Bagi Anda yang baru belajar mengendarai mobil, salah satu hal yang sering membuat Anda grogi dan keringat dingin adalah ketika Anda diminta memarkirkan mobil dengan cara parkir paralel.

Butuh teknik yang tepat bagi Anda untuk bisa parkir mobil secara paralel. Hal ini dikarenakan space parkir mobil Anda dengan mobil lain sangat sempit. Bahkan, tak jarang juga Anda harus memarkirkan mobil di antara dua mobil yang berada di posisi depan dan belakang.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memarkir mobil yang tepat, Anda akan menyebabkan terjadinya antrean mobil yang cukup panjang di area parkir dan bisa membuat banyak pemilik kendaraan lain kehilangan kesabaran dengan membunyikan klakson kendaraan.

Selain itu, Anda juga perlu memosisikan mobil dengan tepat agar pemilik mobil lain tidak terhalang.

Lantas, sebenarnya apa itu parkir paralel dan kenapa cara parkir ini dianggap sulit bagi kebanyakan orang. Yuk, kita cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Parkir Paralel?

Parkir paralel adalah posisi parkir yang mengharuskan setiap mobil terparkir sejajar dengan jalan dan juga mobil lainnya. Jenis parkir ini biasanya banyak kita jumpai di berbagai area yang tidak memiliki lahan parkir yang luas.

Parkir paralel bisa kita jumpai pada parkir on the street yang berlokasi di pinggir jalan raya, dan cara parkir paralel juga sering kita jumpai di area parkir pusat perbelanjaan ketika lahan parkir seri sudah penuh.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic dan Manual

Saat parkir paralel, setiap pengendara disarankan untuk tetap tenang dan tidak boleh panik. Karena jika gugup dan panik, Anda tidak bisa berpikir jernih dan tidak bisa mengendalikan posisi mobil dengan tepat. Setelah Anda sudah tenang, barulah Anda bisa parkir mobil paralel dengan tepat dengan cara seperti berikut:

  1. Posisikan Mobil Sejajar dengan Mobil Lain

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat parkir paralel adalah memosisikan mobil sejajar dengan mobil lain yang berada di sebelah Anda dan beri jarak setengah meter.

  1. Bentuk Sudut 45 Derajat saat Mobil Mundur

Masukkan transmisi mundur dan mulailah memundurkan mobil. Anda bisa mengarahkan mobil ke belakang mobil yang sebelumnya berada di samping Anda.

  1. Putar Setir ke Arah Berlawanan

Cara selanjutnya adalah Anda bisa putar setir ke arah berlawanan dan perlahan-lahan mundur hingga mobil sejajar dengan mobil di depan Anda.

  1. Maju Perlahan

Masukkan transmisi maju dan maju secara perlahan hingga mendekati bagian belakang mobil di depan Anda. Lalu, Anda bisa mengganti transmisi menjadi netral dan Anda bisa mematikan mesin mobil.

Jika ada petugas parkir yang sedang bertugas, Anda bisa tanyakan apakah perlu ditarik rem tangan atau tidak.

Tips Saat Parkir Paralel

Agar mobil Anda yang terparkir secara paralel tidak mengganggu orang lain. Penting bagi setiap pemilik mobil di luar sana untuk memastikan beberapa hal berikut saat parkir paralel.

  • Pastikan Spot Parkir Sesuai dengan Dimensi Kendaraan

Sebelum memutuskan ingin parkir paralel, setiap pemilik mobil perlu memastikan terlebih dahulu bahwa space parkir paralel yang tersedia sudah sesuai dengan panjang dan lebar mobil. Jika tidak cukup, sebaiknya Anda jangan paksakan dan carilah tempat parkir lain.

  • Tidak Mengganggu Orang Lain

Anda bukanlah satu-satunya pemilik mobil yang parkir paralel di sebuah lahan parkir yang tersedia. Oleh sebab itu, jangan sampai mobil yang kamu parkirkan menghalangi mobil lain yang ingin keluar dari parkiran.

Selain itu, Anda juga perlu mematuhi aturan parkir paralel dengan tidak menggunakan rem tangan saat memarkir mobil jika Anda menutupi akses keluar mobil lain.

  • Akses Keluar Masuk Penumpang

Walaupun Anda parkir di lahan parkir yang sempit. Hal ini bukan berarti Anda tidak memperhatikan ruang akses keluar masuk penumpang. Berilah ruang akses yang cukup bagi penumpang untuk keluar masuk. Selain itu, perhatikan apakah ada benda atau mobil lain yang berada di samping kiri kanan mobil Anda agar terdapat cukup akses untuk membuka dan menutup pintu mobil.

  • Posisi Setir

Setelah posisi mobil Anda sejajar dengan bagian belakang mobil di depan. Anda perlu memosisikan roda mobil lurus.

Alasannya karena ketika parkir mobil ban tidak lurus, beban power steering akan semakin bertambah. Selain itu, parkir mobil dengan roda lurus juga dapat mengoptimalkan penggunaan lahan parkir yang tersedia.

Hal ini sama seperti parkir motor yang mengharuskan setiap motor diparkir dengan menggunakan standar dua untuk mengoptimalkan lahan parkir yang tersedia.

  • Matikan Lampu Mobil

Tidak mematikan lampu mobil setelah parkir paralel dapat menyebabkan aki mobil Anda cepat aus. Jika kebiasaan berkendara ini dilakukan terus-menerus, usia pemakaian aki mobil Anda akan semakin singkat.

Lindungi Mobil Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto

Kerusakan minor pada mobil yang diakibatkan karena tergores mobil lain saat sedang parkir kendaraan dapat menimbulkan risiko biaya untuk perbaikan. Untuk melindungi mobil kesayangan Anda dari berbagai risiko kerusakan minor hingga parah bahkan kehilangan akibat pencurian, penting bagi setiap pemilik mobil untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi Comprehensive dari Garda Oto hadir untuk memberikan jaminan pertanggungan berupa Partial Loss + Total Loss bagi pemilik kendaraan dengan memberikan perlindungan kerugian/kerusakan yang diakibatkan dari semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan manfaat asuransi dan layanan lebih lengkap.