Perbedaan Speedometer, Odometer, dan Tachometer

Perbedaan Speedometer, Odometer, dan Tachometer

Berbicara mengenai mobil tentu saja banyak komponen yang ada di dalamnya seperti speedometer, odometer, dan  tachometer. Banyak yang beranggapan jika ketiga hal tersebut sama namun pada kenyataannya tidak.

Ketiga sparepart tersebut tentu memiliki cara kerja dan fungsinya masing-masing walaupun mempunyai nama akhiran yang sama. Untuk itu simak informasi lebih lengkapnya berikut ini.

Cara Kerja Speedometer

Speedometer adalah alat untuk pengukuran kecepatan kendaraan, ada dua jenis analog dan digital. Analog memakai roda bergigi, sedangkan digital memakai kombinasi pulsa magnetik serta pulser. Roda gigi pada analog terhubung dengan poros roda serta dilengkapi dengan jarum untuk penunjuk kecepatannya saat berkendara.

*Baca Juga: Cara Mempertahankan Angka Standar RPM Mobil Injeksi Agar Normal

Untuk digital, pulsa magnetik serta pulser ada di bagian sistem gigi. Cara kerjanya, ketika roda berputar maka sistem gir bisa memutar kawal kopel di instrument cluster mobil. Untuk melakukan perawatannya tidak susah, karena memakai jenis sensor optik.

Perawatan speedometer bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

  • Pengecekan rutin di arus tegangan aki, pastikan untuk tidak terlalu lama menunda mengganti oli jika memang sudah waktunya dilakukan pergantian.
  • Saat melakukan pergantian oli sering mengalami keterlambatan dan hal itu terjadi berulang-ulang maka tidak hanya berdampak pada kinerja kabel komponen namun kendaraan bisa cepat rusak.
  • Memberikan pelumas pada bagian pertautan gigi dengan konsisten (perawatan untuk speedometer analog).

Cara Kerja Odometer

Odometer adalah alat yang digunakan untuk penunjuk jarak tempuh yang ada di dasbor mobil. Alat ini juga bisa untuk indikator maupun pengingat saat mobil diharuskan untuk mengganti oli.

*Baca Juga: Apa itu Hidrometer? Fungsi dan Cara Penggunaannya

Alat ukur jarak ini memiliki 2 cara kerja. Pertama, yaitu mekanik (analog) dan kedua elektronik. Alat yang bekerja secara mekanik mengandalkan bundaran berputar. Untuk sistem elektronik memakai angka-angka yang telah dimunculkan di layar elektronik.

Untuk fungsi alat ukur tersebut bisa kalian perhatikan pada poin-poin berikut ini.

  • Berguna untuk mengetahui berapa jumlah dari jarak tempuh yang sudah dilewati sejak awal dipergunakan sampai saat ini.
  • Bisa untuk menampilkan angka jarak tempuh jadi bisa dipergunakan untuk tolak ukur pada saat kalian ingin membeli mobil bekas.

Walaupun terlihat kecil serta jarang memperoleh perhatian namun odometer juga bisa mengalami masalah. Terlebih lagi karena alat ini dapat diubah seakan-akan mobil tersebut terlihat baru menempuh jarak dekat.

Walaupun demikian setelah rekayasa tersebut ada bekas yang bisa diketahui jika ada perubahan terutama untuk jenis mekanis dikarenakan akan meninggalkan bekas.

Untuk perawatan yang dapat kalian lakukan agar komponen ini tetap tahan lama maka kalian perlu perhatikan beberapa poin berikut.

  • Lakukan pengecekan dengan rutin agar panel odometer tetap hidup
  • Saat kalian menemukan odometer mati maka segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan
  • Bagi kalian yang kurang paham soal alat ukur tersebut maka lakukan service rutin untuk mengetahui kondisi dari alat ukur jarak tersebut.

Cara Kerja Tachometer

Komponen ini serupa dengan alat ukur untuk mobil pada umumnya namun perbedaannya alat ini dikhususkan untuk melakukan pengukuran kecepatan rotasi di dalam objek per menit.

Awal kemunculannya alat tersebut dibuat memakai dial yang berupa jarum untuk menunjukkan angka untuk indikator tingkat aman serta bahaya.

Seiring berjalannya waktu alat untuk mengukur kecepatan rotasi tersebut dibuat dengan memakai tachometer digital. Kelebihan dari alat digital ini yaitu bisa membaca numerik dengan tepat dan akurat tentunya.

Untuk perawatan yang dilakukan tergolong sederhana tidak memakan biaya yang besar. Untuk kalian yang memerlukan perawatan secara tepat berikut ini adalah caranya.

  • Jangan pernah atau hindari memasang komponen pada medan magnet yang memiliki arus kuat.
  • Ketika kalian ingin melakukan pengukuran besaran listrik dan belum diketahui maka bisa mencoba memakai jangkauan terbesar.
  • Hindari untuk menempatkan komponen tersebut di bawah panasnya sinar matahari
  • Jangan tempatkan komponen pada tempat bergetar
  • Saat proses pembersihan maka jangan pernah untuk mencucinya memakai cairan pelaut namun cuci menggunakan air bersih saja.

Jadi, itulah perbedaan antara speedometer, odometer, dan tachometer yang bisa kalian ketahui. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan Anda, supaya komponen-komponen dalam mobil tidak cepat rusak, awet, dan tahan lama.

Anda bisa menggunakan asuransi mobil dari Garda Oto. Dengan Garda Oto Anda tidak perlu khawatir karena terdapat garansi hasil kerja bengkel dan jaminan suku cadang asli. Selain itu, Anda bisa memilih jenis pertanggungan sesuai dengan kebutuhan yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Asuransi ini akan menjamin kerusakan akibat banjir, pencurian atau kehilangan, bencana alam, dan lain-lain.