Memasang berbagai pilihan warna, model, dan bahan jok mobil yang tersedia saat ini bukan hanya membuat tampilan desain mobil terlihat menarik. Melainkan, penggunaan bahan jok mobil yang berkualitas juga dapat membuat sarung jok lebih tahan lama dan awet saat digunakan selama berkendara.

Salah satu penyebab yang membuat jok mobil Anda tidak tahan lama adalah kebiasaan pemakaian yang kurang baik, seperti kebiasaan sering merokok di dalam mobil yang dapat menyebabkan jok mobil menjadi bolong.

Tentu berbeda halnya jika sarung jok mobil Anda rusak akibat termakan usia. Sarung jok mobil yang sudah tua biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti kulit jok mengelupas dan pecah-pecah, dan warna jok mobil yang memudar.

Jika sarung jok mobil Anda sekarang memiliki tanda-tanda kerusakan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini adalah pertanda bahwa cover jok mobil Anda sudah aus dan harus segera diganti dengan cover jok mobil yang baru.

Tips Memilih Jok Mobil

Pilihan bahan jok mobil yang saat ini ditawarkan cukup beragam sehingga membuat banyak pemilik mobil di luar sana dibuat bingung ingin menggunakan bahan jok mobil apa.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui saat ingin mengganti sarung jok mobil yang baru.

  1. Ketahui 6 Bahan Jok Mobil yang Tersedia Saat Ini

Pada dasarnya, material yang digunakan untuk membuat sarung jok mobil berasal dari kulit sintetis dan kulit asli. Namun saat ini sudah banyak bahan-bahan lainnya yang digunakan untuk membuat sebuah sarung jok mobil yang berkualitas.

  • Kulit Asli

Jika Anda suka dengan tekstur jok mobil yang lembut, nyaman, tidak panas, dan tidak lembap. Anda bisa memilih bahan jok mobil yang terbuat dari kulit asli. Namun sarung jok kulit asli memiliki kekurangan karena harganya yang mahal karena berasal dari kulit hewan seperti sapi atau domba.

  • Kulit Sintetis

Sementara kulit sintetis menawarkan keunggulan dari segi harga yang lebih terjangkau, punya warna dan tekstur yang beragam, minim perawatan, dan tidak mengeluarkan bau tertentu seperti kulit asli dari hewan. Soal kualitas, kulit sintetis tidak tahan lama dan awet seperti sarung jok berbahan kulit asli.

  • Polyester

Jenis bahan jok mobil polyester biasanya digunakan untuk pelapis jok dalam bentuk microsuede. Kelebihan bahan jok mobil ini adalah lembut karena punya tekstur kulit berbulu dan berpori yang membuat nyaman saat digunakan.

Namun, kekurangannya adalah sarung jok polyester mudah kotor meskipun bisa Anda bersihkan dengan menggunakan kain basah yang telah diperas.

  • Nilon

Bahan jok mobil lainnya yang biasanya digunakan adalah nilon. Kain nilon bisa sangat awet tapi juga mudah rusak karena terdapat banyak pori-pori. Anda bisa membersihkan sarung jok nilon dengan menggunakan penyedot debu dan spons yang dicampur cairan pembersih + air hangat.

Lalu, Anda bisa bersihkan sisa detergen di sarung jok dengan merendam spons di air dingin dan usap ke bagian sarung jok yang dianggap masih ada sisa detergen.

  • Vinyl/PVC

Bahan vinyl tidak berpori seperti polyester dan nilon. Anda bisa membersihkan kotoran di sarung jok vinyl dengan kain basah namun jika kotoran membandel barulah dicampur cairan pembersih.

  • Suede

Bahan suede menawarkan tekstur lembut dan lentur pada sarung jok. Sarung jok suede berasal dari bagian bawah kulit hewan. Untuk membersihkan kotoran pada sarung jok suede, Anda bisa menggunakan cairan pembersih dan sikat halus.

Anda bisa menyikat sarung jok suede perlahan-lahan dengan gerakan searah agar lapisan jok tidak mudah rusak.

  1. Mempertimbangkan Fitur Tambahan

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bahan-bahan jok mobil yang tersedia saat ini. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa fitur tambahan seperti tahan panas, berpori, anti air, dan lain sebagainya.

Semua fitur tambahan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan penggunaan mobil Anda sehari-hari. Jika Anda punya anak kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih fitur tambahan seperti anti air untuk mengantisipasi tumpahan air minuman saat anak-anak minum di mobil.

Namun, jika Anda ingin terasa sejuk saat duduk di mobil, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih sarung jok dengan fitur berpori karena punya sirkulasi udara yang baik.

  1. Dipasang Semi Permanen atau Permanen

Tips memilih jok mobil yang terakhir adalah mempertimbangkan apakah jok mobil yang lama ingin diganti sarung jok mobil baru secara permanen atau semi permanen.

Pemasangan sarung jok permanen akan melepas sarung jok lama dan terlihat lebih press body mengikuti bentuk jok mobil asli. Sementara untuk sarung jok semi permanen, pemasangan sarung jok semi permanen tidak perlu melepas sarung jok asli mobil dan menawarkan kelebihan lebih mudah untuk dipasang. Tetapi, hasil pemasangannya dianggap kurang baik karena sarung jok kurang press body.

Soal harga, sarung jok permanen lebih mahal dibanding semi permanen.

Pentingnya Merawat Jok Mobil

Merawat sarung jok mobil dengan cara yang tepat dapat membuat tampilan interior mobil Anda tampak bersih, lebih awet, dan juga bermanfaat untuk menambah kenyamanan Anda selama berkendara.

Hal ini dikarenakan sarung jok yang kurang terawat dan tidak bersih bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan jamur yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karenanya, setiap pemilik mobil di luar sana disarankan untuk selalu rajin menjaga kebersihan mobil dengan rutin membersihkan sarung jok secara berkala.

Lindungi Mobil Anda dengan Asuransi dari Garda Oto

Selain pemilik mobil harus selalu menjaga kebersihan mobil setiap saat agar tampak bersih dan nyaman selama berkendara. Setiap pemilik mobil juga perlu mempertimbangkan memiliki asuransi kendaraan bermotor yang dapat menjamin kerugian/kerusakan bahkan kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Anda bisa memilih asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan akibat semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan lebih lengkap.