi kehematan bahan bakar, maka mobil diesel adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Apalagi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jarak jauh setiap harinya.

6. Keamanan

Mobil diesel di era modern sekarang ini justru sudah dilengkapi teknologi canggih yang membutuhkan sistem kelistrikan yang memadai. Meskipun tahan terhadap banjir, sebaiknya Anda tetap waspada. Jangan pernah menerjang banjir dengan kecepatan tinggi atau pecahan air bisa masuk ke dalam mesin. Usahakan Anda menggunakan gigi satu atau transmisi D1 untuk matic.

Berbeda dengan mobil bensin, komponen listrik di ruang mesin mobil ini cukup banyak, ditambah adanya busi, electronic control unit (ECU), dan aki. Jika terlanjur kemasukan air dapat mengakibatkan hal yang fatal. Sifat bahan bakar mobil bensin termasuk yang mudah terbakar. Oleh karena itu, apabila ada kebocoran sedikit di selang bensin tentunya dapat membahayakan pengemudi mobil. Potensi mobil bensin terbakar lebih besar dibandingkan dengan mobil diesel.

08:00 - 17:00