Tetap Fit Seharian, Begini Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

Apa sih keluhan kesehatan yang sering muncul saat bekerja? Lelah, sakit pinggang, mata minus, sampai sakit di persendian pun sering muncul. Meski harus tekun bekerja untuk cuan, tapi selalu ada cara menjaga kesehatan di tempat kerja yang bisa dicoba. Tidak harus melalui hal yang sulit, ribet atau mahal, ide berikut ini pasti bisa Anda terapkan mulai dari sekarang.

1. Peregangan Otot Sederhana

Jika Anda cenderung berada dalam posisi yang sama di waktu yang lama, maka rasa pegal dan lelah persendian pun acap terjadi. Seperti contohnya adalah TNS atau Tension neck syndrom, yang mana bagian leher dan punggung bagian atas terasa nyeri. Untuk itu, ada baiknya melakukan peregangan leher dan olahraga ringan.

Anda bisa mencobanya dengan berdiri tegak dan menggerakkan kepala ke atas dan bawah. Pastikan kedua tangan lurus di sisi samping badan. Lakukan gerakan gerakan tersebut selama 10 detik, kemudian beralih dengan memiringkan kepala ke sisi kanan dan kiri. Jika perlu, Anda pun dapat pergi keluar untuk berjalan sejenak selama waktu rehat.

2. Jaga Jarak Layar dan Mata

Cara menjaga kesehatan di tempat kerja yang wajib dilakukan di dunia modern adalah menjaga jarak layar dan mata. Untuk menghindari potensi mata minus atau memperparah kondisi tersebut, setidaknya posisi layar tidak boleh terlalu dekat dengan mata. Jarak yang dianjurkan adalah sama dengan panjang lengan. Jika tidak kelihatan, Anda bisa memperbesar huruf – hal ini lebih sehat daripada mendekatkan mata.

Baca Juga: Ketahui 7 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

3. Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

Ngemil dan menikmati makanan selama bukan lagi hal yang dilarang. Selain menjadi asupan energi, tak jarang makanan dan snack menjadi pelampiasan rasa bosan. Namun, camkan bahwa Anda juga harus memperhatikan kandungan makanan tersebut. Hindari makanan dengan banyak kalori, seperti kue kering dan kue.

Jika perlu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang selama waktu istirahat. Anda dapat membawa bekal sendiri agar kandungan gizinya terjamin. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum. Pastikan untuk minum air putih yang banyak dan kurangi meneguk teh atau kopi sebagai cara menjaga kesehatan di tempat kerja.

4. Rutin Membersihkan Meja dan Area Kerja

Melihat paniknya dunia dengan serangan virus korona, tak ayal berbagai himbauan tentang kebersihan pun bermunculan. Sebenarnya, rutinitas untuk menjaga kebersihan daerah kerja sudah acap digunakan dalam berorganisasi. Mulai dari kegiatan piket, kerja bakti, dll. Karena itulah Anda pun harus melakukan hal yang sama untuk mencegah bakteri dan kuman bersarang.

Jika Anda merasa bersih bersih secara besar besaran tidak memungkinkan, maka lakukan pada meja dan kursi sendiri. Mulai dengan hal kecil seperti membersihkan perangkat yang sering digunakan. Seperti keyboard komputer, meja, kursi, telepon, tumpukan dokumen, hingga alat tulis. Gunakan desinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang.

5. Bersosialisasi

Menjaga kesehatan tidak hanya terbatas pada fisik saja, ingat juga bahwa mental dan emosi juga perlu dicek. Untuk itu, anda dapat mengurangi rasa cemas, lelah, bosan, dan stress dengan bersosialisasi. Cara menjaga kesehatan di tempat kerja yang satu ini menuntut Anda untuk turut andil dalam pembicaraan, atau sosial perusahaan untuk membuat situasi kerja lebih menyenangkan.

Baca Juga: Cara Mengantisipasi Kecelakaan Kerja

Sudah jelas sekali bahwa Anda pun harus turut menjaga kesehatan diri meski dengan peregangan otot, mengatur posisi duduk, atau menjaga konsumsi. Membersihkan area kerja dan bersosialisasi pun dinilai sebagai bagian vital untuk kesehatan. Dengan lima tips tersebut, Anda pun dapat lebih fit dan terus meningkatkan performa kerja. Jangan lupa untuk menjaga diri Anda dengan perlindungan tambahan dari asuransi kecelakaan diri Garda Me – simak caranya di sini.